Strategi Mengembangkan Madrasah Berbasis Literasi

Studi Atas Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Watukebo, Jember

Authors

  • Dhian Wahana Putra Universitas Muhammadiyah Jember
  • Diyah Probowulan Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/penelitianipteks.v9i1.1560

Keywords:

Strategi, Kepala Madrasah, Literasi

Abstract

Literasi merupakan kata kunci yang tidak dapat ditinggalkan apabila ingin meningkatkan mutu pendidikan. Makna literasi yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas. Berkanaan dengan akses informasi secara cerdas, maka sekolah harus mampu menyediakan bahan bacaan yang mudah diakses oleh siswa agar minat baca anak meningkat. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Watukebo, melakukan serangkaian strategi dalam mewujudkan madrasah berbasis literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1Watukebo dalam mengembangkan madrasah berbasis literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan tersebut diambil dengan tujuan agar dapat menggambarkan secara sistematis fakta-fakta pada lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Watukebo dalam mengembangkan madrasah berbasis literasi yaitu dengan Inovasi, Loncatan, Stakeholder, Posisi, dan Persepsi. Kesimpulannya dalam mengembangkan madrasah berbasis literasi terdapat 5 (lima) strategi yang digunakan oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Watukebo, kelima strategi tersebut sebagaimana tertulis pada hasil penelitian.

References

Ali, Mohamad. (2016). Membedah tujuan pendidikan Muhammadiyah. Profetika: Jurnal Studi Islam, 17(1), 43–56.

Hanum Hanifa Sukma. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 33, No. 1, Website: http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika 11

Lexy, Moleong. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nila Fitria, dkk. (2022). Strategi Guru Dalam Pengenalan Literasi Awal Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 7 (2), https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia

Permendiknas No 20 Tahun 2010, tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah

Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud tahun 2017

Suaedi, Falih. (2020). Dinamika Manajemen Strategis Sektor Publik Di Era Perubahan. Surabaya: Airlangga University Press

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan

Published

2024-01-29