Pengaruh Kualitas Pelayanan Dokumen E-Pas Kecil Berbasis Aplikasi Terhadap Tingkat Kepuasan Pemilik Kapal Di Kantor KSOP Kelas III Tanjung Wangi
DOI:
https://doi.org/10.32528/jsmbi.v15i01.3176Keywords:
E-pas kecil, Kepuasan, PelayananAbstract
E-pas kecil menjadi dokumen penting yang wajib dimiliki oleh kapal dengan spesifikasi GT dibawah 7. Dokumen ini menjadi bukti yang menandakan sebagai surat kebangsaan kapal dan dalam jangka panjang menjadi syarat dalam mendapatkan BBM bersubsidi. Akan tetapi, masih banyak kapal yang belum mempunyai e-pas kecil. Hal itu tentunya tidak terlepas dari adanya faktor kualitas pelayanan instansi dalam pengurusan dokumen terkait. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial ataupun simultan terhadap kepuasan pemilik kapal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan olah data berbasis SPSS. Skema pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, kuisioner dengan 100 sampel dan dilanjutkan analisis data dengan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan 5 variabel yang diuji (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan keamanan dan kepedulian) yang berpengaruh secara signifikan secara parsial yaitu variabel kehandalan, jaminan keamanan dan kepedulian. Secara akumulasi uji F dengan nilai tingkat signifikasi (α) 5% (0,05) didapatkan nilai signifikasi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengurusan e-pas kecil. Dengan adanya penelitian ini, harapanya dapat meningkatkan performa pelayanan pada instansi terkait sehingga dapat berdampak pada peningkatan pengurusan dokumen e-pas kecil di wilayah kerja KSOP Tanjung Wangi.