Pendampingan Program Pusat Keunggulan pada SMK Islamic Qon Gresik Berbasis Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan
Keywords:
pusat keunggulan, teaching factory, tefaAbstract
Pendampingan SMK Pusat Keunggulan adalah sebuah program yang bertujuan untuk membantu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan manajemen sekolah agar lebih relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri (DUDI). Program ini dilakukan dengan melibatkan perguruan tinggi sebagai tim pendamping yang memberikan bimbingan teknis dan pembinaan kepada SMK yang terpilih sebagai "Pusat Keunggulan". Tujuan utama dari pendampingan ini adalah untuk memastikan bahwa SMK dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi terutama berbasis kompetensi teknik kendaraan ringan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Metode pendampingan berfokus pada pendampingan teaching factory (TEFA) yaitu meliputi pendampingan penyusunan rencana dan pengembangan teaching factory dengan target TEFA level 1 terlaksana dimana tim pendamping dari perguruan tinggi membantu SMK dalam merencanakan dan mengembangkan fasilitas teaching factory yang relevan dengan bidang keahlian yang diajarkan yang menyerupai industri sesungguhnya, kemudian mengintegrasikan kurikulum dengan dunia industri, pelatihan tenaga pendidik dan menjalin kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Implementasi teaching factory TEFA level 1 adalah tahap awal dalam penerapan konsep teaching factory di sekolah menengah kejuruan yang fokus utamanya adalah membangun fondasi yang kuat untuk memulai implementasi teaching factory ke tahap selanjutnya. Secara keseluruhan SMK Islamic Qon telah menyelesaikan rencana dan pengembangkan fasilitas teaching factory yang relevan dengan bidang keahlian yang diajarkan, kemudian telah mengintegrasikan kurikulum dengan dunia industri, melakukan pelatihan tenaga pendidik dan dapat menjalin kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang tersusun secara baik dan terarah.
References
Kemendikbudristek. 2020. “SALINAN PERMENDIKBUD 22 TAHUN 2020 RENSTRA KEMENDIKBUD.”
Aryani, Rita, and Elsah Fanisyah. 2024. Benchmarking as a Vocational Quality Improvement Strategy Towards SMK PK (Center of Excellence of Vocational High School). Vol. 6
.
Indra, I. Made, Novika, Fanny. 2022. “PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS, IMPLEMENTASI VISI MISI DAN EVALUASI KEGIATAN YANG EFEKTIF EFISIEN MENCAPAI SMK PUSAT KEUNGGULAN (SMK).” Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development 2(1). doi: 10.53067/ijecsed.v2i1.
Irmiati, Ade, Pendidikan Vokasional, Kesejahteraan Keluarga, and Ari Setiawan. 2023. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DALAM PRAKTIK MEMBATIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA.” Jurnal KELUARGA 09(02).
Islamiah, Nia, Nunuk Hariyati, and Murtadlo Murtadlo. 2022. “Strategi SMK Dalam Menjalin Kerjasama Reciprocal Dengan Industri Dan Dunia Kerja.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 10(2):180–89. doi: 10.21831/jamp.v10i2.53249.
Kemendikbudrisitek. 2021. “SALINAN KEPMENDIKBUDRISTEK-PROGRAM SMK PK.”
KEMENDIKBUDRISTEK, DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN VOKASI. 2024. “SK Dirjen_Penugasan Perguruan Tinggi Pendamping Pelaksana SMK PK Tahun 2024.”
Lubas Wahyudi, Pongky, Dian Setiya Widodo, Wahyu Kanti Dwi Cahyani, and Totok Dewantoro. 2024. “Meningkatkan Pemahaman Guru Dalam Menerapkan Budaya Kerja Industri Pada Pembelajaran Di SMK.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 5(2):1391–97. doi: 10.55338/jpkmn.v5i2.2981.
Salam Amrullah, Muhammad. 2024. Pendampingan SMK Pusat Keunggulan Pada SMKN 1 Modoinding Berbasis Kompetensi Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura. Vol. 5.
Sediana, Dian. 2022. Teaching Factory Pada Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Mengatasi Kekurangan Sumber Daya Manusia Dalam Implementasi Program Desa Digital. Vol. 1.
Sudiyono. 2020. TEACHING FACTORY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SMK.
Sumantri, and Akmal. 2023. Pendampingan SMKN 2 Lutim Menuju SMK PK Melalui FGD Pengembangan Sumberdaya Berbasis Data Dan Penggunaan Platform Terknologi. Vol. 4.
Wibowo, Sastya H. 2023. “PENDAMPINGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PUSAT KEUNGGULAN DI SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI.” JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan 3(2):35–44.
Widiyanti, Yoto, and Solichin. 2017. “Cooperation between Schools and Businesses/Industries in Meeting the Demand for Working Experience.” in AIP Conference Proceedings. Vol. 1887. American Institute of Physics Inc.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pongky Wahyudi, Dian Setiya Widodo, Yusuf Eko Nurcahyo, Totok Dewantoro,, Syaiful Falah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.