Minat Beli Santri: Peran Perilaku Konsumen dan Kualitas Layanan Koperasi Pesantren Yayasan Al-Anwar
DOI:
https://doi.org/10.32528/jmbi.v11i1.3245Keywords:
Koperasi, Kualitas Layanan, Minat Beli, Perilaku KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh perilaku konsumen dan kualitas layanan terhadap minat beli santri di koperasi pesantren (kopontren) Yayasan Al-Anwar. Mengingat terbatasnya akses santri terhadap kebutuhan sehari-hari di lingkungan pondok pesantren, koperasi memiliki peran penting dalam memenuhinya. Oleh karena itu, pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi minat beli santri menjadi hal yang krusial untuk meningkatkan layanan dan strategi operasional koperasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi penelitian berjumlah 374 siswa, dengan sampel sebanyak 194 responden yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli, yang menandakan pentingnya pemahaman terhadap preferensi dan pola belanja santri. Namun, kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, yang mengindikasikan bahwa dalam konteks ini, terdapat faktor lain yang lebih berpengaruh. Temuan ini menekankan pentingnya fokus pada perilaku konsumen untuk meningkatkan kinerja koperasi dan minat beli siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi variabel tambahan dan menerapkan model ini di lingkungan pendidikan yang berbeda guna memperoleh wawasan yang lebih luas.
References
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2). https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. . Anak Hebat Indonesia.
Mundir, A., & Rahayu, A. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Produk, Price, Place, Promotion) dan Kualitas Pelayanan Berbasis Syariah Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli di Toko Yunika Jabon Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(1), 34–52. https://doi.org/10.35891/MUALLIM.V4I1.2949
Ramadhani, M. A. (2022, April 5). Pesantren: Dulu, Kini, dan Mendatang. Pesantren Di Radio. https://kemenag.go.id/opini/pesantren-dulu-kini-dan-mendatang-ft7l9d
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Wahid, I. (2020). Kemandirian Ekonomi Pesantren. One Pesantren One Product. https://opop.jabarprov.go.id/kemandirian-ekonomi-pesantren/
Wardinata, G., & Ali Alam, I. (2022). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN, HARGA, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI DI MASA PANDEMI COVID-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5). https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.78
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Jakfar, Basyiruddin Basyiruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.