Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Operator Kapal Dalam Pengurusan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) Di Wilayah Kerja Pelabuhan Ketapang KSOP Kelas III Tanjung Wangi
DOI:
https://doi.org/10.32528/jsmbi.v15i01.3181Keywords:
Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Kepercayaan Operator Kapal, Kepuasan Operator KapalAbstract
Operator Kapal dalam Pengurusan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) di Wilayah Kerja Pelabuhan Ketapang KSOP Kelas III Tanjung Wangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, ketepatan waktu, dan kepercayaan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan operator kapal. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier berganda terhadap data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) secara parsial tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan operator kapal (Y). Sedangkan ketepatan waktu (X2) dan kepercayaan operator kapal (X3) secara parsial terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan operator kapal (Y). Sementara itu, hasil uji secara simultan mendapatkan hasil yang menunjukkan variabel kualitas pelayanan (X1), ketepatan waktu (X2), dan kepercayaan operator kapal (X3) secara bersama memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan operator kapal (Y). Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan pelabuhan yang lebih responsif dan profesional untuk mendukung kelancaran operasional kapal dan meningkatkan tingkat kepuasan operator kapal.