Transformasi Digital Industri Handycraft Kayu Jati Di Kabupaten Ngawi Melalui Adopsi Teknologi Digital Dan Pemasaran Digital

Authors

  • Istiana Wijayanti Mala Universitas Soerjo
  • Misnan Misnan Universitas Soerjo
  • Khoyrul Anwar Universitas Soerjo
  • Endang Setianingsih Susilorini Universitas Soerjo

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v11i1.3123

Keywords:

Digital Transformation, Digital Technology Adoption, Digital Marketing, Micro, Small and Medium Enterprises

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis dampak adopsi teknologi digital dan pemasaran digital terhadap penjualan produk dan pendapatan pelaku usaha UMKM handycraft kayu jati di Ngawi, serta memberikan rekomendasi bagi UMKM lain yang menghadapi permasalahan yang sama. Penelitian mengunakan metode kualitatif deskriptif. Data primer dikumpulkan melalui teknik wawancara dan observasi, dan data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka. Analisis data dilakukan secara interaktif model Huberrman dan Milles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya transformasi digital telah berhasil dilaksanakan. Penjualan melalui platform e-commerce telah mampu memperluas jangkauan pasar sampai tingkat Internasional. Strategi pemasaran digital juga telah dapat menargetkan audiens yang lebih spesifik, dan memberikan dampak positif pada peningkatan konversi penjualan produk hingga 40%. Penelitian juga menemukan bahwa branding yang dibangun melalui media sosial telah berhasil menciptakan dan memperkuat posisi identitas merek handycraft kayu jati Ngawi di pasar yang kompetitif. Kini industri UMKM handycraft kayu jati Ngawi siap bersaing dengan produk handycraft kayu jati dari daerah lain.

References

Adha, S. (2022). Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital : Sebuah Tinjauan Literatur. JIPIS, 31(2), 134–148. https://doi.org/10.33592/jipis.v31i2.3286

Adoe, V. S., usfiana, M., & Diana, A. (2022). Buku Ajar E-Commerce. CV. Feniks Muda Sejahtera.

Amalia, N., Wati, R., Putri, B., & Mairiza, D. (2023). Eksistensi Prinsip Ekonomi Mikro Islam Terhadap Keberlanjutan Usaha Mikro Di Era Digitalisasi. Sharing: Journal Of Islamic Economics, Management And Business, 2(2), 142–156. https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.23419

Asipi, L. S., Rosalina, U., & Nopiyadi, D. (2022). The Analysis of Reading Habits Using Miles and Huberman Interactive Model to Empower Students’ Literacy at IPB Cirebon. International Journal of Education and Humanities, 2(3), 117–125. https://doi.org/10.58557/ijeh.v2i3.98

Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). KRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53–60.

Chuang, S.-H. (2020). Co-creating social media agility to build strong customer-firm relationships. Industrial Marketing Management, 84, 202–211. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2019.06.012

Dewi, M. S. R. (2024). Analisis Digital Branding pada Akun Media Sosial Instagram @Umbulbrondong Klaten&quot. Jurnal Kajian Pariwisata, 6(3), 142–154.

Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 291–298.

Gupta, S., Kushwaha, Pooja. S., Badhera, U., Chatterjee, P., & Gonzalez, E. D. R. S. (2023). Identification of benefits, challenges, and pathways in E-commerce industries: An integrated two-phase decision-making model. Sustainable Operations and Computers, 4, 200–218. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2023.08.005

Hamzah, M., Ningsih, R. F. Y., & Ummah, M. U. (2024). Peran Transformasi Digital dan Tantangan Inovasi Terhadap Keberlanjutan UMKM di Indonesia (Studi Literature Review). Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 1(2), 109–118.

Huria, A. (2019). Facilitating Trade and Logistics for E-Commerce: Building Blocks, Challenges, and Ways Forward. World Bank, 1–113.

Khodayari Zarnaq, R. (2020). Winning the Covid-19 War: McKinsey & Company’s Proposed Plan for Action at the Local Level. The Journal of Qazvin University of Medical Sciences, 24(2), 102–107. https://doi.org/10.32598/JQUMS.24.2.262.3

Kurnia Rahayu, S., Budiarti, I., Waluya Firdauas, D., & Onegina, V. (2023). Digitalization and informal MSME: Digital financial inclusion for MSME development in the formal economy. Journal of Eastern European and Central Asian Research (JEECAR), 10(1), 9–19. https://doi.org/10.15549/jeecar.v10i1.1056

Li, Lixu. (2022). Digital transformation and sustainable performance: The moderating role of market turbulence. Industrial Marketing Management, 104, 28–37. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2022.04.007

Lianardo, S., Sartika, K. D., Prasetyawati, Y. R., & Cahyadi, R. A. (2022). Pendampingan Digital Marketing Untuk Pemberdayaan UMKM. Journal of Servite, 2(2), 104. https://doi.org/10.37535/102004220223

Machin, Muhammad Reza Aulia, Joni Hendra, Elvina Safitri, & Bawono, A. (2023). Keberlanjutan UMKM di Jawa Barat di Tinjau Dari New-era Business : Transformasi Digital, Dividen Digital, dan Kewirausahaan. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 01–15. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.130

Maharani, D. A., & Hasibuan, R. R. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemasaran Digital Pada Umkm Di Desa Sumbang Purwokerto Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Jangkauan Pasar. Abdi Makarti, 3(2), 130. https://doi.org/10.52353/abdimakarti.v3i2.730

Mochamad Sirodjudin, & Sudarmiatin Sudarmiatin. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 20–35. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i2.783

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Novianty, R., Dewi, S. P., & Anwar, K. (2024). Strategi Digitalisasi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Pasca Pandemi. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2), 50–59. https://doi.org/10.31294/jab.v4i2.5238

Nurzaman, F., Febriyanti, S., Hasanah, G., & Alifiany, S. (2024). Transformasi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Konveksi Kaos Di Desa Mundusari. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.70283/jpm.v1i1.21

Phiri, M. (2020). Impact of digital marketing capabilities on market performance of small to medium enterprise agro-processors in Harare, Zimbabwe. Business: Theory and Practice, 21(2), 746–757.

Prahendratno, A., Aulia, M. R., Erwin, E., & Setiawan, Z. (2023). STRATEGI BISNIS DIGITAL: Optimalisasi & Otomtisasi Sebuah Bisnis Menggunakaan Media Digital. (Cetakan Pertama). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Puspita, D. A. (2022). Personal Branding terhadap Sosial Media. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(2), 856–871. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i2.4503

Ratchford, B., Soysal, G., Zentner, A., & Gauri, D. K. (2022). Online and offline retailing: What we know and directions for future research. Journal of Retailing, 98(1), 152–177. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2022.02.007

Rosário, A. T., & Dias, J. C. (2023). How has data-driven marketing evolved: Challenges and opportunities with emerging technologies. International Journal of Information Management Data Insights, 3(2), 100203. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2023.100203

Saputra, M. H., & Murhadi, M. (2023). Akselerasi Peningkatkan Kinerja UMKM Pengerajin Bambu Melalui Digital Marketing. Surya Abdimas, 7(3), 401–413. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.3110

Saputra, M. H., Utomo, M. N., Ariansyah, K., Wismayanti, Y. F., Ansyah, R. H. A., Koeswinarno, & Suradi. (2024). Small and medium-sized enterprises dynamic capabilities and competitive advantage: The mediating effect of digitalization. Entrepreneurial Business and Economics Review, 12(3), 41–67. https://doi.org/10.15678/EBER.2024.120303

Septiadi, B., & Agus, I. (2024). Transformasi Bisnis di Era Digital: Analisis Sistematis Terhadap E-Bisnis di Indonesia Pada Konteks UMKM. Journal of Digital Literacy and Volunteering, 2(1), 38–43.

Setyawan, A. A., & Racma, D. F. (2024). Digital Marketing-Based Entrepreneurial Resilience dalam Memediasi Strategi Pemasaran Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Barlingmascakeb. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 5(2), 306–321. https://doi.org/10.51805/jmbk.v5i2.239

Setyawati, A., Sugangga, R., Maula, F. I., & Rahma, A. (2023). Digital Marketing Business Strategy to MSME Performance in the Industrial Revolution 4.0 Era. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 12(1), 19–26. https://doi.org/10.37715/jee.v12i1.3459

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592

Suaidah, Y. M. (2024). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai SAK EMKM Desa Gedongombo Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 612–618. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i3.871

Sugiyanti, L., Rabbil, M. Z., Oktavia, K. C., & Silvia, M. (2022). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Masarin, 1(2), 100–110.

Sutanto, H., Jumaedi, J., Nurhaliza, E., & Mardiah, A. (2024). Pengaruh Adopsi Teknologi Digital dan Strategi Pemasaran Online Terhadap Kinerja Bisnis dalam Kewirausahaan di Indonesia. Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(01), 53–66. https://doi.org/10.58812/sek.v3i01.467

Suwali, S., Afifah, H., & Sumaya, P. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Pemasaran Pada Umkm Gula Semut Kelapa Di Banyumas Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Era Digital. ADIMA Jurnal Awatara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 25–33.

Uum Helmina Chaerunisak, Sri Ayem, Septiana Wahyu Prasetyaningtyas, Riska Widya Afrianingrum, & Naresha Hanun. (2024). Digitalisasi Bisnis Dan Inklusi Keuangan Sebagai Upaya Mendorong Kinerja Umkm Melalui E-Commerce Di Era Digital. Ekonomika45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(2), 843–858. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i2.2591

Zulkifli, Sugiarto, I., Napu, F., Rukmana, A. Y., & Hastuti, P. (2023). Kesuksesan Wirausaha di Era Digital dari Perspektif Orientasi Kewirausahaan (Study Literature). Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(02), 81–96. https://doi.org/10.58812/sek.v1i02.87

Downloads

Published

2025-06-29