Optimalisasi Daya Saing UMKM Bu Asih dengan Penerapan Teknologi dan Pembaruan Packaging Produk Serta Membangun Komunikasi Pemasaran yang Efektif
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v6i2.3132Keywords:
UMKM, Peralatan Modern, packaging, komunikasi efektifAbstract
UMKM Bu Asih merupakan unit usaha yang berada di desa panti dan beroperasi dejak 2011. Usaha bu asih ini memiliki beberapa kendala/masalah dalam bisnisnya sehingga usahanya masih belum berkembang, berikut ini masalah yang dihadapi, masih menggunakan peralatan produksi yang tradisional dan belum bisa menghasilkan produk yang bagus, packaging yang masih sederhana, serta pemilik yang masih belum bisa mengoptimalkan sosial media dan e commerce untuk membangun komunikasi efektif dengan target konsumen. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yg dilaksanakan dengan metode pendampingan, pembimbingan dan pemberian peralatan modern, maka UMKM Bu Asih bisa memproduksi produk yang lebih renyah, tahan lama dan memiliki varian rasa, serta memiliki packaging yang baru. Selain kemajuan tersebut, pemilik UMKM Bu Asih juga sudah bisa mengoperasionalkan tiktok untuk promosi dan menjalin komunikasi efektif dengan konsumen, pemilik juga diajari tentang penggunaan e commerce shoope untuk mejual produk keripiknya.
References
Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. The Free Press.
Anggraeni, A., et al. (2020). The Role of Social Media Marketing in Increasing Customer Engagement among SMEs. Journal of Marketing Studies, 12(3), 54-67.
Bank Indonesia. (2023). Tantangan digitalisasi UMKM berbasis budaya. https://www.bi.go.id/id/bi-institute/BI-Epsilon/Pages/Tantangan-Digitalisasi-UMKM-Berbasis-Budaya.aspx
Chen, J., Yang, X., & Zhang, Y. (2019). Automation and Productivity in Small and Medium Enterprises. Journal of Industrial Technology, 45(1), 23-38.
Digima. (2024). Tantangan dan peluang UMKM di era digital. https://digima.co.id/tantangan-dan-peluang-umkm-di-era-digital/
Kompas UMKM. (2024). Simak 6 tantangan UMKM di era digital dan cara mengatasinya. https://umkm.kompas.com/read/2024/12/27/193000283/
Kotler, P., Keller, K. L., & Brady, M. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Pratama, Y., & Nugroho, A. (2021). The Impact of Packaging Design on Consumer Purchase Intention. Journal of Business and Economics, 18(2), 102-118.
Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce Adoption by SMEs in Developing Countries: Evidence from Indonesia. Journal of Industrial and Corporate Change, 26(3), 253-270.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Free Press
UKM Indonesia. (2024). 5 tantangan dan solusi implementasi transformasi digital bagi UMKM. https://ukmindonesia.id/index.php/baca-deskripsi-posts/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Izzudin, Tatit Diansari Reskiputri, Yohanes Gunawan Wibowo, Nursaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.