Peran Kualitas Layanan Elektronik Mobile dalam Meningkatkan Penjualan: Kerangka Konseptual dan Evaluasi Empiris
DOI:
https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.467Keywords:
Kualitas Layanan; Keputusan Pembelian; BUMNAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak Kualitas Layanan Melalui Aplikasi PLN Mobile terhadap penjualan Tenaga Listrik di PT PLN (persero) UP3 Pinrang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Data primer dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pelanggan baru yang memasang listrik prabayar dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih secara aksidental. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji validitas dan reliabilitas, serta uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokesdastisitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi penjualan tenaga listrik di PT. PLN (Persero) UP3 Pinrang adalah Efisiensi, Pemenuhan Kebutuhan, Ketersediaan Sistem, dan Privasi atau Keamanan. Variabel yang paling berpengaruh adalah Pemenuhan Kebutuhan, berdasarkan hasil uji parsial.References
Anoraga, Pandji. (2009). Manajemen Bisnis, Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ke 4. Semarang : Universitas Diponegoro.
Arifin, A., Nasir, M., Murfat, M. Z., & Syahnur, M. H. (2023). Matematika Ekonomi dan Bisnis.
Bandu, Muh Yunus.“ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Rayon Makassar Barat” Makassar: Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. 2013.
Direktorat Niaga dan Manajemen Pelanggan Divisi Pelayanan Pelanggan Retail, 2021, BUKU LAYANAN NIAGA PT PLN (PERSERO) PADA APLIKASI NEW PLN MOBILE, PT PLN (Persero) Kantor Pusat, Jakarta
Fitriana, Jeni Kamase, Ramlawati, Zainuddin Rahman. (2021). The Effect of Integrated Marketing Communication on Image, Satisfaction and Loyalty of Hotel Guests in Makassar City. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences 3.2 :74-91
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi, Semarang : Universitas Diponegoro.
Herman, Jeni Kamase, Syamsu Nujum, & Ratna Dewi. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Perbaikan Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. JURNAL EKONOMI GLOBAL 1.2 :185-199
Husein Umar, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1998) hal. 36
Islam, Muh. Syaiful , Hamzah Nasir , Mahmud Amir. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Unit Siwa Kabupaten Wajo. Makassar : Magister Manajemen, Universitas Muslim Indonesia
Kotler dan Philip. Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen pemasaran. edisi 14 Jilid Erlangga. Jakarta.
Kotler, P dan Keller. K.L. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson.
Kotler, Philip and Garry Amstrong. 2012. Principles of marketing. new jersey: pearson education limited
Mas'ud, Fuad. (2004). Survai Diagnosis Organisasional, Semarang : Universitas Diponegoro.
Mathis, Robert L dan John H. Jackson. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Buku Dua. Jakarta : Salemba Empat.
Muhammad Basir, Basri Modding, Jeni Kamase, dan Sabri Hasan (2015) Effect of Service Quality, Orientation Services and Pricing on Loyalty and Customer Satisfaction in Marine Transportation Services. International Journal of Humanities and Social Science Invention 4.6 :1-6
Murdifin, I., Nasir, M., Ashoer, M., & Syahnur, M. H. (2021). Determination of internet banking customer satisfaction-Study at SOE bank in Indonesia. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(1), 127-140.
Serang, S., Ramlawati, R., & Syahnur, M. H. (2022). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Transportasi Online di Kota Makassar). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2310-2319.
Sugiyono, (2016). Statistik Untuk Penelitian. Cetakan Kedua Puluh Tujuh, Penerbit : Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuesioner, dan Proses Analisis Data Perilaku Organisasional, Yogyakarta : Center of Academy Publishing Service.
Syahnur, M. H., & Bahari, A. F. (2023). Determinants of Neighborhood References, and Environmental Stimuli on Purchasing Decisions for Halal Products for Consumers. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 3(1), 20-33.
Tim Penyusun MPSDTL UP3 Pinrang, 2021, MASTER PLAN SISTEM DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK UP3 PINRANG TAHUN 2021 – 2025, PLN UP3 Pinrang, Pinrang
Tjiptono, F dan Chandra. G. (2016). Service Quality Dan Satisfaction. Edisi Keempat. Penerbit : Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Cetakan Ketujuh, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta
www.layanan.pln.co.id diakses pada tanggal 04 April 2022
www.web.pln.co.id diakses pada tanggal 04 April 2022
http://repo.darmajaya.ac.id/292/5/4%20BAB%20III.pdf
http://research.kalbis.ac.id/Research/Files/Article/Full/8QQEEJNQRICUUKPA12MPA8NST.pdf
https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3065/7/13_UNIKOM_21215147_AriFarhanurRifky_BAB%20II.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ratna Dewi, Hanif Arfan, Munawir Nasir, Ismail H A
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.