Strategi Imperatif Perusahaan Eksportir Tembakau Berskala Kecil-Menengah Di Era Global

Authors

  • Riza Wahyu Utami Universitas Argopuro Jember
  • Amirul Mustofa Universitas Dr Soetomo Surabaya
  • Yossi Hendriati STIE Galileo
  • Achmad Mustanir Mufti Universitas Argopuro Jember
  • Tatik Latifa Universitas Argopuro Jember
  • Imam Royani Universitas Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/penelitianipteks.v9i1.1217

Keywords:

Strategi Imperatif, SWOT Analisis, Kualitas SDM, Strategi Marketing, jaringan pemasaran

Abstract

Karya ilmiah ini dilakukan di perusahaan perkebunan tembakau skala menengah-kecil dengan Komoditi Tembakau yang berlokasi di Kabupaten Jember dengan tujuan untuk meningkatkan keunggulan bersaing melalui implementasi dari rumusan strategi yang diformulasikan berdasarkan analisis terhadap kondisi internal (Kekuatan dan Kelemahan) serta kondisi eksternal (Peluang dan Ancaman). Dalam studi ini, karena menggunakan Kualitatif maka pengumpulan data dilakukan dengan cara interview dan melalui penyebaran kuisioner dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Responden pada studi ini adalah Pemilik dan karyawan PT Mangli Djaja Raja (MDR), yaitu perusahaan perkebunan berskala menengah yang ada di Kabupaten Jember. Dalam analisis data, dilakukan dengan SWOT Analisis, dan selanjutnya, dari pembahasan menunjukkan bahwa hasil analisis terhadap semua faktor, disimpulkan yang dapat meningkatkan keunggulan bersaing di pasar global adalah: Meningkatkan kualitas SDM secara terus-menerus menyesuaikan dengan perkembangan Teknologi processing, Meningkatkan kualitas marketing di pasar global baik secara manual maupun IS/IT Based untuk melakukan ekspansi pasar multinasional, Menjalin Kerja sama dengan rekanan yang mempunyai akses global dalam pemasaran komoditi tembakau, Menyesuaikan luasan lahan produksi dengan quota kebutuhan pasar global.

References

Argentesi, E., Buccirossi, P., Calvano, E., Duso, T., Marrazzo, A., & Nava, S. 2021. Merger policy in digital markets: An ex post assessment. Journal of Competition Law and Economics, 17(1): 95–140.

Birkinshaw, J. 2022. Move fast and break things: Reassessing IB research in the light of the digital revolution. Global Strategy Journal, 12: 619–631.

Brouthers, K. D., Chen, L., Li, S., & Shaheer, N. 2022. Charting new courses to enter foreign markets: Conceptualization, theoretical framework, and research directions on non-traditional entry modes. Journal of International Business Studies, 53(9): 2088–2115.

Day, G. S., & Schoemaker, P. J. 2016. Adapting to fast-changing markets and technologies. California Management Review, 58(4): 59–77.

Jean, R.-J.B., Kim, D., Zhou, K. Z., & Cavusgil, S. T. 2021. E-platform use and exporting in the context of Alibaba: A signaling theory perspective. Journal of International Business Studies, 52(8): 1501–1528.

Jean, R. J. B., & Kim, D. 2021. Signaling strategies of exporters on Internet business-to-business platforms. Journal of Management Studies, 58(7): 1869–1898.

Lee, J. Y., Kim, D., Choi, B., & Jiménez, A. 2023. Early evidence on how Industry 4.0 reshapes MNEs’ global value chains: The role of value creation vs. value capturing by headquarters and foreign subsidiaries. Journal of International Business Studies. https://doi.org/10.1057/s41267-022-00596-6.

Durand, R., & Jacqueminet, A. 2015. Peer conformity, attention, and heterogeneous implementation of practices in MNEs. Journal of International Business Studies, 46(8): 917–937.

Lubis, R. (2023). Digital marketing strategy and utilization of SWOT analysis to increase agatis brand sales as a brand new stationery. Enrichment : Journal of Management, 12(6), 5224-5229

Kumar, P., Deodhar, S. J., & Zaheer, S. (2023). Cognitive sources of liability of foreignness in crowdsourcing creative work. Journal of International Business Studies. https://doi.org/10.1057/s41267-022-00538-2.

Madan, S., Savani, K., & Katsikeas, C. S. 2023. Privacy please: Power distance and people’s responses to data breaches across countries. Journal of International Business Studies. https://doi.org/10.1057/s41267-022-00519-5.

Matarazzo, M., Penco, L., Profumo, G., & Quaglia, R. 2021. Digital transformation and customer value creation in Made in Italy SMEs: A dynamic capabilities perspective. Journal of Business Research, 123: 642–656.

Nambisan, S., & Luo, Y. 2022. The digital multinational: Navigating the new normal in global business. MIT Press.

Pelletier, A., Khavul, S., & Estrin, S. 2020. Innovations in emerging markets: The case of mobile money. Industrial and Corporate Change, 29(2): 295–421.

Strange, R., & Zucchella, A. 2017. Industry 4.0, global value chains and international business. Multinational Business Review, 25(3): 174–184.

Tatarinov, K., Ambos, T. C., & Tschang, F. T. (2023). Scaling digital solutions for wicked problems: Ecosystem versatility. Journal of International Business Studies. https://doi.org/10.1057/s41267-022-00526-6.

Published

2024-01-29