Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pelaku UMKM Dalam Mendaftarkan Sertifikasi Halal Di Desa Dukuhdempok

Authors

  • Vinda Nur Meirahmawati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dimas Herliandes Shodiqin Univeristas Muhammadiyah Jember
  • Siti Khayisatuzahro Nur Univeristas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/at.v7i1.2987

Keywords:

Religiusitas, Pengetahuan, Halal Awareness, Pengambilan Keputusan Sertifikasi Halal

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang mempunyai penduduk mayoritas beragama Islam. Agama Islam mengatur umatnya untuk selalu mengkonsumsi makanan halal. Pemerintah Indonesia mewajibkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memiliki sertifikat halal untuk produk yang dipasarkan. Pemerintah memberikan fasilitas berupa program sertifikasi halal gratis bagi pelaku usaha UMKM. Pelaku UMKM tidak serta merta mempunyai keinginan mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikat halal. Fenomena ini terjadi pada pelaku UMKM di Desa Dukuhdempok Kecamatan Wuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh religiusitas, pengetahuan dan kesadaran halal terhadap keputusan pelaku UMKM dalam mendaftarkan sertifikat halal di Desa Dukuhdempok. Metode penelitian ini menggunakan cara kuantitatif. Peneliti melakukan mengumpulkan data terhadap 100 responden melalui kuisioner dare dan luring. Penelitian menunjukkan faktor religiusitas dan pengetahuan tidak berpengaruh, sedangkan faktor kesadaran halal berpengaruh terhadap keputusan pelaku UMKM dalam mendaftarkan sertifikasi halal. Secara simultan, faktor religiusitas, pengetahuan, dan kesadaran halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan mendaftar sertifikat halal Diperlukan sosialisasi yang masif diperlukan untuk meningkatkan partisipasi pelaku UMKM dalam mendaftarkan sertifikasi halal bagi produknya. 

Author Biographies

Vinda Nur Meirahmawati, Universitas Muhammadiyah Jember

Program Studi Ekonomi Syariah

Dimas Herliandes Shodiqin, Univeristas Muhammadiyah Jember

Program Studi Ekonomi Syariah

Siti Khayisatuzahro Nur, Univeristas Muhammadiyah Jember

Program Studi Ekonomi Syariah

References

Ardana, Regita Fitria. Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Dan Mekanisme Prosedur Terhadap Keputusan Sertifikasi Halal (Studi Kasus UMKM Binaan Rumah BUMN Tasikmalaya). Skripsi. Universitas Siliwangi. (2024)

Fatmawati, Putri Putri, Firman Setiawan, and Khoerun Nasik. Analisis Religiusitas, Kesadaran Halal, Literasi Halal, Dan Niat Berperilaku Dalam Memprediksi Pelaku UMKM Melakukan Sertifikasi Halal Di Kabupaten Bangkalan. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis. Vol 6. No 1. (2023): 76–88. https://doi.org/10.31949/maro.v6i1.3692.

Fitri, Zusi Eka, and Mardiah. 2023. Kajian Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self Declare Pada UMKM Dapur Mimi. Jurnal Ilmiah Pangan Halal. Vol 5 No 1. (2023) : 6–15. https://doi.org/10.30997/jiph.v5i1.9996.

Hasanah, Niswatun, Nur Azizah, Maulida Rizki Nikmatussolihah, and Moh Adi Santoso. Perkembangan Industri Halal Di Indonesia. JIESP: Journal of Islamic Economics Studies and Practices Vol 1. No 2. (2022) : 219–33

Maksudi, Bahrudin, and Nasruddin. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sertifikasi Halal Dalam Upaya Pemenuhan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. (2023)

Muiz, Aris Nurul, Aulia Damayanti, Regina Indra, and Lina Marlina. Pengaruh Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha dan Halal awarenessUMKM di Sektor Halal Food (Studi Pada Pelaku Usaha UMKM Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam Vol 8. No 2 (2023) : 156. https://doi.org/10.35329/jalif.v8i2.4829.

Nur, Siti Khayisatuzahro, and Istikomah Istikomah. Progam SEHATI: Kemudahan Pelaksanaan Sertifikasi Halal bagi UMKM. At-Tasharruf. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah. Vol 3. No 2 (2021) : 72–79. https://doi.org/10.32528/at.v3i2.6780

Pertiwi, Farida Diyan. Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Sertifikasi Halal Terhadap Halal Traceability dengan Halal awarenessSebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pedagang Muslim di Pasar Tradisional Kota Malang. Skripsi. Universitas Islam Malang (2022)

Rizaty, Monavia Ayu. Mayoritas Penduduk Indonesia Beragama Islam Pada 2022. Dataindonesia.Id. 2023.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. 2023

Syaekhu, Ahmad, and Suprianto. 2021. Teori Pengambilan Keputusan. Zahir Publishing

Ustanti, Mira, Nurul Inayah, and Ubaidillah Yahya. Pengaruh Kesadaran Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Membeli Pada Produk Makanan Di Toko ‘Rizquna’ Blokagung Karangdoro Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam. Vol 3. No 1 (2022) : 121–39. https://doi.org/10.30739/jesdar.v3i1.1659.

Downloads

Published

2025-04-25