Strategi Green Marketing, Harga, dan Brand Equity: Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Homecare

Authors

  • Aninda Waskita Devi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fani Firmansyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v10i1.1319

Keywords:

Brand Equity, Green Marketing, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan zaman dan isu global warming meningkatkan kesadaran akan keberlanjutan lingkungan. Green marketing menjadi strategi yang diadopsi oleh perusahaan, seperti Unilever, untuk meningkatkan keputusan pembelian. Meskipun produk ramah lingkungan memiliki harga lebih tinggi dibandingkan produk non green, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh green marketing dan harga terhadap keputusan pembelian, dengan brand equity sebagai variabel mediasi. Melalui pendekatan kuantitatif dan survei kuesioner skala Likert lima tingkat, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria responden merupakan Mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan pengguna produk home care PT. Unilever. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan SEM PLS dengan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing dan harga tidak signifikan memengaruhi keputusan pembelian produk homecare Unilever. Namun, brand equity terbukti memiliki pengaruh signifikan sebagai variabel tunggal maupun mediator dari green marketing dan harga. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk mengevaluasi strategi green marketing dan harga, dengan memperhitungkan peran penting brand equity dalam membentuk preferensi dan keputusan pembelian konsumen.

References

Alfionita, C. M., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (Survei pada pembeli Oppo smartphone di counter handphone MATOS). Jurnal Administrasi Bisnis, 36(1).

Andayana, M. N. D. (2020). Perubahan prilaku konsumen dan eksistensi UMKM di era pandemi Covid-19. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 1(2-Des), 39–50.

Aprilia, N. A. I., Widiawati, D., & Hardiani, S. (2023). Pengaruh Green Product dan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop. Business Management Research, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.26905/bismar.v2i2.10025

Biby, S., Asbar, Y., & Jufridar, J. (2023). The Analisys of The Green Economy Implementation on Sustainability Small and Medium Enterprise in lhokseumawe City. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 24(1), 31–37.

Br Sidabutar, D. M. (2021). Dampak Pemasaran Hijau Pada Pola Pembelian Konsumen Dan Pengambilan Keputusan Pada Produk Love Beauty And Planet. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Brand Audit. (2022). The Brand Audit Report 2018-2022.

Chang, M.-C., & Wu, C.-C. (2015). The effect of message framing on pro-environmental behavior intentions: An information processing view. British Food Journal, 117(1), 339–357.

Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. (2017). “Green Marketing”: An analysis of definitions, strategy steps, and tools through a systematic review of the literature. Journal of Cleaner Production, 165, 1263–1279.

Febriani, S. (2019). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Green Product Purchase Intention Pada Produk Innisfree Di Jakarta Dengan Consumer’s Attitude Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1).

Ginting, R. A., Angelia, A., Salsabila, T., Damero, S., Primananda, R., & Setyo, K. (2023). Pengaruh Green Marketing, Inovasi Produk dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: PT Unilever Indonesia Tbk). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 986–992.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Hidayati, W. N., & Tunjungsari, H. K. (2022). Pengaruh Green Marketing terhadap Ekuitas Merek Aqua dan Intensi Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(4), 347–352.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya, 1, 1–19. https://doi.org/10.1023/A:1023202519395

Indarto, E. W., & Qomariah, N. (2018). The Effect of Brand Image and Product Atributes on Customer Satisfaction THE EFFECT OF BRAND IMAGE AND PRODUCT ATTRIBUTES ON CUSTOMER SATISFACTION AND CUSTOMER LOYALTY Indexed in Google Scholar. Journal of Applied Management (JAM), 16(36), 457–466.

Izzani, T. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Love Beauty Planet (Studi Kasus di Giant Pasar Minggu). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(2), 150–157.

Laily, N. M., & Ekowati, V. M. (2023). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee Dengan Rating Penjualan Toko Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Lentera Bisnis, 12(1), 101. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i1.690

Lestari, A. D., Nursanta, E., Widiyarsih, W., & Masitoh, S. (2023). Pengaruh Green Product, Green Price, Green Place, Green Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Tumbler Starbucks Tangerang. JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Auditing), 4(1), 275–288.

Lim, W. M., Yong, J. L. S., & Suryadi, K. (2014). Consumers’ perceived value and willingness to purchase organic food. Journal of Global Marketing, 27(5), 298–307.

Mohd Yasin, N., Nasser Noor, M., & Mohamad, O. (2007). Does image of country‐of‐origin matter to brand equity? Journal of Product & Brand Management, 16(1), 38–48.

Mursandi, D. A., Sudirman, H. A., & Militina, T. (2020). The impact of green marketing and corporate social responsibility on brand image, purchase intention, and purchase decision (Study on the body shop in Samarinda). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4).

Nekmahmud, M., & Fekete-Farkas, M. (2020). Why not green marketing? Determinates of consumers’ intention to green purchase decision in a new developing nation. Sustainability (Switzerland), 12(19), 1–31. https://doi.org/10.3390/su12197880

Ogbeibu, S., Jabbour, C. J. C., Gaskin, J., Senadjki, A., & Hughes, M. (2021). Leveraging STARA competencies and green creativity to boost green organisational innovative evidence: A praxis for sustainable development. Business Strategy and the Environment, 30(5), 2421–2440.

Prasetyo, E., & Yuniati, T. (2020). Analisis Rasio Profitabilitas Untuk Menentukan Investasi Saham Pada PT Unilever, Tbk Pada Tahun Periode 2010-2018. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(2).

Rosnita, M., Widarko, A., & Wahono, B. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kedai Pesen Kopi Di Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(11).

Rumengan, A. N., Tawas, H. N., & Wenas, R. S. (2015). Analisis citra merek, kualitas produk, dan strategi harga terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Ayla cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).

Sapulette, S. G., & Limba, F. B. (2021). Pengaruh penerapan green accounting dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020. Kupna Akuntansi: Kumpulan Artikel Akuntansi, 2(1), 31–43.

Sunyoto, D., & Saksono, Y. (2022). Perilaku konsumen.

Wilidia, V., & Firmansyah, F. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna “TikTok Shop.” Cakrawala Management Business Journal, 6(1), 1–14.

Wiyanti, S. (2023). The role green marketing and product knowledge in strengthening consumer purchasing decisions for compost fertilizer at Tegal District. Enrichment: Journal of Management, 13(3), 1903–1912.

Yaputra, H., Risqiani, R., Lukito, N., & Sukarno, K. P. (2023). Pengaruh Green Marketing, Sustainable Advertising, Eco Packaging/Labeling Terhadap Green Purchasing Behavior (Studi Pada Kendaraan Listrik). Journal of Indonesia Marketing Association (IMA), 2(1), 71–90.

Zaky, M. H., & Purnami, N. M. (2020). Green Marketing Mix Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Produk Big Tree Farms Di Lotus Food Services. E-Jurnal Manajemen, 9(2), 678–698. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i02.p14

Downloads

Published

2024-06-29