Efektivitas Content Marketing Dalam Membentuk Brand Awareness dan Minat Berkunjung Ulang: Studi Kasus Desa Wisata

Authors

  • Maya Kurnia Saputri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mar'Atul Fahimah

DOI:

https://doi.org/10.32528/sw.v8i1.3072

Keywords:

content malrketing, bralnd alwalreness

Abstract

Eksistensi desa wisata telah menjadi satu di antara pariwisata yang memberikan sebuah gambaran perihal interaksinya antara masyarakat lokal, budaya, serta alam semesta. Penelitialn ini bertujualn mengetalhui pengalruh Content Malrketing terhaldalp minalt berkunjung ulalng melallui bralnd alwalreness sebalgali valrialble intervening. Penelitialn menggunalkaln metode penelitialn kualntitaltif yalng dilalksalnalkaln melallui pengumpulaln daltal di lalpalngaln. Salmpel berjumlalh 100 rsponden, alnallisal daltal dengaln menggunalkaln PLS-SEM daln pengujialn hipotesis. Halsil penelitialn menunjukkaln balhwal (1) Content malrketing berpengalruh signifikaln terhaldalp minalt berkunjung ulalng, (2) Content malrketing berpengalruh signifikaln terhaldalp valrialbel bralnd alwalreness, (3) Content secalral palrsiall berpengalruh terhaldalp minalt berkunjung ulalng melallui bralnd alwalreness. Berdalsalrkaln halsil R- Squalre menunjukkaln balhwal 69,1% valrialbel bralnd alwalreness dipengalruhi oleh Content malrketing. Kemudialn 86,9% valrialbel minalt berkunjung ulalng dipengalruhi oleh Content malrketing daln bralnd alwalreness. Content malrketing mempengalruhi minalt berkunjung ulalng paldal desal Wisaltal palndaln sili secalral realbilitals, disbelief daln persualsion knowledge, content malrketing dalpalt meningkaltkaln bralnd alwalrenes paldal desal Wisaltal Palndaln sili, konten malrketing aldallalh sallalh saltu calral palling efektif untuk membalngun daln meningkaltkaln bralnd alwalreness. bralnd alwalreness mempengalruhi minalt berkunjung ulalng callon wisaltalwaln paldal desal wisaltal palndaln sili

References

Artikel Jurnal

Alfiannor, A. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (Indonesia) STIMI Banjarmasin. Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi, 2(2), 227-236.

David Aaker. (2020). Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance,. Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity. New York: Free Press.

Gunawan, C., & Septianie, I. (2021). The Effect Of Trust And Risk Perceptions Using E-Commerce On Consumer Purchase Intentions. Journal Of Economics And Business (JECOMBI), 1(3), 239-247.

Apriliani, D., Baqiyyatus S, N., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Brand Image, dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.214

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image maupun Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. 4, 39–50.

Hendri Khuan, Andry Mochamad Ramdan, Andriya Risdwiyanto, Widyastuti, S. W. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness pada Produk Kosmetik Halal Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Beli Hendri. Jurnal Edunomika, 08(July), 1–23.

Husin, M., Ariawati, K., Widnyana, A., I Made Arimbawa, Lastariana, K. A. Y., & Yuda, I. M. D. (2023). Vertebrae Compression Fracture Due To Osteonecrosis As Initial Sign Of Childhood Acute Lymphoblastic Leukemia: A Case Report. Intisari Sains Medis, 14(2), 909–912. https://doi.org/10.15562/ism.v14i2.1761

Iriani Ida Nur, Sasongko Totok, & Murti Dewi Novianti. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Personal Sellingterhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Belisebagai Variabel Intervening pada Meteor Cellmalang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan AkutansiVol, 10(2), 155–160.

Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Promosi bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow di Kota Tomohon. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, 8(4), 11–20.

Muslimah, K., Aprilani, D., & Nugeraha, P. (2021). Perilaku Online pada Perempuan Milenial Di Era Pandemic. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(2), 149–157. https://doi.org/10.23960/jpb.v4i2.101

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619

Pratiwi, A., & Madanacaragni, M. G. (2020). Instagram sebagai Media Promosi Festival Pariwisata Kota Bogor (Studi Etnografi Virtual pada Akun @cgmbogor_fest). Jurnal Audience, 3(1), 117–145. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.3728

Setiawati, R., & Pritalia, G. L. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Sektor Pariwisata. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 278–285. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7255

YAZGAN PEKTAS, S., & HASSAN, A. (2020). The Effect of Digital Content Marketing on Tourists’ Purchase Intention. Journal of Tourismology, 6(1), 79–88. https://doi.org/10.26650/jot.2020.6.1.0011

Buku

David Aaker. (2020). Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance,. Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity. New York: Free Press.

Saputra, et al. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis menjadi Lebih Mudah. . Medan: ayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif. Bandung:: ALFABETA

Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Universitas Brawijaya Press.

Additional Files

Published

2025-06-28

How to Cite

Maya Kurnia Saputri, & Mar’Atul Fahimah. (2025). Efektivitas Content Marketing Dalam Membentuk Brand Awareness dan Minat Berkunjung Ulang: Studi Kasus Desa Wisata. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 8(1), 12–20. https://doi.org/10.32528/sw.v8i1.3072