Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Ulang Aplikasi Joox
DOI:
https://doi.org/10.32528/justindo.v10i2.2783Keywords:
joox, design thinking, UI/UX, pengalaman pengguna, system usability scaleAbstract
Joox merupakan salah satu layanan streaming musik yang popular di Indonesia, dengan penerapan metode design thinking dalam perancangan ulang aplikasi Joox. Dengan meningkatkan ekspektasi pengguna dan persaingan ketat, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi Joox. Metode design thinking yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Digunakan untuk memahami kebutuhan pengguna dan merancang solusi yang inovatif. Penelitian ini melibatkan 10 responden dengan menggunakan metode purposive sampling, yang terdiri dari pengguna aktif yang menggunakan aplikasi Joox pada rentang usia 18-25 tahun. Data dikumpulkan melalui wawancara dan survei, peneliti mengidentifikasi masalah yang dihadapi pengguna, seperti kombinasi warna dan tipografi yang tidak optimal, serta fitur-fitur yang membingungkan. Hasil pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) menunjukan bahwa design ulang aplikasi Joox mendapatkan skor rata-rata 93, yang termasuk dalam kategori “acceptable”. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan memperkuat posisi Joox sebagai aplikasi streaming musik terkemuka di Indonesia.
References
Ansori, S., Hendradi, P., & Nugroho, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1072–1081. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3648
Darmawan, I., Saiful Anwar, M., Rahmatulloh, A., & Sulastri, H. (2022). INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION journal homepage : www.joiv.org/index.php/joiv INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION Design Thinking Approach for User Interface Design and User Experience on Campus Academic Information Syst. International Journal on Informatics Visualization, 6(2), 327–334. www.joiv.org/index.php/joiv
Dumalang, J. M., Montolalu, C. E. J. ., & Lapihu, D. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 2(2), 41–52. https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v2i2.19
Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi “Nugas” Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730
Karyono, Z. R., Mursityo, Y. T., & Az-Zahra, H. M. (2019). Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Music Streaming Menggunakan Metode UX Curve (Studi Pada Spotify dan JOOX). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 6422–6429. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5721
Khairy, M. S. (2022). Penerapan Design Thinking Pada Perancangan Ui/Ux Marketplace Sistem Rantai Pasok “Panen- Panen.” Jurnal Informatika Polinema, 8(3), 39–44. https://doi.org/10.33795/jip.v8i3.818
Mazaya, N. N., & Suliswaningsih, S. (2023). Perancangan Ui/Ux Aplikasi “Dengerin” Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 12(2), 39–49. https://doi.org/10.34010/komputa.v12i2.10157
Nasution, A. H., Zunaidi, R. A., Putra, P. S., & Baskara, D. B. (2024). Re-Design Aplikasi Knowledge Management System Berbasis Situs Web Pada Asosiasi Dosen Integrator Desa Dengan Design Thinking. Abdimas Awang Long, 7(1), 46–54. https://doi.org/10.56301/awal.v7i1.1141
Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi HapSari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Cl. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55.
Sepnandito, D. P., & Suharyati. (2024). Pengaruh Fitur Spotify Social Dan PemasaranPersonalisasi Terhadap Loyalitas PelangganSpotify Dimediasi Dengan Kepuasan Pelanggan. Journal of Young Entrepreneurs, 3, 49–65. https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/jye
Setiyani, L., & Tjandra, E. (2022). UI / UX Design Model for Student Complaint Handling Application Using Design Thinking Method (Case Study: STMIK Rosma Karawang). International Journal of Science, Technology & Management, 3(3), 690–702. https://doi.org/10.46729/ijstm.v3i3.505
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Pramescella, Eka Putri Rachmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.