Determinan Rekrutmen Online Generasi Y dan Z di Perusahaan ABC

Authors

  • Chika Dewi Kholifah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhamad Ahsan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Fatmah Fatmah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.380

Keywords:

Company Attractiveness, Online Recruitment, Company Reputation

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh daya tarik perusahaan, reputasi perusahaan, dan rekrutmen online dengan reputasi perusahaan sebagai mediasi daya Tarik perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan pada generasi Y dan Z pengguna platform TikTok di Perusahaan ABC. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form pada 96 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi perusahaan dan rekrutmen online berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar pekerjaan pada generasi Y dan Z pengguna platform TikTok di Perusahaan ABC. Reputasi perusahaan memediasi pengaruh daya tarik perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan pada generasi Y dan Z pengguna platform TikTok di Perusahaan ABC. Implikasi praktis, Perusahaan ABC hendaknya mengembangkan strategi dalam proses rekrutmen online dan meningkatkan reputasi perusahaan untuk menarik minat pelamar dari generasi Y dan Z.

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Allden, N., & Harris, L. (2013). Building a positive candidate experience: Towards a networked model of e-recruitment. Journal of Business Strategy, 34(5), 36–47. https://doi.org/10.1108/JBS-11-2012-0072

Atmoko, F. K. (2017). Pemakaian rekrutmen online di Indonesia pada perusahaan-perusahaan terdaftar di bursa efek Indonesia. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3), 1–6.

Ayuningtyas, A. F. (2016). Pengaruh Dimensi Employer Attractiveness Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Pada Mahasiswa Strata 1. Universitas Indonesia.

Bencsik, Gabriella, H.-C., & Tímea, J. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 6(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Berthon, P., Ewing, M., & Hah, L. L. (2005). Captivating company: Dimensions of attractiveness in employer branding. International Journal of Advertising, 24(2), 151–172. https://doi.org/10.1080/02650487.2005.11072912

Brouer, R., Badawy, R., & Stefanone, M. (2022). Social media and recruitment: examining (counter) productive diversity messages. Organization Management Journal, 19(1), 34–43. https://doi.org/10.1108/OMJ-09-2020-1029

Budiman, T., & Handayani, N. P. (2016). Pengaruh Recruitment Source dan Job Seeker’s Perception terhadap Job Seeker’s Intention to Pursue the Job di Kompas Gramedia Group. Jurnal Ilmu Manajemen, 8, 65–78.

Bustamante, S., Ehlscheidt, R., Pelzeter, A., Deckmann, A., & Freudenberger, F. (2021). The Effect of Values on the Attractiveness of Responsible Employers for Young Job Seekers. Journal of Human Values, 27(1), 27–48. https://doi.org/10.1177/0971685820973522

Cannaby, B. W. I. (2018). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kompensasi terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Freshgraduate ke Bank Syariah dengan Lingkungan Keluarga sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Alumni Jurusan Perbankan Syariah S1 Fakultas Ekonomi d. IAIN Salatiga.

Doorley, J., & Garcia, H. F. (2020). Reputation Management: The Key to Successful Public Relations and Corporate Communication (4th ed.). Routledge.

Erlinda, F. (2020). Pengaruh Employer Branding, Reputasi Perusahaan, dan Website Recruitment terhadap Minat Melamar Kerja Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Kota Malang di PT Bank Syariah Mandiri. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fadillah, D. (2020). The Mediating Role of Corporate Reputation on the Relationship between Employer Attractiveness and Students’ Intention to Apply for a Job at PT Bank Mandiri (The Study on Final-year Undergraduate Students at the Faculty of Economics Andalas University). Universitas Andalas.

Fan, Y. J., Liu, S. F., Luh, D. B., & Teng, P. S. (2021). Corporate sustainability: Impact factors on organizational innovation in the industrial area. Sustainability (Switzerland), 13(4), 1–24. https://doi.org/10.3390/su13041979

Febrianti, D. I., & Hendratmoko, C. (2022). P engaruh kompensasi , karakteristik pekerjaan , tanggung jawab sosial perusahaan dan reputasi perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan T he influence of compensation , job characteristics , corporate social responsibility and company reputation on int. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(2), 257–267. https://doi.org/10.29264/jkin.v19i2.10927

Fombrun, C. J., Gardberg, N. A., & Sever, J. M. (2000). The Reputation QuotientSM: A Multi-stakeholder measure of corporate reputation. Journal of Brand Management, 7(4), 241–255. https://doi.org/10.1057/bm.2000.10

Fridantara, A. S. (2018). Pengaruh Daya Tarik Perusahaan dan E-Recruitment terhadap Keinginan Melamar Pekerjaan pada Calon Karyawan Generasi Y: Peran Reputasi Perusahaan sebagai Variabel Mediasi. Universitas Islam Indonesia.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. Boston : Pearson/Allyn & Bacon.

Geofanny, R. (2023). Employer Branding and E-recruitment Against Interest in Applying for Generation Z Jobs Employer Branding dan E-recruitment Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Generasi Z. 12(1), 146–154.

Highhouse, S., Lievens, F., & Sinar, E. F. (2003). Measuring attraction to organizations. Educational and Psychological Measurement, 63(6), 986–1001. https://doi.org/10.1177/0013164403258403

Indrawan, R. D. (2018). Pengaruh Perceived Available Information dalam Konteks Media Sosial pada Corporate Image, Employer Attractiveness, dan Intention to Apply pada Perusahaan Startup Unicorn Indonesia. Universitas Airlangga.

Junça Silva, A., & Dias, H. (2022). The relationship between employer branding, corporate reputation and intention to apply to a job offer. International Journal of Organizational Analysis, 31(8), 1–16. https://doi.org/10.1108/IJOA-01-2022-3129

Karim, M. R., Miah, M. S., & Khatun, A. (2015). E-Recruitment in Practice: A Study on Jobseekers’ Perception in Bangladesh. Global Disclosure of Economics and Business, 4, 33–42. https://doi.org/10.18034/gdeb.v4i1.150

Kaur, D., & Kaur, R. (2023). Does electronic word-of-mouth influence e-recruitment adoption? A mediation analysis using the PLS-SEM approach. Management Research Review, 46(2), 223–244. https://doi.org/10.1108/MRR-04-2021-0322

Khairunissa, D. (2017). Penerapan Employer Branding dan Employer Attractiveness Terhadap Minat Pelamar (Studi Kasus: Kompas Gramedia). Universitas Bakrie.

Latansa, M. L. (2020). Pengaruh reputasi perusahaan terhadap Minat Melamar Pekerjaan Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Marginingsih, R., & Kismono, G. (2016). Analisis Faktor-Faktor Employer Branding Persepsian:Studi Pada Mahasiswa MM Ugm. Universitas Gadjah Mada.

Moghaddam, H. A., Rezaei, S., & Amin, M. (2015). Examining job seekers’ perception and behavioural intention toward online recruitment: A PLS path modelling approach. Journal for Global Business Advancement, 8(3), 305–325. https://doi.org/10.1504/JGBA.2015.071331

Munawaroh, S. (2019). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan E-Recruitment Terhadap Minat Melamar Kerja (Studi Kasus Generasi Z Wilayah Cikarang Utara). Universitas Pelita Bangsa.

Myrden, S. E., & Kelloway, K. (2015). Young workers’ perception of brand image: main and moderating effects. Journal of Organizational Effectiveness, 2(3), 267–281. https://doi.org/10.1108/JOEPP-09-2014-0055

Paggi, R., & Clowes, K. (2021). Managing Generation Z How to Recruit, Onboard, Develop, and Retain the Newest Generation in the Workplace. Quill Drivers Books.

Permadi, K. D., & Netra, I. G. S. K. (2015). Pengaruh Reputasi, Kompensasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Minat Melamar Pekerjaan oleh Mahasiswa Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Unud, 4, 3252–3286.

Podhorcová, J., & Balková, M. (2023). Digital Recruitment through Social Networks. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 12(1), 13–23. https://doi.org/10.36941/ajis-2023-0002

Rahmawati, D. (2018). Millenials and I - Generation Life. Laksana.

Sari, M. F. (2020). Pengaruh Kompensasi dan E-Recruitment dalam Minat Melamar Pekerjaan pada “Generasi Millenial” (Studi pada Alumni Universitas Borneo Tarakan Fakultas Ekonomi). Universitas Borneo Tarakan.

Sena, P. D. A. J. (2020). Employer Attractiveness dan Employer Familiarity serta Dampaknya Terhadap Intention to Apply. Universitas Padjadjaran.

Setiawan, E., & Marginingsih, R. (2021). Employer Branding Towards the Intention to Apply for a Job Through Company Reputation as Mediation Variable. Andalas Management Review), 5(2), 73–94.

Setiawan, W. (2016). Pengaruh Daya Tarik Perusahaan dan Reputasi Perusahaan Terhdapa Keinginan Melamar Pada Mahasiswa Teknik Informatika. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sivertzen, A. M., Nilsen, E. R., & Olafsen, A. H. (2013). Employer branding : Employer attractivness and the use of social media. Journal of Product & Brand Management, 22, 472–483. https://doi.org/10.1108/JPBM-09-2013-0393

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Wasis, M. E. (2018). Pengaruh Website Rekruitmen Terhadap Daya Tarik Pelamar Dimediasi Reputasi Perusahaan. Universitas Islam Indonesia.

Wirohikmawan, R., & Kustini, K. (2023). Pengaruh Daya Tarik dan Reputasi Perusahaan terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Manajemen FEB UPN “Veteran” Jawa Timur. 8(1), 457–462. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.779

Wulandari, M. D. (2020). Pengaruh E-Rekrutmen dan Persepsi Pencari Kerja Terhadap Niat Melamar Pekerjaan (Studi Pada Mahasiswa Semester Akhir dan Fresh Graduate di Kota Malang). STIE Malangkuçeçwara.

Downloads

Published

2023-06-29