Anteseden dan Dampak Penggunaan Social Commerce Terhadap Kinerja Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i2.830Keywords:
self efficacy of social media; persepsi manfaat; persepsi kemudahaan penggunaan; social commerce; kinerja penjualanAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis anteseden dan dampak penggunaan social commerce terhadap kinerja penjualan. Populasi penelitian ini pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang melakukan penjualan dengan media sosial. Responden penelitian ini berjumlah 104 responden. Teknik analisis data menggunakan partial least square dengan bantuan alat WarpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa self efficacy of social media berpengaruh terhadap persepsi kemudahaan penggunaan dan persepsi manfaat yang akhirnya persepsi kemudahaan penggunaan dan persepsi manfaat akan mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk menggunakan social commerce dan penggunaan social commerce akan meningkatkan kinerja penjualan
References
Agung, D. p. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahaan Penggunaan dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Beli Pelanggan Melalui Sikap Pelanggan Sebagai Mediasi pada Tokopedia.com. Agora, 8(1).
Akhwan. (2019). Era Industri 4.0 UMKM di Kulon Progo Harus Melek Teknologi Digital. Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kulon Progo.
Amijaya, G. R. (2020). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Interfaces, 30, 117–118.
Anshori, R. (2020). Data UMKM Penerima Bansos Rp 2,4 Juta di Yogyakarta. Tagar.Id.
Bapeda. (2020). Koperasi dan UKM. http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/107-ukm#15
Compeau, D. R., & Higgins, C. A. (1995). Computer Self-Efficacy: Development of a Measure and Initial Test. MIS Quarterly, 19(2).
Compeau, Higgins. (1995). Computer self-efficacy: Development of a measure and initial test. MIS Quarterly: Management Information Systems.
Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982
Davis, Fred. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.
Dewi, N. M. A. P., & Warmika, I. G. K. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2606–2636.
F., R., Santoso, B., & Dewi, E. (2020). STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA MINI MARKET DI MUTIARA MART ROWOTENGAH JEMBER. International Journal of Social Science and Business, 4(2). https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25891
Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (1st ed.). Andi Offset.
Hartono, J., & Abdillah, W. (2014). Konsep dan Aplikasi (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris (1st ed.). BPFE UGM.
Hermawan, H., Sularso, R. A., Yulisetiarani, D., & Sukarno, H. (2021). THE INFLUENCE OF MARKETING COMMUNICATION, RELATIONSHIP COMMITMENT, BUSINESS TO CONSUMER RELATIONSHIP QUALITY ON CUSTOMER LOYALTY IN THE BREAD INDUSTRY. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(7).
Hernandez, B., Jimenez, J., & Jose Martin, M. (2009). The impact of self-efficacy, ease of use and usefulness on e-purchasing: An analysis of experienced e-shoppers. Interacting with Computers, 21(1–2), 146–156. https://doi.org/10.1016/j.intcom.2008.11.001
Hidayatulloh, A. (2021). Faktor Kesuksesan Penggunaan Aplikasi Daring untuk Proses Pembelajaran Akuntansi Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi: Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansu, 9(1), 1–4.
Hidayatulloh, A., Maulana, R., & Nugroho, A. D. (2019). Determinan Individu Untuk Social Commerce: Kajian Theory of Planned Behavior dan Technology Acceptance Model. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 15(1), 48–60. https://doi.org/10.24127/akuisisi.v15i1.460
Insyroh, W., Setyowati, T., & Santoso, B. (2018). Determinan Kualitas Pelayanan, Harga dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Telkomsel Flash Di Bondowoso. International Journal of Social Science and Business, 2(3). https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16212
Juniarto, A. (2020). Jumlah UMKM Bantul Menyusut.
Pramuki, N. M. W. A., & Ayu, P. C. (2020). Anteseden Penggunaan Media Sosial UMKM : Dalam Perspektif Teori Model Penerimaan Teknologi. Jurnal Penelitian Dan Penelitian Sementara Internasional, 11(04), 21776–21786.
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial pada Usaha Kecil Menegah (UKM). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 42–46.
Purbasari, H., & Veno, A. (2019). Analisis Pengaruh Sales Training Terhadap Efektivitas Penjualan Dengan Dimediasi Kinerja Penjualan (Medical Representatif). Inventory: Jurnal Akuntansi, 3(1), 11. https://doi.org/10.25273/inventory.v3i1.4192
Purwantini, A. H., & Anisa, F. (2018). Analisis Pemanfaatan Social Commerce bagi UMKM: Anteseden dan Konsekuen. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 16(1), 47–63. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v16i1.2413
Qomariah, N. (2012). Pengaruh kualitas layanan dan citra institusi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi pada universitas muhammadiyah di Jawa Timur). JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, 10(1).
Sari, Y., & Hidayatulloh, A. (2019). Antecedents of the Utilization of Social Media and its Impact on Micro and Small Enterprises Performances. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 120–128.
Santoso, B., & Alawiyah, T. (2021). Service Quality as A Measurement of Customer Satisfaction of Indonesian Sharia Bank Using Important Performance Analysis Method. International Journal of Social Science and Business, 5(2).
Setyorini, D., Nurhayati, E., & Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), 501–509.
Setyowati, E. O. T., & Respati, A. D. (2017). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Computer Self Efficacy, Dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 63. https://doi.org/10.21460/jrak.2017.131.281
Sharp, J. H. (2006). Development, Extension, And Application: A Review Of The Technology Acceptance Model (Proceedings of the Information Systems Education Conference).
Sleman, D. K. U. K. (2020). Data UMKM. https://dinkopukm.slemankab.go.id/data-statistik/data-ukm/
Susanto, H. (2020). Jumlah UMKM yang Diusulkan Dapat Bantuan di Kulon Progo. Tagar.Id.
Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1).
Wang, Y. S., Wang, Y. M., Lin, H. H., & Tang, T. I. (2003). Determinants of User Acceptance of Internet Banking: An Empirical Study. In International Journal of Service Industry Management (Vol. 14, Issue 5). https://doi.org/10.1108/09564230310500192
Weng, F., Yang, R. J., Ho, H. J., & Su, H. M. (2018). A tam-based study of the attitude towards use intention of multimedia among school teachers. Applied System Innovation, 1(3), 1–9. https://doi.org/10.3390/asi1030036
Yuliastuti, N. (2020). 16.642 UMKM Gunung Kidul peroleh Banpres Produktif Usaha Mikro. Antaranews.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anung Wahyu Saputri, Amir Hidayatulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.