Mewujudkan Kemandirian Finansial Melalui Pelatihan Penghitungan Investasi Produk Bsi Cicil Emas Pada Pengurus Pemuda Muhammadiyah Cabang Gumelar Jember
Keywords:
Pemasaran Digital, Media Sosial, UMKM, Financial Independence, Investment, Gold credit BSI.Abstract
Permasalahan pada era modern sekarang ini adalah bagaimana mengatur keuangan sekiranya masih bisa disisihkan untuk tabungan dimasa yang akan datang, tabungan tersebut yang biasa kita sebut dengan investasi. Investasi emas bisa dalam bentuk emas batangan, koin emas, surat berharga ataupun bisa juga dalam bentuk emas perhiasan. Investasi emas merupakan media investasi yang paling banyak diminati di Indonesia, hal ini dikarenakan emas bersifat likuid atau mudah untuk diperjual belikan. Emas juga bisa dijadikan media untuk menyimpan kekayaan yang bebas akan pajak dan inflasi, emas juga bersifat capita gain, artinya bisa menguntungkan dalam jangka panjang. Untuk mendapatkan emas kita bisa membelinya secara tunai ataupun bisa dengan cara dicicil melalui lembaga keuangan salah satunya di Bank Syariah Indonesia. Investasi dengan model cicil emas perlu memahami perhitungannya, baik perhitungan keuntungan dimasa akan datang, perhitungan jual dan belinya ataupun perhitungan cicilan perbulannya. Hal yang demikian terkadang jarang dipahami oleh nasabah sehingga terkadang ada miskomunikasi antara bank dengan nasabah. Maka dari itu, perlu kiranya lembaga keuangan Syariah bersinergi dengan para stakeholder baik dari pemerintah, kalangan akademisi, praktisi serta organisasi berasas ekonomi Syariah untuk berkerjasama dalam mensosialisasikan serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang produk BSI Cicil Emas, sehingga produk ini bisa menjadi pilihan tepat bagi nasabah untuk media investasi dimasa yang akan datang. Solusi, membantu dalam memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat khususnya kepada generasi muda para pengurus Pemuda Muhammadiyah cabang Gumelar tentang perhitungan investasi emas dengan model pembelian dengan cicilan dengan harapan bisa menjadi tambahan refrensi untuk berinvestasi secara tepat dan aman. Target luaran dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan pemahaman khususnya bagi para Pengurus Pemuda Muhammadiyah Cabang Gumelar tentang investasi emas dengan produk BSI cicil Emas. Hasil dari kegiatan ini kami dokumentasikan dalam bentuk artikel pada jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, Universitas Muhammadiyah Jember. Rencana kegiatan yang akan kami lakukan adalah bersifat off line, artinya langsung melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para anggota Pengurus Pemuda Muhammadiyah Cabang Gumelar Jember tentang perhitungan investasi pada produk BSI Cicil Emas.
References
Christanti, Yana Dwi dkk. 2022. Investasi Emas pada Masa Pandemi Covid-19 (Kajian Kritis Secara Islami). Jurnal Edunomika. Vol. 6. No. 2.
Eduardus, Tandelilin. 2017. Pasar Modal: Manajemen Portofolio dan Investasi. Yogyakarta: PT Kanisius
Evy Krithy, Mutia. 2022. Keuntungan Investasi Emas Antam Dimasa Pandemi Covid-19. E-Jurnal
Komunikasi Yustisia Universitas Ganesha Program Studi Ilmu Hukum. Vol. 5. No. 1.
Fauziyah, Anggriani dan Mintaraga Emas Surya. 2016. Peluang Investasi Emas Jangka Panjang
Melalui Produk Pembiayaan BSI Cicil Emas (Studi pada Bank Syariah Mandiri K.C Purwokerto). Islamadina Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 16. No. 1.
https://dataindonesia.id/ekonomi/detail/masyarakat-indonesia-paling-banyak-investasi-emas
pada-2022
Kurniawan, Ihsan. 2019. Analisa Keuntungan Investasi Emas dengan IHSG. Jurnal Manajemen
Bisnis dan Kewirausahaan. Vol. 3. No. 2.
Paningrum, Destina. 2022. Buku Refrensi Investasi Pasar Modal. Kediri. Lembaga Chakra
Brahmanda Lentera.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dimas Herliandis Shodiqin, Rusdiyanto, Muhammad Syafi’i

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.