Peran E-Content dan E-Review Dalam Meningkatkan Online Trust dan Impulse Buying Pada Generasi Y dan Z

Authors

  • Nia Audina Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Margaretha Ardhanari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Deatri Arumsari Agung Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i2.871

Keywords:

E-Content; E-Review; Impulse Buying; Online Trust

Abstract

Hasil studi ini ditujukan untuk memberikan insights bagi pelaku usaha online agar dapat merancang strategi secara lebih efektif untuk meningkatkan online impulse buying dari konsumen, dengan menguji pengaruh e-content dan e-review terhadap online impulse buying pada marketplace. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis adanya perbedaan pengaruh terhadap online impulse buying pada generasi Y dan Z, yang masih belum banyak diteliti di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data yang digunakan adalah data primer. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Total keseluruhan kuesioner yang diolah dalam penelitian ini berjumlah 167 sampel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dari e-content dan e-review terhadap online impulse buying. Selain itu, terdapat perbedaan pengaruh terhadap online impulse buying pada generasi Y dan Z, dimana saat usia konsumen semakin tua maka keinginan untuk melakukan online impulse buying akan semakin menurun dan begitu juga sebaliknya. Kebaruan dari penelitian ini dapat ditemukan pada peran dua dimensi atmospheric cues yaitu e-content dan e-reviews terhadap online impulse buying, yang belum banyak diteliti. Penelitian ini juga melakukan uji beda terhadap online impulse buying pada generasi Y dan Z, yang memiliki perbedaan perilaku dan merupakan sebuah tantangan bagi peritel online.

Author Biographies

Nia Audina, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Alumni of Department of Management, Faculty of Business

Margaretha Ardhanari, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Department of Management, Faculty of Business

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis (D. Prabantini, Ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896–906. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p896-906

Ali, A., & Hasnu, S. A. F. (2013). An Analysis Of Consumers’ Characteristics On Impulse Buying: Evidence From Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 5(2), 560–570.

Ali, H., Purwandi, L., Nugroho, H., Halim, T., Firdaus, K., & Huda, N. (2020). Indonesia Gen Z And Millennial Report 2020: The Battle Of Our Generation.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh kepercayaan dan risiko pada minat beli belanja online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155–168.

Auliya, Z. F., Umam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Costumer Reviews (OTRs) dan Rating: Kekuatan Baru pada Pemasaran Online di Indonesia. Jurnal Ilmiah Bidang Ekonomi Bisnis Dan Perbankan (EBBANK), 8(1), 89 – 98.

Black, K. (2023). Business Statistics: For Contemporary Decision Making (11th ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Darmawan, E. S., & Respati, S. (2022). Hasil Riset Ipsos: Shopee jadi E-Commerce yang Paling Banyak Digunakan pada 2021. Retrieved June 30, 2022, from Kompas.com website: https://money.kompas.com/read/2022/01/31/204500426/hasil-riset-ipsos-shopee-jadi-e-commerce-yang-paling-banyak-digunakan-pada?page=all#page2

F., R., Santoso, B., & Dewi, E. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Swot Pada Mini Market Di Mutiara Mart Rowotengah Jember. International Journal of Social Science and Business, 4(2). https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25891

Floh, A., & Madlberger, M. (2013). The role of atmospheric cues in online impulse-buying behavior. Electronic Commerce Research and Applications, 12(6), 425–439. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2013.06.001

Ghani, U., & Jan, F. A. (2011). An Exploratory Study of the Impulse Buying Behaviour of Urban Consumers in Peshawar. 2010 International Conference on Business and Economics Research, 157–159. Kuala Lumpur: IACSIT Press.

Hanifah, N., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online Pada Masa Pandemi COVID-19. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 112–122.

Hermawan, H., Sularso, R. A., Yulisetiarani, D., & Sukarno, H. (2021). The Influence Of Marketing Communication, Relationship Commitment, Business To Consumer Relationship Quality On Customer Loyalty In The Bread Industry. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 18(7).

Ignatius, J. S., & Hechanova, Ma. R. M. (2014). Internet Usage From A Generational Perspective. Philippine Journal of Psychology, 47(1), 73–92.

Insyroh, W., Setyowati, T., & Santoso, B. (2018). Determinan Kualitas Pelayanan, Harga dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Telkomsel Flash Di Bondowoso. International Journal of Social Science and Business, 2(3). https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16212

Karim, N. U., Nisa, N. un, & Imam, S. S. (2021). Investigating the Factors that Impact Online Shopping and Sales Promotion on Consumer’s Impulse Buying Behavior: A Gender-based Comparative Study in the UAE. International Journal of Business and Administrative Studies, 7(3). https://doi.org/10.20469/ijbas.7.10002-3

Koch, J., Frommeyer, B., & Schewe, G. (2020). Online Shopping Motives during the COVID-19 Pandemic—Lessons from the Crisis. Sustainability, 12(24), 10247. https://doi.org/10.3390/su122410247

Lidwina, A. (2021). Pola Belanja Online di Kalangan Anak Muda Berubah saat Pandemi. Retrieved June 30, 2022, from Katadata Media Network website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/03/Pola-Belanja-Online-Di-Kalangan-Anak-Muda-Berubah-Saat-Pandemi

Liputan6. (2022). Transaksi E-Commerce Indonesia Rp 108,54 Triliun di Kuartal I-2022. Retrieved December 30, 2022, from Liputan 6 website: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5032523/Transaksi-E-Commerce-Indonesia-Rp-10854-Triliun-Di-Kuartal-I-2022

Lissitsa, S., & Kol, O. (2016). Generation X vs. Generation Y – A decade of online shopping. Journal of Retailing and Consumer Services, 31, 304–312. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.04.015

Liu, Y., Li, H., & Hu, F. (2013). Website attributes in urging online impulse purchase: An empirical investigation on consumer perceptions. Decision Support Systems, 55(3), 829–837. https://doi.org/10.1016/j.dss.2013.04.001

Moreno, D. E., Fabre, E., & Pasco, M. (2022). Atmospheric Cues Roles: Customer’s Online Trust, Perceived Enjoyment, and Impulse Buying Behavior. Open Journal of Business and Management, 10(01), 223–244. https://doi.org/10.4236/ojbm.2022.101014

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Ordun, G. (2015). Millennial (Gen Y) Consumer Behavior Their Shopping Preferences And Perceptual Maps Associated With Brand Loyalty. Canadian Social Science, 11(4), 40–55.

Putra, F. K. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Usia Dan Gender Terhadap Impulse Buying Produk Fashion (Survey Pada Konsumen Produk Fashion Di Malang Town Square (Matos). Manajemen Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.22219/jmb.v6i1.5383

Putri, N. H. (2019). Tingkat Kepercayaan Konsumen Remaja Generasi Z Di Surabaya Terhadap Brand Marketplace Lazada Indonesia. Universitas Airlangga.

Qomariah, N. (2012). Pengaruh kualitas layanan dan citra institusi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi pada universitas muhammadiyah di Jawa Timur). JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, 10(1).

Riskita, A. (2022). Karakteristik Pelanggan Pria dan Wanita, Ini Bedanya! Retrieved December 30, 2022, from SIRCLO website: https://store.sirclo.com/blog/beda-karakteristik-pelanggan-pria-dan-wanita/

Rossa, A., & Ashfath, F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan terhadap Impulse Buying Pengguna SPaylater (Shopee Paylater) di Jadetabek. Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen Politeknik Negeri Jakarta (SNAM PNJ). Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta.

Santoso, B., & Alawiyah, T. (2021). Service Quality as A Measurement of Customer Satisfaction of Indonesian Sharia Bank Using Important Performance Analysis Method. International Journal of Social Science and Business, 5(2).

Sarah, F. H., Goi, C. L., Chieng, F., & Taufique, K. M. R. (2021). Examining the Influence of Atmospheric Cues on Online Impulse Buying Behavior across Product Categories: Insights from an Emerging E-Market. Journal of Internet Commerce, 20(1), 25–45. https://doi.org/10.1080/15332861.2020.1836593

Servanda, I. R. S., Sari, P. R. K., & Ananda, N. A. (2019). Peran Ulasan Produk Dan Fot Produk Yang Ditampilkan Penjual Pada Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Pria Dan Wanita. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 69–79. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i2.526

Setianingsih, W. E., & Nursaidah, N. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels? Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1). https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601

Shi, X., & Liao, Z. (2017). Online consumer review and group-buying participation: The mediating effects of consumer beliefs. Telematics and Informatics, 34(5), 605–617. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.12.001

Sihare, S. R. (2018). Roles of E–content for E–business: Analysis. International Journal of Information Engineering and Electronic Business, 10(1), 24–30. https://doi.org/10.5815/ijieeb.2018.01.04

SkalaNews. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Retrieved June 30, 2022, from KOMINFO website: https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media

Tarigan, E. D. S. (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan E-Service Quality Terhadap Trust Belief Dalam Berbelanja Online Tokopedia Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 1685–1698. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1340

Tirtaasari, Y. D., Hidayati, N., & Wahono, B. (2021). Pengaruh Price Discount, Shopping Lifestyle Dan Consumer Trust Terhadap Impulse Buying Pada Situs Marketplaces Shopee (Studi Pada Mahasiswa Feb Unisma Pengguna Aplikasi Shopee). E – Jurnal Riset Manajemen, 10(9), 46–57.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1).

Wang, L., Law, R., Guillet, B. D., Hung, K., & Fong, D. K. C. (2015). Impact of hotel website quality on online booking intentions: eTrust as a mediator. International Journal of Hospitality Management, 47, 108–115. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2015.03.012

Wood, Stacy. (2013). Generation Z as consumers: trends and innovation. Institute for Emerging Issues: NC State University, 119(9), 7767–7779.

Zhang, K. Z. K., Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2014). Examining the moderating effect of inconsistent reviews and its gender differences on consumers’ online shopping decision. International Journal of Information Management, 34(2), 89–98. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2013.12.001

Zhang, W., Leng, X., & Liu, S. (2023). Research on mobile impulse purchase intention in the perspective of system users during COVID-19. Personal and Ubiquitous Computing, 27(3), 665–673. https://doi.org/10.1007/s00779-020-01460-w

Downloads

Published

2023-12-29