STRATEGI BRANDING KAMPOENG KREATIF BINAAN YAYASAN JEMBER FASHION CARNAVAL DI TAMAN KOTA ARJASA
DOI:
https://doi.org/10.32528/mediakom.v7i01.2363Keywords:
Jember Fashion Carnaval, Promotion, TourismAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi promosi yang diterapkan oleh Kampoeng Kreatif,
sebuah program binaan Yayasan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang berlokasi di
Taman Kota Arjasa, Jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan
menganalisis pendekatan yang digunakan dalam membangun citra dan identitas
Kampoeng Kreatif sebagai pusat kreativitas dan pengembangan industri kreatif di
Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan
pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi
dokumentasi. Informan penelitian meliputi public relations Kampoeng Kreatif, warga
setempat, dan kepala bidang pariwisata dari dinas pariwisata dan budaya Kabupaten
Jember. Hasil menunjukan bahwa ada beberapa strategi promosi yang diterapkan seperti
penggunaan media sosial, marketing event, serta pembuatan paket wisata. Tentunya hal
ini akan menunjang branding dari Kampoeng Kreatif JFC Arjasa.
References
Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Heryati, R. (2019). Manajemen Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.
Jannah, M. (2021). Strategi Branding Kampung Wisata Grage Kulon Di Kecamatan Grage Kabupaten Cirebon. Jurnal Damai Komunikasi, 3(2), 115-125.
Kabupaten Jember Dalam Angka. (2023). Jember: Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember.
kemenparekraf.go.id. (2023a). Expert Survey: Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tumbuh pada 2024. Kemenparekraf.Go.Id.
kemenparekraf.go.id. (2023b). Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara Bulan Januari 2023. Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara Bulan Januari 2023.
Kotler, P & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. England: Pearson.
Lodico, M. G., Spaulding, D. T & Voegtle, K. H. (2010). Methods in Educational Research: From Theory to Practice. San Fransisco: Jossey-Bass.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Morissan, M.A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana.
Nurrahmi. (2021). Strategi Branding Wonderful Indonesia Dalam Mempromosikan Pariwisata Indonesia. JOM FISIP, 8(1).
Pamungkas, W., Muktiali, M., & Masruri, M. I. (2018). Pengembangan Kampung Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Kampung Wisata Toddabojo. Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 89-97.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sofjan Assauri. (2010). Strategic Management Sustainable Competitive Advantages. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryawardani, I. G. A. O. (2015). Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) dan Kepariwisataan. Jurnal Destinasi Pariwisata, 3(1).
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: ANDI. Tjiptono, F. (2011). Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta: ANDI Offset. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan Yeni, N. N. A.
E., & Wiyono, B. B. (2020). Pengembangan Kampung Tematik Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Wisata Taman Sari Surakarta. JPK (Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan), 5(1), 33-42.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications Design and Methods. USA: Sage Publications Inc.
Yuliawati, D., Rahmawati, I. Y., & Sabrina, L. A. (2021). Daya Dukung Wisata Kampung Coklat di Kampung Wisata Batu Karas, Pangandaran. JISPAR (Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Pemerintahan), 5(1), 43-53.
Yulianti, P. E., Baiquni, M., & Syamsulhakim, E. (2018). Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan Bali. Journal of Regional and City Planning, 29(3), 240
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dimas Rizki Widianto, Kukuh Pribadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.