Pengaruh Price Conscousness, Online Customer Riview, dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada E-commerce Lazada

Authors

  • Puspita Sari Universitas Mumammadiyah Jember
  • Muhamad Naely Azhad Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ahmad Izzuddin Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/jsmbi.v15i01.3329

Keywords:

Price Consciousness, Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian

Abstract

Kemajuan teknologi telah mendorong perkembangan e-commerce dalam kehidupan manusia. Sebagai akibatnya, pertumbuhan e-commerce di Indonesia sangat mencolok saat ini karena banyak platform yang menyediakan akses melalui perangkat mobile, memungkinkan pelanggan untuk berbelanja online tanpa perlu keluar rumah. Lazada, salah satu marketplace terkemuka di Indonesia, telah berkembang pesat. Marketplace online seperti Lazada memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan mereka melalui penjualan online. Pada penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui apakah Price Cousciousness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett pada e-commerce Lazada, untuk mengetahui apakah Online Customer Rating berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian produk scarlett pada e-commerce Lazada. Desain penelitian pada penelitian ini digunakan untuk mengembangkan teknik-teknik seperti pengumpulan data, pemilihan sampel, analisis data, dan interpretasi hasil. Penelitian ini menggunakan metode asosiasi kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode kausal mengidentifikasi hubungan sebab akibat antara variabel independen ( yang mempengaruhi) dan variabel dependen (yang dipengaruhi). Setelah dilakukan penelitian dan analisis dengan menguji tiga hipotesis menghasilkan hasil yang positif. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis dapat diterima, yang menandakan bahwa variabel bebas seperti Price Consciousness (X1), Online Customer Review (X2), dan Online Customer Rating (X3) secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian produk Scarlett Whitening di platform E-commerce Lazada.

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Sari, P., Azhad, M. N., & Izzuddin, A. (2025). Pengaruh Price Conscousness, Online Customer Riview, dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada E-commerce Lazada. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 15(01), 42–51. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v15i01.3329