Analisis Prediktif Berbasis AI Pada Inovasi Produk Kuliner di Industri Food And Beverage

Study Kasus Pada Sheraton Hotel Senggigi

Authors

  • Claudia Dwi Martina Universitas Bina Sarana Informatika
  • Anak Agung Ngurah Sedana Putra Politeknik Pariwisata Lombok
  • Gilang Fahreza Universitas Bina Sarana Informatika
  • Putu Ari Nugraha Politeknik Pariwisata Lombok
  • Bagas Anggara universitas bumigora

DOI:

https://doi.org/10.32528/sw.v8i1.3282

Keywords:

Inovasi, Produk, Kuliner, AI

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis penerapan analisis prediktif berbasis AI dalam inovasi produk kuliner di Sheraton Hotel Senggigi, dan untuk nengidentifikasi faktor pendukung dan hambatan dalam penerapan teknologi AI pada inovasi kuliner. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami penerapan analisis prediktif berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam inovasi produk kuliner di Sheraton Hotel Senggigi, Lombok. Dilaksanakan dari 10 Desember 2024 hingga 10 Maret 2025.Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, dengan informan utama termasuk chef eksekutif, manajer food and beverage, staf IT, dan pihak manajemen. Wawancara semi-terstruktur memberikan fleksibilitas untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi dan tantangan dalam penerapan AI. Analisis data dilakukan dengan metode analisis tematik, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil pada penelitian bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam inovasi kuliner di Sheraton Hotel Senggigi dapat secara signifikan meningkatkan daya saing dan efisiensi operasional. Keberhasilan implementasi bergantung pada faktor pendukung seperti akses data berkualitas, kemajuan teknologi, infrastruktur yang memadai, dan keahlian sumber daya manusia. Namun, tantangan seperti keterbatasan finansial, masalah privasi, resistensi terhadap perubahan, serta kesulitan dalam mengolah data tidak terstruktur harus diatasi. Dengan menggabungkan teknologi dan kreativitas manusia serta berinvestasi dalam pelatihan dan infrastruktur, hotel dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan, menjadikannya sebagai destinasi kuliner yang inovatif

References

Arijeniwa, V. F., Akinsemolu, A. A., Chukwugozie, D. C., Onawo, U. G., Ochulor, C. E., Nwauzoma, U. M., Kawino, D. A., & Onyeaka, H. (2024). Closing the loop: A framework for tackling single-use plastic waste in the food and beverage industry through circular economy- a review. Journal of Environmental Management, 359(September 2023), 120816. https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2024.120816

Artileri, M. A. F., & Koeswiryono, D. P. (2024). Penerapan Standar Operasional Prosedur pada Food and Beverage Production dalam Dinner Section. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 3(1), 130–141. https://doi.org/10.22334/paris.v3i1.698

Awolusi, O. D., & Jayakody, S. S. (2022). Exploring the Impact of Human Resource Management Practices on Employee’s Retention: Evidence from the Food and Beverage Industry in the State of Qatar. Journal of Social and Development Sciences, 12(4(S)), 39–58. https://doi.org/10.22610/jsds.v12i4(s).3203

Bahraini, S., Endri, E., Santoso, S., Hartati, L., & Marti Pramudena, S. (2021). Determinants of Firm Value: A Case Study of the Food and Beverage Sector of Indonesia. Journal of Asian Finance, 8(6), 839–0847. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no6.0839

Dananjaya, A. G. (2025). Mengharmoniskan Modernitas dan Budaya di Lembang : Desain Villa Berkelanjutan Untuk Pariwisata. 7(1), 28–38. https://doi.org/10.37253/altasia.v7i1.9920

Dani, R., Rawal, Y. S., Bagchi, P., & Khan, M. (2022). Opportunities and Challenges in Implementation of Artificial Intelligence in Food & Beverage Service Industry. AIP Conference Proceedings, 2481(November). https://doi.org/10.1063/5.0103741

Fia Afriyani, & Nurhayati. (2023). Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan Profitabilitas terhadap Financial Distress pada Perusahaan F&B. Jurnal Riset Akuntansi, 23–30. https://doi.org/10.29313/jra.v3i1.1766

Husin, M. M., Kamarudin, S., & Rizal, A. M. (2021). Food and beverage industry competitiveness and halal logistics: Perspective from small and medium enterprises in Malaysia. Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.20885/ajim.vol3.iss1.art1

Indra, E., Fauzi, A., Cahyadi Widharto, F., Indah Pangesti, S., Karuna Ernesto, T., & Billy Harland, Y. (2024). Analisis Pengaruh dan Dampak Penggunaan Internet of Things pada Supply Chain di Food and Beverages Industry. 2(2), 60–74. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Irwanto, A., & Ie, M. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha UMKM F&B di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 259–267. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22674

Muhajir, A., Sinaga, H. D. E., Utami, E. Y., Karo-karo, A. P., & Triadi, D. (2024). Pengaruh Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis terhadap Penerimaan Pasar pada Industri Makanan dan Minuman di Indonesia. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 103–114. https://doi.org/10.58812/smb.v2i02.368

Purnomo, M., Maulina, E., Wicaksono, A. R., & Rizal, M. (2021). Adopsi Teknologi Internet of Things pada Startup Industri F&B. Techno.Com, 20(3), 342–351. https://doi.org/10.33633/tc.v20i3.4824

Setiawan, A., & Sukmana, F. H. (2023). Unravelling Positive Experiences of Guests Staying at Sheraton Senggigi Beach Resort: Evidence from TripAdvisor. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 17(1), 64–84. https://doi.org/10.47608/jki.v17i12023.64-84

Suharto, B., Medina, F. D., & Ardianto, K. D. (2024). Implementasi Sistem Digital di Departemen F&B: Meningkatkan Kepuasan Tamu dan Efisiensi Layanan. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 14(2), 259–272. https://doi.org/10.22334/jihm.v14i2.279

Syafi’i, A., Shobichah, S., & Mulyani, M. (2023). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Pertumbuhan Dan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Pada Industri Makanan Dan Minuman. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 592–599. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.3140

Tan, K. L., Wong, K. S., & Kong, Y. M. (2023). Factors Affecting Customer Satisfaction Towards Food and Beverage (F&B) Industry in Penang. MALAYSIA. International Journal of Social Science Research, 5(2), 47–71. http://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijssrJournalwebsite:http://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijssrhttp://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijssr

Additional Files

Published

2025-06-28

How to Cite

Dwi Martina, C., Putra, A. A. N. S., Fahreza, G., Nugraha, P. A., & Anggara, B. (2025). Analisis Prediktif Berbasis AI Pada Inovasi Produk Kuliner di Industri Food And Beverage: Study Kasus Pada Sheraton Hotel Senggigi. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.32528/sw.v8i1.3282