Religius Marketing dalam Bisnis Travel Haji dan Umrah (Pendekatan Etnografi Digital di Media Sosial)

Authors

  • Muzakkir S Sekolah Tinggil Ilmu Syariah (STIS) Darul Falah Mataram
  • Istikomah Istikomah Univeristas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/at.v7i1.3419

Keywords:

Etnografi Virtual; Media Sosial; Religius Marketing

Abstract

Penelitian ini mengkaji praktik religius marketing dalam bisnis travel haji dan umrah di media sosial dengan menggunakan pendekatan etnografi. Fokus utamanya adalah bagaimana pelaku usaha memanfaatkan platform seperti Instagram dan Facebook untuk menyampaikan pesan-pesan religius sekaligus mempromosikan layanan mereka. Penelitian dilakukan dengan observasi daring, analisis konten, dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa Religius marketing  tidak sekadar teknik pemasaran, tetapi telah menjadi mekanisme dakwah yang melebur dengan aktivitas bisnis. Religius marketing tidak berdiri sendiri, tetapi berpadu dengan visual, narasi, ketokohan, dan interaksi spiritual. Audiens terlibat secara aktif yang menunjukkan bahwa mereka tidak hanya konsumen, tetapi juga bagian dari komunitas religius digital, media sosial menjadi ruang baru dakwah transaksional, di mana ibadah dan bisnis bertemu secara harmonis.

Author Biography

Istikomah Istikomah, Univeristas Muhammadiyah Jember

Program Studi Ekonomi Syariah

References

Agustin, D., Nurdian, B., Nurminingsih, N., Rosa, T., Tafrizi, T., Nuryanah, N., Asim, A., Rushadiyati, R., & Ahmadun, A. (2024). Pelatihan Pemasaran Bisnis Travel Haji dan Umroh Berbasis Online dan Kerja sama. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 8(4), Article 4. https://doi.org/10.52643/pamas.v8i4.5108

Arianto, B., & Handayani, B. (2023). Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Digital Kewargaan: Studi Etnografi Digital. ARKANA: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.62022/arkana.v2i02.5813

Dharmajaya, A., & Minangkabawi, H. (2024). Membangun Kepercayaan yang Berkelanjutan di Era Disruptif Komunikasi: Perspektif Media dan Komunikasi Digital. Jurnal Komunikasi, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol18.iss2.art9

Ditjen PHU Ingatkan PPIU Jalankan Usaha Sesuai Regulasi. (2024, Agu). https://haji.kemenag.go.id/v5/detail/ditjen-phu-ingatkan-ppiu-jalankan-usaha-sesuai-regulasi

Firdaus, K. (2024). ANALISIS DAMPAK BUDAYA PEMASARAN RELIGIUS TERHADAP RAMADHAN EFFECT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30899

Hakim, M. M. (2024). Manajemen Ekonomi dan Bisnis Islam: Komodifikasi Agama dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Perspektif Al-Qur’an. Journal of Accounting, Management, Economics, and Business (ANALYSIS), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56855/analysis.v2i2.1152

HIMPUH. (2025, April 16). Alami Peningkatan, Jumlah Jemaah Umrah Capai 6,5 Juta di Kuartal Pertama Tahun 2025. HIMPUH.

https://himpuh.or.id/blog/detail/2519/alami-peningkatan-jumlah-jemaah-umrah-capai-65-juta-di-kuartal-pertama-tahun-2025

Idris, M., Maupa, H., Muis, M., & Pono, M. (2020). Membangun Konsep Brand Religiosity Image Dalam Islamic Marketing (Sintesis Teori dan Penelitian Empiris yang Relevan). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.929

Iskandar, F. A., & Irawati, I. (2023). Penelitian Etnografi Virtual dalam Mengkaji Fenomena Masyarakat Informasi di Media Sosial: Tinjauan Literatur Sistematis. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.14710/anuva.7.4.679-696

Isnawati, S. I. (2022). Viral Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial. Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.35473/jibaku.v2i1.1415

Kemenag. (2024, Juni 17). Haji Cukup Sekali, Menuju Kebijakan Haji yang Adil dan Merata. https://kemenag.go.id.https://kemenag.go.id/kolom/haji-cukup-sekali-menuju-kebijakan-haji-yang-adil-dan-merata-ZRYkS

Kholqiana, A., Fauzianin, Q., & Azzahra, S. T. (2020). Representasi Komodifikasi Simbol Religi dalam Iklan Wardah. Jurnal Audiens, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.18196/ja.12023

Mabrur, M., Satriawan, L. A., & Yuliarto, U. (2024). Aplikasi Konsep Religious Marketing dalam Praktek Komunikasi dan Dakwah Islam. Al-Hiwar Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 12(1), 45–56. https://doi.org/10.18592/alhiwar.v12i1.13592

Maulida, L., & Witro, D. (2022). KOMODIFIKASI SIMBOL-SIMBOL AGAMA DI KALANGAN KELAS MENENGAH MUSLIM DI INDONESIA. SOSEBI Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2), 137–152. https://doi.org/10.21274/sosebi.v2i2.6299

Mayasari, F. (2022). Etnografi Virtual Fenomena Cancel Culture dan Partisipasi Pengguna Media terhadap Tokoh Publik di Media Sosial. Journal of Communication and Society, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.55985/jocs.v1i01.15

Moh Farid Najib, K. W. J. (2020). Pengaruh Simbol Religi Periklanan terhadap Minat Beli Konsumen. 920–929.

Pamungkas, D. S., Saputra, I. B., & Laksana, A. (2024). Strategi Komunikasi Digital Melalui Media Sosial Untuk Membangun Kepercayaan Konsumen. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(6), 88–94. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i6.461

Sari, M. P., Wijaya, A. K., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan Metode Etnografi dalam Penelitian Sosial. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 84–90. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1956

Suhesti, D. T., Amalia, N. F., & Ertama, R. (2021). Strategi Manajemen Pemasaran Paket Umrah Era New Normal. Sharia Economic and Management Business Journal (SEMBJ), 2(1), Article 1.

Widyaningsih, B., Rahmatika, A. N., & Fitria, I. A. N. (2024). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Biro Travel Umroh dan Haji di Kabupaten Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32764/joems.v7i1.1119

Downloads

Published

2025-04-25