Peranan Kepuasan Wisatawan Dalam Memediasi Citra Destinasi Dan Fasilitas Wisata Yang Berdampak Pada Minat Kunjung Ulang Wisatawan Ijen Geopark Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i2.927Keywords:
Citra, Fasilitas, Kepuasan Dan Minat Kunjung UlangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan kepuasan wisatawan dalam memediasi hubungan antara citra destinasi dan fasilitas wisata dengan minat kunjung ulang wisatawan di Ijen Geopark, Bondowoso. Populasi penelitian ini adalah pengunjung ijen Geopark Kabupaten Bondowoso yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 300 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dimana peneliti secara selektif memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi yang relevan. Pertimbangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden dengan usia di atas 17 tahun dan minimal pernah mengunjungi Ijen Geopark sebanyak satu kali. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis jalur untuk menguji hubungan antara citra destinasi, fasilitas wisata, kepuasan wisatawan, dan minat kunjung ulang wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan wisatawan memediasi hubungan antara citra destinasi dan fasilitas wisata dengan minat kunjung ulang wisatawan di Ijen Geopark, Bondowoso. Citra destinasi dan fasilitas wisata secara positif berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Selanjutnya, kepuasan wisatawan juga berpengaruh positif terhadap minat kunjung ulang wisatawan. Temuan ini menunjukkan pentingnya meningkatkan citra destinasi dan fasilitas wisata untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, yang pada gilirannya akan berdampak pada minat kunjung ulang wisatawan di Ijen Geopark.
References
Armstrong, G., & Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Erlangga.
Anggaraini, N. V., Arifin, M., Farida, N., & Maulidatus, S. (2021). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Ekonomi Islam. IQTISADIE:, 1, 25–44.
Aprilia, D., Pujiastuti, E. E., & Hadi, L. (2019). Pengaruh Citra Destinasi, E-Wom, Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Kepercayaan (Studi Pada Wisatawan yang berkunjung Tebing Breksi Daerah Istimewa Yogyakarta). DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 85-95. www.google.com/search?safe==Taman
Basiya, O. :, Hasan, D., & Rozak, A. (2012). Kualitas Dayatarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara DI JAWA TENGAH. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11(2). https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/pdk1/article/view/1715
Burlando, M., Firpo, M., Queirolo, C., Rovere, A., & Vacchi, M. (2011). From geoheritage to sustainable development: Strategies and perspectives in the Beigua Geopark (italy). Geoheritage, 3(2), 63–72. https://doi.org/10.1007/S12371-010-0019-4/METRICS
Campelo, A., Aitken, R., Thyne, M., & Gnoth, J. (2014). Sense of place: The importance for destination branding. Journal of Travel Research, 53(2), 154–166. https://doi.org/10.1177/0047287513496474
Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012). The impact of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems, 54(1), 461–470. https://doi.org/10.1016/J.DSS.2012.06.008
Çoban, & Suzan. (2012). The effects of the ımage of destination on tourist satisfaction and loyalty: the case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29(2), 222–232. http://acikerisim.nevsehir.edu.tr/xmlui/handle/20.500.11787/1837
Çoban, & Suzan. (2012). The effects of the ımage of destination on tourist satisfaction and loyalty: the case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29(2), 222–232. http://acikerisim.nevsehir.edu.tr/xmlui/handle/20.500.11787/1837
Fitri, J. Z., Putu, N., & Madiawati, S. T. (2020). Potential Market, Elektronik Word Of Mouth (E-Wom ), Media Sosial Yang Mempengaruhi Citra Destinasi Dan Berdampak Kepada Minat Berkunjung Ke Taman Wisata Hutan Mangrove Sebalang, Desa Tarahan, Lampung Selatan. EProceedings of Management, 7(Desember), 6900.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanif, A., Kusumawati, A., & Kholid Mawardi, M. (2016). Pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan (Studi pada wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 38(1).
Indaryani, M., Andriyani Budiman, N., Mulyani, S., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., Muria Kudus Gondangmanis, U., Tengah, J., & Studi Akuntansi, P. (2020). Dampak Covid-19 dan Pemanfaatan Insentif Pajak terhadap Keberlangsungan Usaha pada UMKM Tenun Troso Jepara. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(3), 276–285. https://doi.org/10.33059/JMK.V9I3.3035
Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30–36. https://doi.org/10.21107/JSMB.V7I1.7447
Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30–36. https://doi.org/10.21107/JSMB.V7I1.7447
J, J., & Rahmawati, N. L. (2015). Pengaruh City Branding terhadap Image Of Urban Destination dan Dampaknya pada Post-Visit Behavior. TRIKONOMIKA, 14(1), 66–75. https://doi.org/10.23969/TRIKONOMIKA.V14I1.593
Kock, F., Josiassen, A., & Assaf, A. G. (2016). Advancing destination image: The destination content model. Annals of Tourism Research, 61, 28–44. https://doi.org/10.1016/J.ANNALS.2016.07.003
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. PT. Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. PT. Indeks.
Lin, C., Wu, Y.-S., & Chen, J.-C. V. (2013). ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH: THE MODERATING ROLES OF PRODUCT INVOLVEMENT AND BRAND IMAGE. Proceedings of 2013 International Conference on Technology Innovation and Industrial Management , 29(31), 23–29.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. https://repo.pelitabangsa.ac.id/xmlui/handle/123456789/1568
Nam, J., Ekinci, Y., & Whyatt, G. (2011). Brand equity, brand loyalty and consumer satisfaction. Annals of Tourism Research, 38(3), 1009–1030. https://doi.org/10.1016/J.ANNALS.2011.01.015
Nurhayati, N., Deni, R., Danial, M., & Ramdan, A. M. (2019). Peran Citra Destinasi Dalam Meningkatkan Niat Wisatawan Berkunjung Kembali (Studi Kasus Pada Pengunjung Puncak Darma Geopark Cileutuh Kabupaten Sukabumi). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8(10), 1123–1134.
Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Citra Merek Terhadap Minat Belanja Konsumen Di Batam | Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. (n.d.). Retrieved December 28, 2022, from http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2422
Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata | Isman | Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis. (n.d.). Retrieved December 28, 2022, from https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/7447
Permadi, L. A., Ula, L. V., & Sakti, D. P. B. (2020). Pengaruh Fasilitas wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Pantai Senggigi Di Tengah Wabah Covid-19. Jmm Unram - Master Of Management Journal, 9(2), 212–219. https://doi.org/10.29303/jmm.v9i2.550
Pratama, B. P., Hidayatullah, S., Alvianna, S., & ... (2021). Mediation effect of customer satisfaction from the relationship between system quality, information quality, and service quality towards interests of tourist visiting in East …. … Journal of Innovative …. https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3269/
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. CV Pustaka Setia.
Rahma, M. (2019). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Domestik Wisata Alam Dan Sejarah Di Kawasan Geopark Silokek Kabupaten Sijunjung). Jurnal Manajemen Universitas Putra Indonesia, 2, 27–41.
Reza Jalilvand, M., Samiei, N., Dini, B., & Yaghoubi Manzari, P. (2012). Examining the structural relationships of electronic word of mouth, destination image, tourist attitude toward destination and travel intention: An integrated approach. Journal of Destination Marketing and Management, 1(1–2), 134–143. https://doi.org/10.1016/J.JDMM.2012.10.001
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). The Effect of Organizational Culture On Lecturers’ Job Satisfaction and Performance (A Research in Muhammadiyah University throughout East Java). International Journal of Learning and Development, 3(3), 1. https://doi.org/10.5296/ijld.v3i3.3673
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 1(6), 755–764. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/404
Sopiah, S., & Sangadji, E. M. (2021). The Effect of Lecturer Commitment on Student Academic Achievement toward Student Satisfaction through Perceived Teaching Quality. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(2), 50–57. https://doi.org/10.17977/UM048V25I2P50-57
Sugiyono. (2019). manajemen strategi. Gramedia.
Sunartomo, A. F. (2016). Kapasitas Penyuluh Pertanian Dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Pertanian Di Jawa Timur. Agriekonomika, 5(2). https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v5i2.1343
Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar manajemen pemasaran, konsep, strategi, dan kasus. http://library.stik-ptik.ac.id
Sutarso, Y., Halim, R. E., Balqiah, T. E., & Tjiptoherijanto, P. (2017). The role of co-creation activities, trust and gender on higher education marketing performance. European Research Studies Journal, XX, 825–845. https://www.um.edu.mt/library/oar/handle/123456789/30471
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian,. Andi.
Utama, I. P. H. B., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Peran Citra Destinasi Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan (Studi Pada Obyek Wisata Taman Edelweis Bali). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1230. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p01
Zavattaro, S. M. (2014). Place branding through phases of the image: Balancing image and substance. Place Branding through Phases of the Image: Balancing Image and Substance, 1–185. https://doi.org/10.1057/9781137394514
Cahyono, D. (2020). Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan. International Journal OF Social Science AND Business, 4(1), 116–122.
Cahyono, D., & Rachmaniyah, A. (2020). Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Indonesia dan Malaysia. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 5(2), 264–284. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIA/article/view/28852
Fathiah, K. S., Martini, N. N. P., Sanosra, A., & Qomariah, N. (2021). The Impact of Competence and Work Environment on Employee Motivation and Performance in The Financial and Asset Management Division. Calitatea, 22(185), 52–63. https://doi.org/10.47750/QAS/22.185.08
Hafidzi, A. H., & Qomariah, N. (2022). The Role of Return on Asset Mediation in Influencing Corporate Social Responsibility on Stock Returns in Manufacturing Companies. Quality - Access to Success, 23(186), 230–236. https://doi.org/10.47750/QAS/23.186.30
Hafidzi, A. H., Satoto, E. B., & Supeni, R. E. (2023). The Effect of COVID-19 Pandemic on Stock Return of Kompas 100 Index. International Journal of Sustainable Development & Planning, 18(1). https://doi.org/10.18280/ijsdp.180130
Indarto, E. W., Imam, S., Sudaryanto, & Qomariah, N. (2022). The effect of brand image and product attributes on customer satisfaction and customer loyalty. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(3), 457–466.
Prastyowati, A. H., Fadah, I., Yulisetiarini, D., & Tobing, D. S. K. (2021). The role of academic branding reputation in mediating the effects of marketing communication on interest in choosing private universities (pts) in east java. Palarch’s Journal of Archaelogy of Egypt/Egyptology, 18(4), 3761–3777. https://www.archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/6894/6630
Qomariah, N. (2012). Pengaruh kualitas layanan dan citra institusi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi pada universitas muhammadiyah di Jawa Timur). In Jurnal Aplikasi Manajemen (Vol. 10, Issue 1, pp. 177–187).
Qomariah, N., Lusiyati, Martini, N. N. P., & Nursaid. (2022). The Role Of Leadership And Work Motivation In Improving Employee Performance: With Job Satisfaction Intervening Variables. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(3), 611–631. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/2841/1803
Qomariah, N., Sari, M. I., & Budiarti, D. A. (2016). Perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional (pada reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap yang terdaftar di BEI periode 2010-2014). Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 20(3), 417–427. https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.273
Sanosra, A., Hakim, A. R., Cahyono, D., Qomariah, N., & Thamrin, M. (2022). ROLE OF KNOWLEDGE SHARING AND LEADERSHIP STYLE IN IMPROVING EMPLOYEE PERFORMANCE WITH WORK CULTURE AS AN INTERVENING VARIABLE. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(4), 920–937. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14
Santoso, B., & Alawiyah, T. (2021). Service Quality as A Measurement of Customer Satisfaction of Indonesian Sharia Bank Using Important Performance Analysis Method. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 291–296. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index
Santoso, B., & Aprillianto, B. (2019). The Needs and Readiness Analysis of Social Audit Implementation in Indonesia. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.25273/jap.v8i1.3399
Satoto, E. B. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International Journal of Sustainable Development & Planning, 18(5). https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506
Setianingsih, W. E., & Nursaidah, N. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels? Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1), 162–178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601
Supeni, R. E., Nurhayati, Puspitasari, N., Wulandari, D., & Sari, M. I. (2023). Does Indonesian businesswomen entrepreneurial orientation of small and medium enterprises (SMEs) matter in their financial performance? Seybold Rep, 18, 322–340. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/QKBSZ
Susbiyani, A., Halim, M., & Animah, A. (2023). Determinants of Islamic social reporting disclosure and its effect on firm’s value. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 14(3), 416–435.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yudha Praja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.