CYBERSPACE: PERUBAHAN GAYA KOMUNIKASI PADA LINGKAR PERTEMANAN (STUDI KASUS MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER DALAM WHATSAPP GROUP)
Keywords:
Cyberspace, WhatsApp Group, digital communication, student social relationsAbstract
Perubahan gaya komunikasi di era Cyberspace telah menjadi aspek penting dalam interaksi sosial, khususnya di kalangan pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk menyebarkan perubahan gaya komunikasi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember dalam WhatsApp Group. Sebagai salah satu platform pesan instan yang sangat populer, WhatsApp Group telah menjadi alat penting dalam kehidupan sehari-hari pelajar. Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi pengaruh WhatsApp Group terhadap dinamika sosial, pola komunikasi, dan kualitas hubungan pertemanan mahasiswa. Teori pertukaran sosial digunakan untuk memahami dasar jejaring sosial dalam hubungan timbal balik. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan siswa yang aktif menggunakan WhatsApp Group dalam kegiatan sehari-hari mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp Group berperan signifikan dalam mempermudah komunikasi yang cepat dan efisien, mengatasi hambatan waktu dan ruang. Selain itu, platform ini mendukung kolaborasi akademik dan aktivitas organisasi siswa, memperkuat jaringan sosial dan rasa kebersamaan di antara anggotanya. Namun, penelitian ini juga mencatat dampak negatif, seperti potensi konflik dan kesalahpahaman yang timbul dari komunikasi tidak langsung, serta ketergantungan berlebihan pada komunikasi digital yang dapat mengurangi kualitas interaksi tatap muka. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pelajar, pendidik, dan pengelola institusi pendidikan tentang cara bijak memanfaatkan teknologi komunikasi untuk meningkatkan interaksi sosial dan kolaborasi akademik.
References
Haryanto, A. (2018). Peran Teknologi Komunikasi dalam Interaksi Sosial di Era Digital. Jurnal Komunikasi dan Media, 10(1), 15-25. doi:10.33508/jkm.v10i1.1234
Kurniawati, S. (2021). WhatsApp Group sebagai Alat Kolaborasi Mahasiswa dalam Kegiatan Akademik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 14(3), 45-56. doi:10.26740/jpti.v14n3.2021
Bustomi, R. A., & Yuliana, N. (2023). Peran aplikasi WhatsApp dalam dinamika ilmu komunikasi. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(4), 31-40. E-ISSN: 2988-1986.
Lianti, R. V., Mawarni, I. Y. A., & Efendy, M. (2024). Hubungan antara keterampilan sosial dengan agresi siber pada mahasiswa. Kultura, 2(2), 275–284. Retrieved from http://jurnal.kolibi.org/index.php/kultura
Sari, K. I., Salsabila, A., Nadin, S. A., Saputra, I. W., & Jadidah, I. T. (2023). Analisis dampak media sosial terhadap gaya hidup mahasiswa di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA, 2(4).
Yasin. (2024). Social loafing pada anggota unit kegiatan mahasiswa Universitas Negeri Padang menggunakan pendekatan thematic analysis. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 4(3), 239-260. https://doi.org/10.58578/yasin.v4i3.2902
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiara Arum Prasasty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.