Implementasi dan Pengembangan Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro-Kecil

Authors

  • Lady Universitas Internasional Batam https://orcid.org/0009-0003-6026-4294
  • Inda Meyllya Putri Universitas Internasional Batam
  • Shevia Universitas Internasional Batam
  • Estin Rose Eviyani Universitas Internasional Batam
  • Edy Yulianto Putra Universitas Internasional Batam

Keywords:

Iklan Instagram, Pemasaran Digital, Pemasaran Sosial Media, Strategi Pemasaran; Usaha Mikro-Kecil

Abstract

Seiring berkembangnya media sosial di era digital, banyak UMK yang mulai peduli untuk mengembangkan bisnis melalui media sosial. Digital marketing dapat menjangkau seluruh masyarakat di manapun tanpa ada batasan geografis ataupun waktu. Platform yang sering digunakan dalam digital marketing adalah media sosial, e-mail dan platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness serta menarik pelanggan baru pada mitra UMK dengan cara mempromosikan produk melalui pemasaran digital. Penerapan strategi pemasaran digital mencakup pembuatan dan pengelolaan akun Instagram, Facebook, WhatsApp Business, website, Linktree, dan email bisnis. Sasaran pertama dalam kegiatan ini adalah mengedukasi mitra akan pentingnya penggunaan media sosial dalam mempromosikan produk. Metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan menggunakan data primer. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara terhadap pemilik dan pelanggan serta observasi. Secara keseluruhan, implementasi digital marketing telah berdampak positif pada operasional dan pemasaran Brother Seafood. Strategi yang digunakan memungkinkan UMK ini menjadi lebih kompetitif di pasar yang semakin digital.

References

Ardianto, F., Santoso, A., & Hartono, S. (2023). Analisis Implementasi Digital Marketing Melalui Media Sosial sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Nariyah Bakery Madiun. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 3337–3343.

Asmi, Y. (2022). Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik. Forum Ilmiah Indonesa, 19(1), 68-76. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/5070

Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279

Azzahro, D. H., & Rubiyanti, N. The Influence of Brand Image and Electronic Word of Mouth on Customer Loyalty in Shopee Application Users and Gender as Moderator Variables. The International Journal of Business Review (The Jobs Review), 6(1), 11-20. https://doi.org/10.17509/tjr.v6i1.55812

Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. D. E., Handoko, A. L., Putra, R. S., Wijoyo, H., Ari-Yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The Effect of Digital Marketing, Digital Finance and digital Dayment on Finance Performance of Indonesian SMES. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.006

Halimah, S. N., Husna, S. N. S., Zunaidi, A., Siti Roudhoh, Khoiriyati, S., Putri, T. R., Latifah, Y.S., & Janah, S. (2023). Pelatihan Pemberdayaan Media Sosial untuk Meningkatkan Brand Awareness pada UMKM Alami Telur Asin (ATA). Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 715–721. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i4.845

Indiani, N. L., Sudiartini, N. W. A., & Utami, N. K. A. T. (2022). Pengaruh Brand Image, Awareness Dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Pada Produk Dupa Harum Grosir. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 152–163. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.83

Iradat, D. (2024). Survei APJII: Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240131152906-213-1056781/survei-apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Kemp, S. (2024). Digital 2024: Indonesia. Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Lady, Antony Sentoso, Lina, L., Lindawati, L., Viviani, V., & Joey, J. (2023). Pengembangan Digital Marketing Pada UMK Artsya Laundry Kota Batam. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 199–214. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i2.5995

Lady, Shevia, & Nurjanah, L. (2024). Optimizing Customer Engagement: Employing Triangulation Methodology to Improve Social Media Content Strategy for MSME. Journal of Business & Applied Management, 17(1), 001. https://doi.org/10.30813/jbam.v17i1.5252

Mubin, H. (2024). The Existence of Muslim Friendly Kos Trend in Malang City: Do The People of Malang Reject Intolerance?: Case Study in Merjosari Village, Malang City. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(5), 219–225. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jmia.v1i5.2680

Mutallib, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Nusa Tenggara Barat (Studi Kasus Program Active Selling 2021 KOMINFO). Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.69503/econetica.v4i2.335

Nurhayati, M. A., Wirayudha, A. P., Fahrezi, A., Pasama, D. R., & Noor, A. M. (2023). Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital: Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 5(1), 1–27. https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i1.1618

Panggabean, A. D. (2024). Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024. Radio Republik Indonesia. https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024

Rizal, A. S., Saputri, S. W., & Nurjaya. (2023). Digital Marketing untuk UMKM. Jurnal Abdimas, 5(1), 105–109. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ABMAS/article/view/39476

Sari, M. (2023). Potensi Pasar UMKM Halal dalam Perekonomian Indonesia. El-Kahfi: Journal of Islamic Economics, 04(1), 291-298. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v4i01.127

Sartikah, S., Razati, G., & Utama, R. D. H. (2019). Peran Media Sosial Dalam Memperkuat Loyalitas Pada Merek. Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 18(1), 28. https://doi.org/10.17509/strategic.v18i1.17588

Shevia, & Christiarini, R. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Games in Your Area melalui Optimalisasi Digital Marketing. Social Engagement Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(1), 23–36.

Shofiyah, S., Fitriana, A., Maharani, T., Fajar, I. A., & Valentino, J. (2023). Menarik Minat Beli Konsumen Dengan Digital Marketing – UMKM Korean Cake Batam. Jurnal Economina, 2(6), 1183–1192. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.561

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Syaifullah, S., Maulana, A., Karnadi, V., & Tantowi, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Batu Aji Kota Batam. Jurnal Abdikmas, 1(1), 1–5.

Wijaya, R. S., Rahmaita, Murniati, Nini, & Mariyanti, E. (2023). Digitalisasi Akuntansi Bagi Pelaku UMKM Di Lubuk Minturun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 02(01), 40–44. https://doi.org/10.47233/jpmda.v2i1.707

Yasin, M. M., & Vidiati, C. (2024). Implementasi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness UMKM Fashion Batik Fractal. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 2(2), 188-194. https://doi.org/10.31004/money.v2i2.31646

Downloads

Published

2024-12-29