Analisis Manajemen Keuangan Dan Model Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Tarik Sanggar Bimbingan Rawang Malaysia

Authors

  • Putri Dwi Jayanti Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Evi Dwi Kartikasari Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Siti Musarofah Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Muhammad David Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v11i1.3315

Keywords:

Manajemen Keuangan; Pemasaran; Word of mouth; Daya tarik; Sanggar Bimbingan Rawang

Abstract

Meningkatkan daya tarik Sanggar Bimbingan Rawang merupakan tantangan penting dalam lembaga pendidikan bimbingan yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi manajemen keuangan dan model pemasaran terhadap peningkatan daya tarik Sanggar Bimbingan Rawang Malaysia. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi pada fenomena yang ada. Sumber data menggunakan data primer berupa wawancara dengan dua orang key informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen keuangan Sanggar Bimbingan Rawang Malaysia telah sesuai dengan kebutuhan warga Masyarakat sekitar sehingga perumusan keuangannya dapat diterima dan menjadi salah satu daya tarik Sanggar Bimbingan. Model pemasaran dilakukan secara word of mouth dan sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Sanggar Bimbingan Rawang mampu memperoleh kepercayaan masyarakat sekitar dari testimoni masyarakat yang sudah merasakan manfaat atau menjadi bagian dari Sanggar Bimbingan. Keberhasilan Akademik maupun non akademik yang diceritakan oleh orang tua siswa menjadi modal awal dalam strategi promosi word of mouth. Selain itu, kolaborasi antara sanggar bimbingan lain dan komunitas juga diidentifikasi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan memperluas jaringan. Penelitian ini memberikan rekomendasi yang diharapkan dapat diimplementasikan oleh pengelola Sanggar Bimbingan Rawang untuk meningkatkan daya tarik dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih berkualitas dan kompetitif

References

Adam, E., Panjaitan, R., Sumarlin, T., & Adriana, M. (2021). Financial Well-Being Resilience: Financial Literacy and Financial Inclusion Toward Financial Attitude. Majalah Ilmiah Bijak, 18(1), 1–10.

Adomako, S., & Danso, A. (2014). Financial Literacy and Firm performance : The and resource flexibility. International Journal of Management & Organizational Studies, 3(4), 2–15.

Eva Desembrianita, Sunarni, Fauziah Nur Hutauruk, Fajriani Azis, & Yusuf Iskandar. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap Efisiensi Biaya Pemasaran pada UMKM di Jawa Barat: Perspektif Akuntansi Manajemen. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 58–67. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i2.185

Fatimah, S. A., & Riharjo, I. B. (2021). Akuntabilitas Dan Transparansi Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Wonokerto Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(11), 1–15.

Hanifah, Suci Indah & Praptoyo, S. (2015). Akuntabilitas dan Transparansi Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(8), 1–15.

Herman Lawealai, Nastia, & Hastuti. (2021). Analysis of Local Government Strategies in Capacity Building for Regional Financial, Asset, and Revenue Management Bodies in Baubau City, Indonesia. International Journal of Science, Technology & Management, 2(1), 161–173. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i1.137

Keuangan, M., Pendidikan, L., Syamsurizal, I., Dewi Afja, O., & Artikel, S. (2022). Journal of Educational Management and Strategy (JEMAST) Informasi Artikel ABSTRAK. Journal of Educational Management and Strategy (JEMAST), 01(02), 125–133.

Najihah, I., & Muhammad, S. H. (2021). Konsep Manajemen Keuangan Dalam Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Al Qur’an Dan Hadis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 223. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.21616

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Wulandari, A., Munastiwi, E., & Dinana, A. (2022). Implementasi Manajemen Keuangan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 106–118. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.787

Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92–104. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350

Zulfiah, E., Putri, N. N. N., & Fadhilah, M. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 414–422. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.606

Downloads

Published

2025-06-29