This study aims to describe the Analisis Kemampuan Berpikir Matematika Siswa Tunagrahita di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 27 Surabaya

Authors

  • kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Moch. Syakroni Universitas Muhammadiyah Surabaya

Keywords:

Berpikir Matematis, Tunagrahita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir matematis siswa tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika pada materi perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita yang terdiri dari tiga orang. Teknik pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling yang didasarkan pada kriteria siswa yang memiliki kelainan mental tunagrahita. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Sementara instrument lainnya yaitu soal matematika yang sudah divalidasi oleh validator. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik think aloud method. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berpikir matematis siswa PA dan HI berada pada tingkat kemampuan berpikir rendah, karena belum mampu mengingat fakta atau konsep operasi perkalian yang pernah dipelajarinya. Sementara siswa ZU memiliki kemampuan berpikir matematis pada tingkat sedang, hal ini dikarenakan siswa ZU sudah mampu merepresentasikan masalah/informasi dengan baik serta mampu membuat koneksi konsep antar materi matematika dan memecahkan masalah matematika sederhana.

References

Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Akib, I., Husniati, A., Kusumah, F., Kristiawati, K., & Fayanto, S. (2022). Thinking Processes of Mentally retarded: Students Disabled at Junior High School in Solving Fractions Problems. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2185–2196. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1773

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Guarnera, M., Pellerone, M., Commodari, E., Valenti, G. D., & Buccheri, S. L. (2019). Mental Images and School Learning: A Longitudinal Study on Children. Frontiers in Psychology, 10(September), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02034

Herawati, N. I. (2016). Pendidikan Inklusif. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2755

Hidayah, M., Sujadi, I., & Pangadi, P. (2014). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan dalam Memecahkan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita pada Operasi Hitung Campuran. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(1), 20–32. https://doi.org/10.20961/jmme.v4i1.9990

Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. In Goresan Pena. Goresan Pena.

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 210–218.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017). Media Counting Board untuk Kemampuan Berhitung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109–113. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p109

Mar’atus, S., Trapsilasiwi, D., Suharto, Susanto, & Yudianto, E. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tunagrahita Ringan Smalb-C Negeri Jember Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Aljabar Menggunakan Alat Peraga Kertas Aljabar. KadikmA, 9(2), 98–107.

Ni’mah, L., Herawati, A., & Sandrawati, J. (2022). Analisis Karakter Anak Berkebutuhan Khusus pada Pembelajaran Matematika Pemula Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Busy Book. C.E.S 2022: Conference of Elementary Studies, 236–245.

Permatahati, F. D., Susanto, & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian di SMP Inklusi TPA Jember (Analysis of Mild Mental Reterdation Student 8th-Grade’s Thinking Process in Sloving Division Problem in SMP Inklusi TPA Jember). Unej Jurnal Edukasi, 2(1), 27–31.

Ramadan, Y. A., Mulyono, M., & Susilo, B. E. (2019). Analisis Berpikir Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Accelerated Learning Berdasarkan Intelligence Quotient. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Saputri, S., Ningsih, E. F., & Widyawati, S. (2017). Analisis Kesulitan Anak Tunagrahita Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Harapan Ibu Metro. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 187–200. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a3

Sukerti, N. W. (2016). Analisis Literasi Matematika Konsep Bentuk Bangun Datar pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(1), 1–7.

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan karakter serta pengembangan berfikir dan disposisi matematik dalam pembelajaran matematika. Seminar Pendidikan Matematika Nusa Tenggara Timur, 1–26.

Suryadinata, N., & Farida, N. (2016). Analisis Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Inklusi Kota Metro. Studia Rossica Posnaniensia, 40(1), 285–292. https://doi.org/10.14746/strp.2015.40.1.28

Suryadinata, N., & Farida, N. (2019). Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Terhadap Masalah matematika. Prosiding Seminar Nasional Sains Matematika Informatika Dan Aplikasinya IV, 4, 49–58.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392

Published

2024-01-29