Atribut Destinasi Dan Kepuasan Wisatawan Pada Wisata Siti Sundari Lumajang

Authors

  • Tri Palupi Robustin Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.439

Keywords:

Atribut Destinasi, Kepuasan, Siti Sundari.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh  attraction terhadap kepuasan wisatawan pada Wisata Siti Sundari Lumajang; (2) pengaruh  amenity terhadap kepuasan wisatawan pada Wisata Siti Sundari Lumajang; (3) pengaruh  accessibility terhadap kepuasan wisatawan pada Wisata Siti Sundari Lumajang; (4) pengaruh  hospitality terhadap kepuasan wisatawan pada Wisata Siti Sundari Lumajang; (5) pengaruh  environment terhadap kepuasan wisatawan pada Wisata Siti Sundari Lumajang; (6) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan variabel attraction, amenity, accessibility, hospitality, environment terhadap kepuasan wisatawan pada Wisata Siti Sundari Lumajang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan populasi wisatawan yang pernah berkunjung ke Wisata Siti Sundari Lumajang. Teknik sampling menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden, analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attraction, amenity, hospitality, dan environment berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan pada Wisata Siti Sundari, sedangkan variabel accessibility tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan.

References

Al-Ababneh, M. (2013). ServicenQuality and its Impact on Tourist Satisfaction. InterdisciplinarynJournal of Contemporary Research in Business, 164–177.

Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Basuki, dkk. 2016. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Chen, C. F., & Tsai, D. C. (2007). How destination image and evaluative factors affect behavioral intentions? Tourism Management, 28(4), 1115–1122. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2006.07.007

Choi, M. (2022). Experience Economy. Encyclopedia of Tourism Management and Marketing. https://doi.org/10.4337/9781800377486.experience.economy

Della Corte, V. (2015). Customer Satisfaction in Tourist Destination: The Case of Tourism Offer in the City of Naples. Journal of Investment and Management. https://doi.org/10.11648/j.jim.s.2015040101.16

Grönroos, Christian. "A service quality model and its marketing implications." European Journal of marketing 18.4 (1984): 36-44.

Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Yogyakarta: CAPS.

Lai, F., Griffin, M., & Babin, B. J. (2009). How quality, value, image, and satisfaction create loyalty at a Chinese telecom. Journal of Business Research, 62(10), 980–986. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2008.10.015

Medlik, S. and Middleton, V.T.C. (1973). Product formulation in tourism. Tourism and Marketing, 13.

Mohamad, M., Abdullah, A. R., & Mokhlis, S. (2012). Tourists’ Evaluations of Destination Image and Future Behavioural Intention: The Case of Malaysia. Journal of Management and Sustainability, 2(1), 181–189. https://doi.org/10.5539/jms.v2n1p181

Naidoo, P, Munhurrun, P, Ladsawut, J. (2010). Tourist Satisfaction With Mauritius As a. Global Journal of Business Research, 4(2), 113–123.

Naidoo, P., Ramseook-munhurrun, P., & Ladsawut, J. (2010). Tourist satisfaction with mauritius as a holiday destination. Journal of Business Research, 4(2), 113–124.

Roscoe, J. T. (1982). Research methods for business. Boston: Kent.

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS.

Smith, S. L. J. (1994). The tourism product. Annals of Tourism Research, 21(3), 582–595. https://doi.org/10.1016/0160-7383(94)90121-X https://salsawisata.com/wisata-siti-sundari/

Downloads

Published

2023-06-29