Gaya Hidup, Desain Futuristik & Teknologi: Determinan Faktor yang Mempengaruhi Minat Membeli Mobil Listrik

Authors

  • Sabri Hasan Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Farhan Valen Fahrezi Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Faisal Bahari Universitas Brawijaya
  • Muhammad Ashoer Griffith University
  • Muh. Haerdiansyah Syahnur Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v11i1.2857

Keywords:

Mobil listrik, Minat beli, Gaya hidup, Desain futuristic, Teknologi, Kota Makassar

Abstract

Dalam era yang semakin sadar akan lingkungan, mobil listrik telah muncul sebagai solusi yang menjanjikan untuk mengurangi emisi karbon dan dampak negatif lainnya terhadap lingkungan. Di Indonesia, kepedulian akan isu lingkungan semakin meningkat, tetapi adopsi mobil listrik masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat beli mobil listrik di Indonesia. Dalam konteks ini, gaya hidup (x1), desain futuristik (x2), dan teknologi (x3) diidentifikasi sebagai faktor-faktor yang mungkin memengaruhi minat beli mobil listrik. Gaya hidup yang berkaitan dengan kesadaran lingkungan dan tren berkelanjutan dapat memengaruhi preferensi konsumen terhadap kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik. Sementara itu, desain futuristik yang menarik dan teknologi canggih yang terintegrasi dalam mobil listrik juga dapat menjadi faktor penentu dalam keputusan pembelian konsumen. Penelitian-penelitian sebelumnya tentang faktor-faktor ini masih terbatas, terutama dalam konteks pasar mobil listrik di Indonesia, khususnya di kota Makassar. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi minat beli mobil listrik di Indonesia, serta bagaimana faktor-faktor ini saling berinteraksi. Dengan menganalisis pengaruh gaya hidup, desain futuristik, dan teknologi secara bersamaan, diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pihak-pihak terkait, termasuk produsen mobil listrik, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya, untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mendorong adopsi mobil listrik di Indonesia.

References

Annisa, D., & Suyanto, A. M. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Konsumen & Followers Tuskbag Official The Influence Of Lifestyle On Buy Interest In Tuskbag Official Consumers & Followers. EProceedings of Management, 6(1).

Arifin, E. (2015). pengaruh persepsi kualitas produk, citra merek, dan promosi terhadap minat beli konsumen Ban Achilles di Jakarta Selatan. Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

Dwiningrum, S. I. A. (2012). Ilmu sosial & budaya dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Faizah, Hanif., & Masreviastuti, M. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Islamic Branding TerhadapKeputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 325–328.

Featherman, M. S., & Hajli, N. (2016). Self-service technologies and e-services risks in social commerce era. Journal of Business Ethics, 139, 251–269.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424.

Homburg, C., Schwemmle, M., & Kuehnl, C. (2015). New product design: Concept, measurement, and consequences. Journal of Marketing, 79(3), 41–56.

Julindri, M., Rahman, S., & Setyawan, O. (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING, LIFESTYLE DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI PRODUK APPLE DI KOTA PEKANBARU. LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 3(1), 31–44.

Juniansyah, D., Putra, A. H. P. K., Syahnur, H., Hasan, S., & Nujum, S. (2022). Symmetrical and Asymmetrical of TAM: Consumer Emotional Value and Service Innovation on Consumer Purchase Decisions. Golden Ratio of Mapping Idea and Literature Format, 2(1), 8–35.

Kamaluddin, K., & Muhajirin, M. (2018). Pengaruh gaya hidup terhadap minat beli konsumen dalam berbelanja online (studi kasus pada Mahasiswa STIE BIMA). Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(3), 113–122.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & YAU, O. (2008). Principles of marketing: An global perspective.

Kusuma, A. H. P., Said, S., & Hasan, S. (n.d.). INFLUENCE OF THE CHARACTERISTICS STORE AND PRODUCTS FOR CONSUMERS IN INDONESIA AND IMPACT TO IMPULSIVE BUYING.

Lestari, D. S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Fitur dan Desain Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiaomi di Kota Pangkalpinang. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 8(1), 17–24.

Litman, T., & Burwell, D. (2006). Issues in sustainable transportation. International Journal of Global Environmental Issues, 6(4), 331–347.

Luthfianto, D., & Suprihhadi, H. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian cafe jalan Korea. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(2).

Mantauv, C. S. (2016). Kualitas Produk Sebagai Variabel Intervening Antara Pengaruh Life Style Terhadap Minat Beli Mobil Agya Di Pasaman Barat. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 4(1), 15–22.

Martono, N. (2012). Sosiologi perubahan sosial: Perspektif klasik, modern, posmodern, dan poskolonial (sampel halaman). RajaGrafindo Persada Jakarta.

Nur, Y., Basalamah, S., Semmail, B., & Hasan, S. (2023). The Influence of Bank Image, Accessibility, and Customer Relationship Management on Customer Satisfaction and Loyalty at Islamic Banks in Makassar City. International Journal of Professional Business Review, 8(9), e03640–e03640.

Paluch, S., & Wünderlich, N. V. (2016). Contrasting risk perceptions of technology-based service innovations in inter-organizational settings. Journal of Business Research, 69(7), 2424–2431.

Pradana, A. F. P., Hasan, S., Putra, A. H. P. K., & Kalla, R. (2022). Moderating of SERVQUAL on E-WOM, product quality, and brand image on and E-commerce purchase intention. Golden Ratio of Mapping Idea and Literature Format, 2(1), 36–51.

Putri, S. A., & Rahmawan, G. (2022). Pengaruh Green Life Style, Futuristic Design, Technology Dan Confidence Terhadap Minat Beli Mobil Listrik. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 72–81.

Rezvani, Z., Jansson, J., & Bodin, J. (2015). Advances in consumer electric vehicle adoption research: A review and research agenda. Transportation Research Part D: Transport and Environment, 34, 122–136.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Handbook of Market Research, 1–47. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-2

Sofa, A. Y., & Parmariza, Y. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek, Country of Origin, dan Desain Produk pada Minat Beli Mobil. Kajian Branding Indonesia, 5(1), 51–66.

Sutrisno, S., Tannady, H., Wahyuningsih, E. S., Supriatna, D., & Hadayanti, D. (2022). Analisis Peran Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Automotif City Car. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4139–4145.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Andi.

Wangean, R. H., & Mandey, S. L. (2014). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Wijaya, P. S. M., & Teguh, C. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli di online shop specialis guess. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 147–160.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku konsumen: teori dan praktik. Pustaka Setia.

Downloads

Published

2025-06-29