Strategi Pemasaran Terpadu BUMDes Menyongsong Era Society 5.0

Authors

  • Wenny Murtalingtyas Universitas Muhammadiyah Jember
  • Bayu Wijayantini Universitas Muhammadiyah Jember
  • Taufiq Sobri Universitas Mahakarya Asia Kampus Baturaja

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i2.1107

Keywords:

Strategi pemasaran, Society 5.0, Bumdes

Abstract

Menghadapi dan menyongsong era Society 5.0, penggunaan digitalisasi   atau teknologi informasi menjadi perhatian tersendiri dalam aspek-aspek manajemen perusahaan mengenai proses kegiatan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di masa datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa strategi pemasaran terpadu unit usaha BUMDes Kesra memasuki era Society 5.0 dengan berbasis tata kelola manajemen perusahaan yang tepat. Salah satu model bisnis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pemilihan strategi terpadu yang selaras dengan perkembangan marketing di era Society 5.0 adalah Analisis SWOT dan TOWS. Dari 75 Responden,  didapatkan hasil penguatan manajemen strategi yang dikembangkan adalah merujuk pada SO (Strength Oportunities), yaitu mengadakan inovasi terhadap produk baru atau mengembangkan produk lama dengan tampilan yang lebih modernt, memberikan jaminan kualitas yang sama sesuai yang telah diterapkan selama ini, Mempertahankan promosi penjualan, terus melakukan inovasi serta megembangkan advertising/iklan dan interaktif marketing dengan konsumen melalui media sosial seperti WA, FB, IG dan sebagainya. Sehingga kendala masih dominannya budaya birokrasi BUMDes akan memanfaatkan teknologi digital dan komunikasi informasi bisa diatasi. BUMDes dalam menghadapi era Society 5.0, sudah sedini mungkin mempersiapkan secara tepat dan cepat memgambail tindakan sesaui kendala dan segala bentuk perubahan lingkungan dan perkembangannya.

References

Arifin, B., Muzakki, A., & Kurniawan, M. W. (2019). KONSEP DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DALAM STRATEGI PEMASARAN. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.24967/ekombis.v4i2.474

Ashraf Tanzila, & Bhalla A.S. (2018). Marketing Mix Strategies: A Case Study of Jammu & Kashmir Cements Ltd. ZENITH International Journal of Business Economics & Management Research, 8(3), 96–105.

Bara, Y. P. B., Sinulingga, S., & Sembiring, M. T. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Generik Porter dan SWOT dalam Membentuk Retensi Pelanggan (Studi Kasus di PT Charoen Pokphand Indonesia, Poultry Integration). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(2), 311. https://doi.org/10.35931/aq.v17i2.1990

Cahyono, D. (2020). Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan. International Journal OF Social Science AND Business, 4(1), 116–122.

Cahyono, D., & Rachmaniyah, A. (2020). Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Indonesia dan Malaysia. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 5(2), 264–284. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIA/article/view/28852

David, F. R. (2002). Manajemen strategis: konsep. Prenhalindo.

Fathiah, K. S., Martini, N. N. P., Sanosra, A., & Qomariah, N. (2021). The Impact of Competence and Work Environment on Employee Motivation and Performance in The Financial and Asset Management Division. Calitatea, 22(185), 52–63. https://doi.org/10.47750/QAS/22.185.08

Hafidzi, A. H., & Qomariah, N. (2022). The Role of Return on Asset Mediation in Influencing Corporate Social Responsibility on Stock Returns in Manufacturing Companies. Quality - Access to Success, 23(186), 230–236. https://doi.org/10.47750/QAS/23.186.30

Hafidzi, A. H., Satoto, E. B., & Supeni, R. E. (2023). The Effect of COVID-19 Pandemic on Stock Return of Kompas 100 Index. International Journal of Sustainable Development & Planning, 18(1). https://doi.org/10.18280/ijsdp.180130

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. (1st ed.). Pascal Books.

Indarto, E. W., Imam, S., Sudaryanto, & Qomariah, N. (2022). The effect of brand image and product attributes on customer satisfaction and customer loyalty. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(3), 457–466.

Izzuddin, A., Santoso, B., & Moulinda, T. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Produk Kuliner Bumdes. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.32528/jmbi.v7i1.4947

Larasati, S., & Kadri, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran di Toko Najwa Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan. JEKSYAH (Islamic Economics Journal), 1(1), 46–54. https://doi.org/10.54045/jeksyah.v1i1.29

Prastyowati, A. H., Fadah, I., Yulisetiarini, D., & Tobing, D. S. K. (2021). The role of academic branding reputation in mediating the effects of marketing communication on interest in choosing private universities (pts) in east java. Palarch’s Journal of Archaelogy of Egypt/Egyptology, 18(4), 3761–3777. https://www.archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/6894/6630

Qomariah, N. (2012). Pengaruh kualitas layanan dan citra institusi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi pada universitas muhammadiyah di Jawa Timur). In Jurnal Aplikasi Manajemen (Vol. 10, Issue 1, pp. 177–187).

Qomariah, N., Lusiyati, Martini, N. N. P., & Nursaid. (2022). The Role Of Leadership And Work Motivation In Improving Employee Performance: With Job Satisfaction Intervening Variables. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(3), 611–631. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/2841/1803

Qomariah, N., Nursaid, & Satoto, E. B. (2021). Improving financial performance and profits of pharmaceutical companies during a pandemic: Study on environmental performance, intellectual capital and social responsibility. Qual.-Access Success, 22, 154–165. https://doi.org/10.47750/qas/22.184.20

Qomariah, N., Sari, M. I., & Budiarti, D. A. (2016). Perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional (pada reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap yang terdaftar di BEI periode 2010-2014). Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 20(3), 417–427. https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.273

Rangkuti, F. (2015). Personal SWOT analysis. Gramedia Pustaka Utama.

Sanosra, A., Hakim, A. R., Cahyono, D., Qomariah, N., & Thamrin, M. (2022). ROLE OF KNOWLEDGE SHARING AND LEADERSHIP STYLE IN IMPROVING EMPLOYEE PERFORMANCE WITH WORK CULTURE AS AN INTERVENING VARIABLE. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(4), 920–937. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14

Santoso, B., & Alawiyah, T. (2021). Service Quality as A Measurement of Customer Satisfaction of Indonesian Sharia Bank Using Important Performance Analysis Method. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 291–296. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index

Santoso, B., & Aprillianto, B. (2019). The Needs and Readiness Analysis of Social Audit Implementation in Indonesia. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.25273/jap.v8i1.3399

Satoto, E. B. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International Journal of Sustainable Development & Planning, 18(5). https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506

Setianingsih, W. E., & Nursaidah, N. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels? Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1), 162–178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601

Supeni, R. E., & Wijayantini, B. (2023). Mushroom Cultivation Business Development Strategy with BMC Model During Pandemic Covid 19. BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship, 5(2), 165. https://doi.org/10.54268/baskara.v5i2.12409

Supeni, R. E., Nurhayati, Puspitasari, N., Wulandari, D., & Sari, M. I. (2023). Does Indonesian businesswomen entrepreneurial orientation of small and medium enterprises (SMEs) matter in their financial performance? Seybold Rep, 18, 322–340. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/QKBSZ

Susbiyani, A., Halim, M., & Animah, A. (2023). Determinants of Islamic social reporting disclosure and its effect on firm’s value. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 14(3), 416–435.

Downloads

Published

2023-12-29