Pengaruh Penerapan Green Marketing dan Green Trust Terhadap Pembelian Ulang Produk
DOI:
https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.456Keywords:
Pemasaran Hijau, Kepercayaan Hijau, Niat Membeli UlangAbstract
Meskipun penelitian tentang perilaku konsumen semakin meningkat, namun masih sedikit penelitian yang dapat dilakukan untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap green trust, dan niat beli ulang dalam pemilihan produk air minum dalam kemasan (AMDK). Oleh karena itu, dengan menggunakan data dari 100 konsumen AMDK di Kota Makassar, penelitian ini mengkaji hubungan tersebut. Empat hipotesis diajukan, baik untuk melihat hubungan langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara green marketing dan pembelian kembali tidak signifikan. green marketing mampu meningkatkan green trust, green trust mampu memberikan dampak positif terhadap pembelian ulang produk, dan green marketing mampu meningkatkan pembelian kembali produk air minum dalam kemasan melalui green trust. Kajian ini dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan inovasinya terkait penerapan green marketing terkait dengan peningkatan pembelian ulang produk. Secara praktis, temuan ini dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dan citra perusahaan dalam mendukung gerakan ramah lingkungan dalam memenuhi tuntutan dan keinginan pelanggan
References
Abzari, M., Safari Shad, F., Abedi Sharbiyani, A. A., & Parvareshi Morad, A. (2013). Studying the effect of green marketing mix on market share increase. European Online Journal of Natural and Social Sciences: Proceedings, 2(3 (s)), pp-641.
Agustin, R. D., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(2).
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1975). A Bayesian analysis of attribution processes. Psychological Bulletin, 82(2), 261.
Amalia, R. (2021). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Minat Beli Ulang Produk Love Beauty and Planet. UNIVERSITAS BAKRIE.
Arifin, Nasir, M., Murfat, M. Z., & Syahnur, M. H. (2022). Statistik (M. N. Hamzah (ed.)). Eureka Media Aksara.
Atkinson, L., & Rosenthal, S. (2014). Signaling the green sell: The influence of eco-label source, argument specificity, and product involvement on consumer trust. Journal of Advertising, 43(1), 33–45.
Chen, Y.-S., Lin, C.-Y., & Weng, C.-S. (2015). The influence of environmental friendliness on green trust: The mediation effects of green satisfaction and green perceived quality. Sustainability, 7(8), 10135–10152.
Dewanti, T. R., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Green Brand Image Terhadap Green Trust Serta ImplikasinyaTerhadap Green Purchase Intention (Survei Online pada Calon Konsumen Lush Fresh Handmade Cosmetic di Indonesia). SkripsiFakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya.
Ferdinand, A. (2002). Structural equation modeling in management research. Fakultas Ekonomi UNDIP: Semarang.
Govender, J. P., & Govender, T. L. (2016). The influence of green marketing on consumer purchase behavior. Environmental Economics, 7, Iss. 2, 77–85.
Griffin, J. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Groening, C., Sarkis, J., & Zhu, Q. (2018). Green marketing consumer-level theory review: A compendium of applied theories and further research directions. Journal of Cleaner Production, 172, 1848–1866.
Hawkins, D., & David L, M. (2015). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy 11th Ed.
Janah, Y. K., & Nugroho, R. H. (2023). Pengaruh Green Marketing terhadap Pembelian Ulang pada Produk Brand Avoskin. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 22(1), 85–102.
Lam, A. Y. C., Lau, M. M., & Cheung, R. (2016). Modelling the relationship among green perceived value, green trust, satisfaction, and repurchase intention of green products. Contemporary Management Research, 12(1).
Lestari, E. R., Putri, H. K., Anindita, C., & Laksmiari, M. B. (2020). Pengaruh green product (minuman ramah lingkungan), green advertising, dan kepedulian lingkungan terhadap green trust dan implikasi terhadap minat beli. Jurnal Teknologi Pertanian, 21(1), 1–10.
Nurjannah, N., Erwina, E., Basalamah, J., & Syahnur, M. H. (2022). THE IMPACT OF E-CRM AND CUSTOMER EXPERIENCE ON E-COMMERCE CONSUMER LOYALTY THROUGH SATISFACTION IN INDONESIA. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12 (1), 56–69.
Prameka, A. S., & Kurniawan, D. T. (2021). Peran green marketing pada repurchase intention merek kopi ramah lingkungan di Indonesia. Jurnal Istiqro, 7(2), 151–162.
Rahmadewi, T., Farida, N., & Dewi, R. S. (2015). Pengaruh Crm Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembeian Ulang Melalui Brand Trust Pada PT. Nasmoco Pemuda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 243–254.
Rizwan, M., Mahmood, U., Siddiqui, H., & Tahir, A. (2014). An empirical study about green purchase intentions. Journal of Sociological Research, 5(1), 290–305.
Said, S., Gani, A. A., Taufan, R. R., Syahnur, M. H., & Basalamah, J. (2020). Green Marketing Practice In Purchasing Decision Home Care Product. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 9(06), 893–896.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Handbook of Market Research, 1–47. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-2
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2009). Consumer behavior. In Harlow, England: Prentice Hall.
Sreen, N., Purbey, S., & Sadarangani, P. (2018). Impact of culture, behavior and gender on green purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 41, 177–189.
Suprapto, D. Y., & Efendi, E. (2018). Analisis Mediasi Green Trust Pada Purchase Intention Produk Green. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 16(3), 182–194.
Syahnur, M. H., & Bahari, A. F. (2023). Determinants of Neighborhood References, and Environmental Stimuli on Purchasing Decisions for Halal Products for Consumers. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 3(1), 20–33.
Tajuddin, I., Mahmud, A., & Syahnur, M. H. (2023). Determinants of Strategic Factors for Digital Transformation in Micro and Small Enterprise in Makasar City. Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi, 12(1), 131-144.
Taufique, K. M. R., Vocino, A., & Polonsky, M. J. (2017). The influence of eco-label knowledge and trust on pro-environmental consumer behaviour in an emerging market. Journal of Strategic Marketing, 25(7), 511–529.
Wenur, C., Mandey, S., & Tumbuan, W. A. (2015). Pengaruh Strategi Green Marketing, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna The Body Shop, Manado Town Square. Jurnal EMBA, 3(2), 283–293.
Yadav, R., & Pathak, G. S. (2017). Determinants of consumers’ green purchase behavior in a developing nation: Applying and extending the theory of planned behavior. Ecological Economics, 134, 114–122.
Yahya, Y. (2022). PERAN GREEN MARKETING, GREEN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(1), 17–38.
Yazdanifard, R., & Mercy, I. E. (2011). The impact of green marketing on customer satisfaction and environmental safety. International Conference on Computer Communication and Management, 5(1), 637–641.
Yuliana, R., & Pantawis, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Green Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Skincare di Kota Semarang. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 4(1), 79–86.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mukhammad Idrus, Serlin Serang, Ramlawati Ramlawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.