Interaksi Pendidikan dan Pola Pikir Kewirausahaan Terhadap Minat Kewirausahaan Pada Mahasiswa FEB UMG

Authors

  • Putra Panji Respati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aries Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Cahyadi Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.410

Keywords:

Pendidikan Kewirausahaan; Pola Pikir Kewirausahaan; Minat Kewirausahaan

Abstract

Pengangguran yang semakin tinggi di Indonesia akibat dampak dari pandemi, kebijakan PHK di perusahaan dan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia menjadikan wirausaha adalah salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk masalah tersebut. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan juga turut membantu masalah pengangguran, salah satu cara yang dilakukan adalah melalui pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data diperoleh melalui penyebaran kuisioner serta dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat interaksi yang siginifikan padapendidikankewirausahaan terhadap pola pikir kewirausahaan sebesar 3,964 (T-Statistics). Pendidikan kewirausahaan berinteraksi tetapi tidak signifikan terhadap minat kewirausahaan sebesar 0,554 (T-Statistics) dan pola pikir kewirausahaan berinteraksi tetapi tidak signifikan terhadap minat kewirausahaan sebesar 0,487 (T-Statistics).

References

Abdilah, W. dan Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS), Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta CV Andi Offset.

Afriyanto, D., Susandini, A., & Widyastuti, E. (2013). Entrepreneur Mindset Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Saronggi). PERFORMANCE “ Jurnal Bisnis & Akuntansi,”3(1), 70–77. https://doi.org/10.24929/feb.v3i1.64

Alma, Buchari. (2019). Kewirausahaan: Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Education, P. E., Tolerance, R., Self, D. A. N., Ykpn, S., & Adriyani, B. (2019). Pengaruh Entrepreneurial Education, Risk Tolerance Dan Self Efficacy Terhadap Entrepreneurial Intention Pada Mahasiswa. Jurnal Manajemen, 9(2), 11–24. https://doi.org/10.26460/jm.v9i2.707

Ghozali, Imam. (2020). Structural Equation Modeling-Dengan Metode Alternatif Partial Least Square (PLS). Edisi Kelima. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayati, P., Wulandari, D., Soetjipto, B. E., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Does entrepreneurship education promote vocational students’ entrepreneurial mindset? Heliyon, 6(11), e05426. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05426

Hultén, P., & Tumunbayarova, Z. (2020). Building students’ entrepreneurial mindsets: Results from an intervention at a Russian university. International Journal of Management Education, 18(2), 100380. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100380

Lailatul Azizah. (2018). Pengaruh Entrepreneurial Mindset Dan Lingkungan Terhadap Keputusan Berwirausaha Dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Prosiding Business and Economic Conference In Utilizing of Modern, 621–632.

Martyajuarlinda, Patricia. dan Kusumajanto, D.D. (2018). Effect of Entrepreneurship Education and Self Efficacy Towards The Intention of Entrepreneurship. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 4, Number 3, November 2018, Page 128-133.

Munawaroh, M., & Rimiyati, H. (2016). Untuk Program Strata 1.

Purwaningsih, Nining. dan Megaster, Teknik. (2019). Pengaruh Pola Pikir Kewirausahaan dan Adversity Quotient Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang). Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), Volume 1 (2019). e-ISSN 2714-5603.

Sarfilianty, Anggiani. (2018). Kewirausahaan Pola Pikir Pengetahuan Ketrampilan. Prenadamedia Group: Jakarta, 2018).

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi ke-19. Bandung. CV Alfabeta.

Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, A. M., Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The impact of entrepreneurship education and students’ entrepreneurial mindset: the mediating role of attitude and self-efficacy. Heliyon, 6(9), e04922. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04922

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3774

Downloads

Published

2023-06-29