Efektivitas Aplikasi Tulangku Terhadap Pemahaman Anatomi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.32528/tijhs.v16i2.3348Keywords:
Aplikasi Tulangku; Media Pembelajaran; Peningkatan Hasil BelajarAbstract
Integrasi teknologi dalam pendidikan keperawatan menjadi penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah menilai efektivitas aplikasi Tulangku sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Biomedik Dasar Bab Muskuloskeletal. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengandesainthe-onegrouppretest-posttestdesign.Populasi penelitianiniadalahmahasiswa semester I yang menempuh mata kuliah Ilmu Biomedik Dasar (IBD) pada tahun akademik 2024/2025 sebanyak 176 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 122 mahasiswa. Penelitian ini menerapkan aplikasi Tulangku dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa berdasarkan perolehan skor pre-test (rata-rata 54,53) dan post-test (rata-rata 95,54). Nilai N-Gain pada penelitian ini sebesar 0,822 (>0,7) sehingga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil pembelajaran, dimana kategori tersebut termasuk pada kategori tinggi. Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) <5%, sehingga uji tersebut menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan aplikasi Tulangku. Aplikasi Tulangku dapat diterapkan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Biomedik Dasar Bab Muskuloskeletal.
References
Alfita, I. N., Sari, A. K. I., Iskandar, A., Calysta, A. D., & ... (2024). Analisis Keefektifan Penggunaan Aplikasi Berbasis Web dan Mobile bagi Kegiatan Pembelajaran pada Mata Kuliah Sistem Operasi untuk Mahasiswa Ilmu Komputer .... Jurnal ..., 1(1), 106–120. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/an gka/article/view/731%0Ahttp://jurnalilmiah .org/journal/index.php/angka/article/downlo ad/731/540
Aryanti, F., Tresnawati, C., Nurkanti, M., & Suhaerah, L. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi 3D (Vet & Skeleton Anatomy) Sistem Rangka Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(2), 134–139.
Gultom, Y. M., Syahputra, F., & Syahrial, S. (2024). Pengaruh Evaluasi Pembelajaran terhadap Kualitas Pembelajaran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.543
Khoirina, A., & Arsanti, M. (2022). Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring), 1975, 992–997.
Muhimmatin, I., & Jannah, I. N. (2021). Aplikasi mobile berbasis android sebagai media tes prior knowledge mahasiswa biologi. Jurnal
Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 1–11.
https://doi.org/10.21831/jipi.v7i1.34335 Ratna, B., Permanasari, A. E., & Wibirama, S. (2021). Pengembangan Gamifikasi pada Media Pembelajaran Anatomi Tulang Manusia Berbasis Mobile App Menggunakan Visualisasi 3D dan Virtual
Reality.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ely Rahmatika Nugrahani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.