Pemberdayaan Keuangan Rumah Tangga dan Kesadaran Menabung: Studi Kasus di TK ABA Lemahdadi Bangunjiwo

Authors

  • Hafiez Sofyani Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Erni Suryandari Fathmaningrum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Evy Rahman Utami Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Mufti Alam Adha Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Rizka Amalia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v6i2.3318

Keywords:

Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan keluarga di TK ABA melalui dua pendekatan utama: edukasi manajemen keuangan bagi orang tua dan pembentukan kesadaran menabung pada anak usia dini. Tujuan ini diharapkan membangun budaya sadar keuangan sejak dini guna memperkuat ketahanan ekonomi keluarga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pelatihan manajemen keuangan bagi orang tua dan kegiatan edukatif bagi anak-anak. Pelatihan mencakup perencanaan pengeluaran, penetapan prioritas kebutuhan, dan pencatatan keuangan rumah tangga. anak-anak diperkenalkan konsep menabung melalui permainan, cerita bergambar, dan penggunaan celengan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung dan evaluasi kualitatif di TK ABA Lemahdadi. Pelatihan meningkatkan pemahaman orang tua dalam mengelola keuangan keluarga secara sederhana dan teratur. Kegiatan edukatif berhasil menanamkan nilai hemat dan tanggung jawab pada anak. Kolaborasi antara sekolah dan orang tua memperkuat praktik menabung secara nyata, membangun kebiasaan baik yang berkelanjutan. Program ini mengintegrasikan pendekatan literasi keuangan bagi orang tua dan anak secara simultan, dengan dukungan sekolah. Kolaborasi ini menjadi contoh praktik baik dalam pembentukan budaya sadar keuangan sejak usia dini berbasis komunitas sekolah.

References

Amadi, A. S. M., et al. (2023). Pemahaman pendidikan finansial sejak dini. Journal of Education Research, 4(3), 1419-1428. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356

Ariyani, D. (2018). Pendidikan literasi keuangan pada anak usia dini di tk khalifah purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175-190. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Aslindah, A.andIndahsari, N. (2022). Menanamkan Perilaku Hidup Hemat Pada Anak Sejak Dini. Communio: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 29-33.

Challoumis, C. (2024). Boosting Economic Growth–Cycle Of Money. XVI International Scientific Conference,

Cheng, T., et al. (2024). What determines the economic resilience of Chinese cities amid pandemic crisis: An economic operating state perspective. International Journal of Disaster Risk Reduction, 104, 104389. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2024.104389

Elgin, C. (2025). Anticipatory macroeconomic governance: exploring future-oriented strategies for economic resilience and sustainability. European Journal of Futures Research, 13(1), 4. https://doi.org/10.1186/s40309-025-00248-6

Hasan, M.andAzis, M. (2018). Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal (Edişi Kedua). In: CV. Nur Lina Bekerjasama dengan Pustaka Taman Ilmu.

Kamarudin, O.andArif, A. (2024). Ekonomi Gig: Peluang Dan Tantangan Di Era Kerja Fleksibel. Currency: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 362-373. https://doi.org/10.32806/ccy.v3i1.321

Katnic, I., et al. (2024). Understanding the Role of Financial Literacy in Enhancing Economic Stability and Resilience in Montenegro: A Data-Driven Approach. Sustainability, 16(24), 11065. https://doi.org/10.3390/su162411065

Mardiana, M.andEmmiyati, E. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran: Evaluasi dan pembaruan. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 121-127. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p121-127

Prayogi, O. (2024). Peran Kritis Manajemen Keuangan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 31-44. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1103

Rachmawati, N.andNuryana, I. (2020). Peran literasi keuangan dalam memediasi pengaruh sikap keuangan, dan teman sebaya terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 166-181. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37246

Raza, A., et al. (2023). Financial literacy and credit accessibility of rice farmers in Pakistan: Analysis for Central Punjab and Khyber Pakhtunkhwa regions. Sustainability, 15(4), 2963. https://doi.org/10.3390/su15042963

Rhodes, R. E.andCourneya, K. S. (2003). Investigating multiple components of attitude, subjective norm, and perceived control: An examination of the theory of planned behaviour in the exercise domain. British journal of social psychology, 42(1), 129-146. https://doi.org/10.1348/014466603763276162

Saputra, J.andSusanti, D. (2021). A study of several financial literacy teaching methods for children. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 1(2), 7-10. https://doi.org/10.46336/ijeer.v1i2.120

Shaikh, S. A. (2021). Using Fintech in scaling up Islamic microfinance. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 12(2), 186-203. https://doi.org/10.1108/JIABR-10-2019-0198

Surasman, I. K., et al. (2024). Edukasi pencegahan sikap konsumtif pada usia taman kanak-kanak. Penamas: Journal of Community Service, 4(1), 67-80.

Utaminingsih, E. S.andPurwati, P. D. (2024). Characteristics of Third-Grade Elementary School Students and The Importance of Student Character Identification. Research and Development Journal Of Education, 10(2), 1066-1077. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.20500

Wahyuni, S. F., et al. (2024). Keterkaitan antara Literasi Keuangan dan Pendapatan Pada Kesejahteraan Keuangan: Mediasi Prilaku Keuangan Generasi Sandwich. Bursa: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(3), 30-43. https://doi.org/10.59086/jeb.v3i1.551

Downloads

Published

2025-07-06

Issue

Section

Articles