Pengaruh Payment Gateway, Literasi Keuangan Dan Pengguna Media Sosial Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Umkm Di Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.32528/jsmbi.v15i01.3532Keywords:
Payment Gateway, Literasi Keuangan, Media SosialAbstract
Di Indonesia Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting bagi laju perekonomian yang mana sebagai salah satu cara untuk percepatan pembangunan daerah. Akan tetapi UMKM sering mengalami keterlambatan dalam perkembangannya, beberapa permasalahan yang sering terjadi yaitu karena sulitnya mendapatkan pembiayaan, minimnya literasi keuangan, kurangnya pemahaman tentang pembayaran elektronik, dan teknologi digital masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Payment Gateway, Literasi Keuangan dan Pengguna Media Sosial Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada UMKM di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan pelaku UMKM dengan pertimbangan faktor berdasarkan keterbatasan yang tidak memungkinkan seluruh populasi diteliti. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kabupaten Jember dengan jumlah sampel sebanyak 275 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan SPSS 23. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Payment Gateway, Literasi Keuangan dan Pengguna Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada UMKM Kabupaten Jember.