Pelatihan Literasi Keuangan Digital pada Generasi Z di Prix Municipality School Thailand
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v6i2.3133Keywords:
Generasi Z, Literasi keuangan DigitalAbstract
Generasi Z sebagai generasi yang sensitive terhadap teknologi digital dan memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengakses teknologi akan lebih familiar terhadap aktifitas-aktifitas yang ada di marketplace. Mereka cendrung juga melakukan over spending atau berbelanja secara berlebihan dengan adanya pay day loan atau pembayaran secara cicilan pada aplikasi digital financial. Oleh karena itu, tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan keuangan (literasi keuangan) kepada generasi Z, agar dapat menggunakan digital financial yang ada secara bijaksana. Pengabdian Masyarakat internasional ini dilakukan pada Generasi Z di Prix Municipality School Thailand. Metode yang digunakan adalah dengan metode ceramah dan pelatihan melalui beberapa tahap pelaksanaan, yaitu pendahuluan, persiapan, pelaksanaan kegiatan dan pelaporan. Adapun hasil yang diperoleh adalah memberikan pelatihan pada Generasi Z, yaitu siswa sekolah menengah atas di Prix Municipality School di Thailand sebanya 30 siswa. Pelatihan Literasi keuangan Digital pada genearsi Z sangat bermanfaat bagi siswa-siswa Prix Municipality School, karena Sebagian besar siswa-siswa tidak familiar dengan financial technologi. Adapun literasi keuangan yang perlu diterapkan pada generasi Z antra lain pengetahuan, sikap dan perilaku. Dengan Tingkat literasi yang baik, akan meningkatkan kesadaran dalam memanfaatkan produk-produk keuangan yang baik pula. Perilaku yang dilakukan generasi Z untuk memahami literasi keuangan meliputi adalah bagaimana melakukan penganggaran, perencanaan, dan pengelolaan keuangan.
References
Damayanti, W. A., & Gumilang, R. R. (2023). Peran Financial Technology Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Generasi Z.
Hartanto, I. S., Yuwono, A. R., & Ananda, R. (2021). Fenomena perilaku dan sikap belanja Offline dan Online Shopping pada Masyarakat Millenial di Jakarta. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 3(2), 173-188.
Helvira, R., & Hariyanti, R. C. (2022). PENGARUH FINANCIAL LITERACY TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI MILENIAL DI KOTA PONTIANAK Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).
Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of consumer affairs, 44(2), 296-316.
Jennah, H. (2022). OECD/INFE Toolkit for Measuring Financial Literacy and Financial Inclusion 2022.
Jimly, M., Sebayang, A. F., & Mafruhat, A. (2020). Efektifitas Penjualan Online VS Offline Terhadap Pengembangan Usaha Studi Kasus Perusahaan Fashion Classiconesia.
Khan, M. T. I., Liew, T. W., & Lee, X. Y. (2023). Fintech literacy among millennials: The roles of financial literacy and education. Cogent Social Sciences, 9(2), 2281046.
Koto, M. (2023). Analysis of factors influencing digital financial literacy levels: a case study on gen Y and gen Z spending behavior. International Journal Reglement & Society (IJRS), 4(2), 110-119.
Lusardi, A., de Bassa Scheresberg, C., & Avery, M. (2018). Millennial mobile payment users: a look into their personal finances and financial behaviors. GFLEC Insights Report https://gflec. org/wp-content/uploads/2018/04/GFLEC-Insight-Report-Millennial-Mobile-Payment-Users-Final. pdf.
Panos, G. A., & Wilson, J. O. (2020). Financial literacy and responsible finance in the FinTech era: capabilities and challenges. In (Vol. 26, pp. 297-301): Taylor & Francis.
Pilcher, J. (1994). Mannheim's sociology of generations: an undervalued legacy. British Journal of sociology, 481-495.
Rosita, R., & Utami, R. T. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gen Z Terhadap Keputusan Membeli Dalam Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), 869-883.
Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Herlambang, Y. T. (2023). Manusia dan Teknologi: Studi Filsafat tentang Peran Teknologi dalam Kehidupan Sosial. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4), 13157-12171.
Zed, E. Z., Utami, S. N., Khomisah, A. A., Hidayat, T., & Rahman, A. (2024). Efektivitas Penjualan Online Vs Offline Terhadap Pengembangan Usaha Study Kasus Pt Turmanerika Sukses Bersama. YUME: Journal of Management, 7(2), 1014-1019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Puspitasari Widodo, Endah Pri Ariningsih, Esti Margiyanti Utami, Ridwan Baraba, Murry Harmawan Saputra, Budiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.