Optimalisasi Daya Saing UMKM Bu Asih dengan Penerapan Teknologi dan Pembaruan Packaging Produk Serta Membangun Komunikasi Pemasaran yang Efektif

Authors

  • Ahmad Izzudin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tatit Diansari Reskiputri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yohanes Gunawan Wibowo Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nursaidah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v6i2.3132

Keywords:

UMKM, Peralatan Modern, packaging, komunikasi efektif

Abstract

UMKM Bu Asih merupakan unit usaha yang berada di desa panti dan beroperasi dejak 2011. Usaha bu asih ini memiliki beberapa kendala/masalah dalam bisnisnya sehingga usahanya masih belum berkembang, berikut ini masalah yang dihadapi, masih menggunakan peralatan produksi yang tradisional dan belum bisa menghasilkan produk yang bagus, packaging yang masih sederhana, serta pemilik yang masih belum bisa mengoptimalkan sosial media dan e commerce untuk membangun komunikasi efektif dengan target konsumen. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yg dilaksanakan dengan metode pendampingan, pembimbingan dan pemberian peralatan modern, maka UMKM Bu Asih bisa memproduksi produk yang lebih renyah, tahan lama dan memiliki varian rasa, serta memiliki packaging yang baru. Selain kemajuan tersebut, pemilik UMKM Bu Asih juga sudah bisa mengoperasionalkan tiktok untuk promosi dan menjalin komunikasi efektif dengan konsumen, pemilik juga diajari tentang penggunaan e commerce shoope untuk mejual produk keripiknya.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. The Free Press.

Anggraeni, A., et al. (2020). The Role of Social Media Marketing in Increasing Customer Engagement among SMEs. Journal of Marketing Studies, 12(3), 54-67.

Bank Indonesia. (2023). Tantangan digitalisasi UMKM berbasis budaya. https://www.bi.go.id/id/bi-institute/BI-Epsilon/Pages/Tantangan-Digitalisasi-UMKM-Berbasis-Budaya.aspx

Chen, J., Yang, X., & Zhang, Y. (2019). Automation and Productivity in Small and Medium Enterprises. Journal of Industrial Technology, 45(1), 23-38.

Digima. (2024). Tantangan dan peluang UMKM di era digital. https://digima.co.id/tantangan-dan-peluang-umkm-di-era-digital/

Kompas UMKM. (2024). Simak 6 tantangan UMKM di era digital dan cara mengatasinya. https://umkm.kompas.com/read/2024/12/27/193000283/

Kotler, P., Keller, K. L., & Brady, M. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Pratama, Y., & Nugroho, A. (2021). The Impact of Packaging Design on Consumer Purchase Intention. Journal of Business and Economics, 18(2), 102-118.

Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce Adoption by SMEs in Developing Countries: Evidence from Indonesia. Journal of Industrial and Corporate Change, 26(3), 253-270.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Free Press

UKM Indonesia. (2024). 5 tantangan dan solusi implementasi transformasi digital bagi UMKM. https://ukmindonesia.id/index.php/baca-deskripsi-posts/

Downloads

Published

2025-07-14

Issue

Section

Articles