Strategi Manajemen Event Tradisi Petik Laut Sebagai Upaya Mempromosikan Pariwisata di Kampung Mandar Banyuwangi

Authors

  • Ningtiyas Firdayana Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ari Susanti Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/sw.v8i1.1677

Keywords:

Manajemen Event, Promosi, Petik Laut

Abstract

Saat ini, tidak jarang suatu kelompok mengadakan sejumlah acara, yang masing-masing memiliki tujuan berbeda, acara ini disebut dengan Event. suatu kegiatan tanpa adanya manajemen yang baik maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Manajemen event Tradisi Petik Laut di Kampung Mandar tentu juga menjadi salah satu strategi dalam mempromosikan pariwisata. Hambatan dan kendala juga sering terjadi pada saat pelaksanaan Tradisi Petik Laut ini. Untuk itulah, penelitian ini hendak mengkaji mengenai Strategi Manajemen Event Tradisi Petik Laut sebagai upaya Mempromosikan Pariwisata sekaligus hambatan yang dialami pada saat Tradisi berlangsung. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode studi kasus. Data primer didapatkan melalui teknik wawancara dan observasi kepada kepala adat, Dinas, Nelayan kepala desa dan anggota kepemudaan Mandar Wangi, sementara data sekunder didapatkan melalui dokumentasi baik foto ataupun rekaman audio. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen event oleh Joe Goldblatt. Hasil penelitian menunjukkan, manajemen event yang dilakukan melalui 5 tahap research, design, planning, coordination, evaluation. Adapun hambatan dan kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan Tradisi Petik Laut ini, seperti terjadinya miss communication, kurangnya koordinasi, hambatan teknis, sehingga sangat molornya waktu pelaksanaan Tradisi Petik Laut ini. Dengan demikian, selain manajemen event yang dilakukan perlu untuk melakukan solusi evaluasi regulator penyelenggara dalam manajemen event Tradisi Petik Laut ini

References

Any noor. (2009). Manajemen Event. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=PqQPEAAAQBAJ

bonita nita. (2016). Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Labuan Cermin Di Kabupaten Berau.

Gita & Dini. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DISPORAPARBUD KABUPATEN PURWAKARTA MELALUI MEDIA APLIKASI SAMPURASUN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA.

Hermanto, L., & Rosadi, A. (2019). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dalam Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan Lokal di Kota Bima. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan, 6(2), 12–25.

Hidayati, N., & Gaffar Rahman, A. (2022). IMPLEMENTATION OF BLUE ECONOMY POLICY ON MANDAR BANYUWANGI VILLAGE AS TOURISM POTENTIAL BASED ON LOCAL WISDOM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BLUE ECONOMY TERHADAP KAMPUNG MANDAR BANYUWANGI SEBAGAI POTENSI WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL Gorontalo Law Review. Gorontalo Law Review , 5(Blue Economy), 412–423. https://jurnal.unigo.ac.id/index.php/golrev/article/viewFile/2455/1050

Indonesia, U. I., & Wijayaningrum, S. R. (2018). Analisis Manajemen Event Gumelem Ethnic Carnival Tahun 2016 dalam Melestarikan Kebudayaan di Gumelem, Banjarnegara.

joe goldbatt. (2014). strategy event management joe goldbatt.

Kohler, S. (2009). Jurnal_ Ilmu Komunikasi, Strategi Kompas, marketing communication strategy, Banjarnahor.

oktaviana risa. (2012). Kebijakan Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pemalang.

Putra, N., & Lisnawati, S. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, F., & Widiarti, P. W. (2021). Analisis Manajemen Event Kiskendha Mrahaswara Dalam Mengubah Citra Destinasi Wisata Gua Kiskendo. Analisis Manajemen Event, 1. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ilkom/article/view/19187%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/ilkom/article/download/19187/17641

Sarswati hesti dwi. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19.

Setiawan, E. (2016). Eksistensi Budaya Bahari Tradisi Petik Laut Di Muncar Banyuwangi. Universum, 10(2), 229–237. https://doi.org/10.30762/universum.v10i2.263

Tunggala, S., & Saadjad, K. A. (2019). Strategi Komunikasi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Kabupaten Banggai. Jurnal Komunikasi, 11(2), 197. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.2714

Additional Files

Published

2025-06-28

How to Cite

Ningtiyas Firdayana, & Susanti, A. (2025). Strategi Manajemen Event Tradisi Petik Laut Sebagai Upaya Mempromosikan Pariwisata di Kampung Mandar Banyuwangi. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 8(1), 31–37. https://doi.org/10.32528/sw.v8i1.1677