Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Pariwisata Lanta Nice Beach Resort, Thailand
DOI:
https://doi.org/10.32528/sw.v8i1.3396Keywords:
Pariwisata, pemasaran digital, media sosial, Instagram, strategi promosiAbstract
Pariwisata merupakan sektor strategis yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pertukaran budaya. Di era digital, platform sosial media, terutama Instagram berperan sebagai alat pemasaran yang efektif dalam strategi promosi destinasi wisata. Penelitian ini membahas strategi pemasaran digital Lanta Nice Beach Resort, Thailand, dalam meningkatkan minat dan kepuasan wisatawan melalui Instagram. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan fenomenologi, Data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumentasi konten Instagram. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi pemasaran yang berbasis visual, interaksi aktif dengan wisatawan, serta penyelenggaraan event budaya mampu meningkatkan engagement dan loyalitas pelanggan. Meskipun menghadapi tantangan seperti persaingan ketat dan perubahan algoritma Instagram, resort ini berhasil mengatasinya melalui kerja sama dengan influencer, optimasi media sosial, serta diferensiasi layanan berbasis budaya. Instagram berperan sebagai alat pemasaran yang efektif dalam strategi promosi dalam mengoptimalkan strategi pemasaran digital guna meningkatkan daya tarik dan kepuasan wisatawan.
References
Harefa, A. (2018). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi wisata Bukit Indah Simarjarunjung Danau Toba. Sibatik Journal, 2(3), 963. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i3.703
Nasrullah, R. (2015). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi desa wisata di Provinsi Bali. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 5(1), 110-120. https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i1.1584
Hanlon, A., & Tuten, T. (2022). Digital marketing: Strategic planning & integration. Sage Publications.
Getz, D. (2019). Event studies: Theory, research, and policy for planned events. Routledge.
Hanlon, A., & Tuten, T. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi wisata Banten. IKOMIK Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi, 3(2), 17-24. https://doi.org/10.33830/ikomik.v3i2.5757
Gusnita, R., et al. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi wisata Bukit Indah Simarjarunjung Danau Toba. Sibatik Journal, 2(3), 964.
Retnasary, D., et al. (2019). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi dalam meningkatkan minat pengunjung wisata Puncak Rembangan Kemuning Lor Arjasa Kabupaten Jember. Jurnal Seminalu, 1(1). http://prosiding.unipar.ac.id/index.php/seminalu
Nasrullah, R. (2015). Social media marketing in the tourism industry. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Patilima, H. (2007). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi wisata Bukit Indah Simarjarunjung Danau Toba. Sibatik Journal, 2(3), 967. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i3.703
Nasehudin, M., & Gozali, A. (2012). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi wisata Bukit Indah Simarjarunjung Danau Toba. Sibatik Journal, 2(3), 967. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i3.703
https://doi.org/10.51977/jiip.v6/1.1674
Hemsley-Brown, J., & Alnawas, I. (2016). Service quality and brand loyalty in the hospitality industry. Journal of Hospitality.
Kotler, P., & Keller, K. (2019). Marketing management. Pearson Education.
Yuhana, A., & Aminy, F. (2019). Pemanfaatan promosi media sosial Instagram untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di desa budaya Kertalangu. Jurnal Kajian Pariwisata, 6(1), 86-98. https://doi.org/10.51977/jiip.v6/1.1674
Mitchell, J. (2017). Pemanfaatan media sosial Instagram @piknikkerinci sebagai media promosi wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Pariwisata dan Perhotelan. https://repository.unsri.ac.id/82567/8/RAMA_70201_07031181722016_0027046505_0031059202_01_front_ref.pdf
Ainun Nur, R., et al. (2022). Digital marketing strategy for tourism promotion. Journal of Marketing Research.
Alfani, R. (2018). The influence of social media algorithms on digital marketing strategies. Journal of Business Innovation.
Kotler, P. (2019). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi desa wisata di Provinsi Bali. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 5(1), 110-120. https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i1.1584
Richards, G. (2018). Cultural tourism: A review of recent research and trends. Journal of Tourism Research.
Schmitt, B. (2019). Experiential marketing: How to get customers to sense, feel, think, act, and relate to your company and brands. Free Press
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.