Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Amanda Cafe
DOI:
https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i2.1102Keywords:
Sumber Daya Manusia, Budaya Organisasi, KinerjaAbstract
Sumber daya manusia merupakan suatu faktor terpenting sebagai penunjang bagi suatu perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.Tanpa adanya sumber daya manusia, perusahaan tidak dapat menjalankan aktivitas atau pun kegiatan perusahaannya dengan baik. Dengan adanya fasilitas lengkap maupun teknologi canggih serta biaya besar yang digunakan tidak akan ada harganya apabila tidak ada faktor terpenting dalam kehidupan perusahaan yaitu sumber daya manusia untuk memelihara, menjaga dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sarana dan fasilitas yang telah disediakan dengan baik. Budaya organisasi yang kuat meningkatkan konsistensi perilaku. Budaya-budaya yang kuat menekankan para karyawan agar dapat menyesuaikan diri dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam budaya-budaya tersebut, budaya-budaya dengan nilai yang kuat tersebut membatasi ukuran-ukuran nilai dan gaya yang dapat diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia merupakan hal yang mendasar, sehingga diperlukan suatu strategi untuk pengembangan sumber daya manusia. Tahapan pengembangan sumber daya manusia dimulai dari saat rekruitmen, pengalaman kerja dan mengikut beberapa pelatihan dan pendidikan berjenjang. Budaya organisasi dapat menjadi pembentuk cara kerja serta karakter karyawan agar sesuai dengan tujuan perusahaan demi cara kerja yang lebih efisien dan lebih menguntungkan. Tetapi perlu adanya perubahan budaya organisasi untuk menyesuaikan zaman dan menyesuaikan lingkungan yang juga ikut berkembang. Kegunaan mengikuti lingkungan yang ada adalah agar dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.
References
B2042171014, L. T. (2019). Pengaruh Keadilan Organisasi Dan Kepemimpinanterhadap Kepuasan Kerja Dan Perilaku Kerja Kontraproduktif Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Melawi. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 7(4). https://doi.org/10.26418/ejme.v7i4.34537
BASRIE, F. H. (2018). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia, Budaya Organisasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Pertamina (Persero) Unit Pengolahan V Balikpapan - Kalimantan Timur. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 1(1). https://doi.org/10.26740/bisma.v1n1.p72-83
Cahyono, D. (2020). Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan. International Journal OF Social Science AND Business, 4(1), 116–122.
Cahyono, D., & Rachmaniyah, A. (2020). Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Indonesia dan Malaysia. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 5(2), 264–284. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIA/article/view/28852
Fathiah, K. S., Martini, N. N. P., Sanosra, A., & Qomariah, N. (2021). The Impact of Competence and Work Environment on Employee Motivation and Performance in The Financial and Asset Management Division. Calitatea, 22(185), 52–63. https://doi.org/10.47750/QAS/22.185.08
Fitri Anggreani, T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi MSDM (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.588
Hadari, N. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1.
Hafidzi, A. H., & Qomariah, N. (2022). The Role of Return on Asset Mediation in Influencing Corporate Social Responsibility on Stock Returns in Manufacturing Companies. Quality - Access to Success, 23(186), 230–236. https://doi.org/10.47750/QAS/23.186.30
Hafidzi, A. H., Satoto, E. B., & Supeni, R. E. (2023). The Effect of COVID-19 Pandemic on Stock Return of Kompas 100 Index. International Journal of Sustainable Development & Planning, 18(1). https://doi.org/10.18280/ijsdp.180130
Handoko, T. H. (2012). Pengantar Manajeman Karangan T . Hani Handoko Bab 2. Faizal Nuzul Razak Hamid, S.E, 1(1).
Immanuel, A. R. (2018). Sistem Pendukung keputusan Karyawan Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada PT. BISI INTERNATIONAL, Tbk. E-Journal.Nusamandiri.
Indarto, E. W., Imam, S., Sudaryanto, & Qomariah, N. (2022). The effect of brand image and product attributes on customer satisfaction and customer loyalty. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(3), 457–466.
Kurdi, Moh., & Abrar, U. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7829
Malik, N., Yuli, S. B. C., & Mudrifah. (2022). An innovative strategic human resource management in uncertain world: A systematic literature review. In Social and Political Issues on Sustainable Development in the Post Covid-19 Crisis. https://doi.org/10.1201/9781003263586-28
Mas’ud, F., & Immanuel. (2017). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah). Diponegoro Journal Of Management, 6.
Pranata, I. B. (2018). Pengaruh pengembangan sumber daya manusia, budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Journal Educational Research and Development, 2(1).
Prastyowati, A. H., Fadah, I., Yulisetiarini, D., & Tobing, D. S. K. (2021). The role of academic branding reputation in mediating the effects of marketing communication on interest in choosing private universities (pts) in east java. Palarch’s Journal of Archaelogy of Egypt/Egyptology, 18(4), 3761–3777. https://www.archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/6894/6630
Qomariah, N. (2012). Pengaruh kualitas layanan dan citra institusi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi pada universitas muhammadiyah di Jawa Timur). In Jurnal Aplikasi Manajemen (Vol. 10, Issue 1, pp. 177–187).
Qomariah, N., Lusiyati, Martini, N. N. P., & Nursaid. (2022). The Role Of Leadership And Work Motivation In Improving Employee Performance: With Job Satisfaction Intervening Variables. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(3), 611–631. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/2841/1803
Qomariah, N., Nursaid, & Satoto, E. B. (2021). Improving financial performance and profits of pharmaceutical companies during a pandemic: Study on environmental performance, intellectual capital and social responsibility. Qual.-Access Success, 22, 154–165. https://doi.org/10.47750/qas/22.184.20
Qomariah, N., Sari, M. I., & Budiarti, D. A. (2016). Perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional (pada reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap yang terdaftar di BEI periode 2010-2014). Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 20(3), 417–427. https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.273
Sanosra, A., Hakim, A. R., Cahyono, D., Qomariah, N., & Thamrin, M. (2022). ROLE OF KNOWLEDGE SHARING AND LEADERSHIP STYLE IN IMPROVING EMPLOYEE PERFORMANCE WITH WORK CULTURE AS AN INTERVENING VARIABLE. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(4), 920–937. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14
Santoso, B., & Alawiyah, T. (2021). Service Quality as A Measurement of Customer Satisfaction of Indonesian Sharia Bank Using Important Performance Analysis Method. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 291–296. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index
Santoso, B., & Aprillianto, B. (2019). The Needs and Readiness Analysis of Social Audit Implementation in Indonesia. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.25273/jap.v8i1.3399
Satoto, E. B. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International Journal of Sustainable Development & Planning, 18(5). https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506
Setianingsih, W. E., & Nursaidah, N. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels? Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1), 162–178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601
Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Uji Validitas.
Supeni, R. E., Nurhayati, Puspitasari, N., Wulandari, D., & Sari, M. I. (2023). Does Indonesian businesswomen entrepreneurial orientation of small and medium enterprises (SMEs) matter in their financial performance? Seybold Rep, 18, 322–340. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/QKBSZ
Susbiyani, A., Halim, M., & Animah, A. (2023). Determinants of Islamic social reporting disclosure and its effect on firm’s value. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 14(3), 416–435.
Sutrisno, E. (2023). A Female Leaders in the Perspective of Islamic Law and Legal Regulations. MILRev : Metro Islamic Law Review, 2(1). https://doi.org/10.32332/milrev.v2i1.6879
Zainal, V. R. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. In manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan dari teori ke praktik
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Miftahol Arifin, Syaiful Anwar, Endang Widyastuti, Bambang Hermanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.