Pendampingan Praktik Wirausaha Guna Menumbuhkan Kemandirian Pada Siswa SB Pelita ilmu Kuala Lumpur - Malaysia.
Keywords:
Praktik wirausaha, kemandirian, kedai kejujuran, penanaman sifat jujur.Abstract
Kegiatan Praktik Kewirausahaan pada siswa SB Pelita Ilmu di Kuala Lumpur Malaysia, sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat Internasional ini memiliki tujuan adalah untuk membangun dan menguatkan nilai-nilai jiwa berwirausaha dan kemadirian sejak dini, upaya ini dilakukan melalui praktik berwirausaha kepada peserta didik. Praktik Wirausaha dijalankan dengan membuka kedai yang berbeda dari kedai/kedai sekolah pada umumnya, pada kedai kejujuran tidak ada pelayanan jual beli, peserta didik saat melakukan pembelian di kedai atau kantin mereka melayani dirinya sendiri, hal ini dilakukan guna melatih kemadirian dari para siswa dan merupakan bagian upaya menanamkan nilai kejujuran di kalangan siswa sanggar bimbingan (SB) Pelita ilmu Malaysia, ini akan memberikan dampak pada sifat jujur peserta didik yakni kejujuran ketika berbicara, jujur ketika bermuamalah, jujur ketika berjanji dan juga menumbuhkan sifat kemandirian dalam mengelola keuangan yang dimiliki siswa. Melalui kegiatan praktik wirausaha melalui usaha “Kedai Kejujuran” pihak sanggar bimbingan sangat mendukung sepenuhnya dengan adanya kedai kejujuran ini. Menanamkan pendidikan akhlak dan kemandirian sejak dini, diperlukan sarana dan media yang tepat dalam rangka mentransformasikan pendidikan wirausaha tersebut kepada anak didik. Salah satu sarana yang dapat digunakan untuk mengajarkan dan membiasakan kejujuran dan kemandirian kepada anak didik adalah melalui penerapan praktik wirausaha melalui aktifitas kedai kejujuran.
References
Abdud, Nipan. 2000. Menghias Diri dengan Akhlak Terpuji. Yogyakarta: Mitra Pustaka
Al-Jazairi, Jabir. 2014. Minhajul Muslim. Sukoharjo: Pustaka Arafah.
Darajat, Zakiah. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhma. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. 2010. Pedoman Penyelenggaraan Kedai Kejujuran Provinsi Jawa Tengah. Semarang: Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
Dewi, Tri Ratna, Miftahur Rohmah, and Rely Kurniawan. 2020. “Kantin Kejujuran Sebagai Sarana Penanaman Sifat Jujur Pada Peserta Didik Di Sekolah Tingkat Dasar.” MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3(1): 44–52.
Hikmah, Yulial. 2020. “Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 26(2): 103.
Ikka Nur Wahyuny. 2015. “Pengembangan Pendidikan Financial Literacy Berbasis Nilai-Nilai Anti Korupsi Sebagai Investasi Sosial.” (November).
Setyowati, Trias, Badrud Tamam Az, and Diana Sulianti K Tobing. 2021. “The Role of Organizational Citizenship Behavior in Mediating the Relationship Between Organizational Culture and Job Satisfaction with Employee Performance.” Quality - Access to Success 22(185): 220–34.
Naim, Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalamPengembangan dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sriyanti, Lilik, Muna Erawati, & Suwardi. 2013. Teori-Teori Belajar. Salatiga: IAIN Salatiga.
Usman, Husaini. 2010. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Trias Setyowati, Maheni Ika Sari, Fefi Nurdiana Wijayanti, Tina Destiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.