UPAYA PELESTARIAN SENI TARI TRADISIONAL DAN KARAWITAN MELALUI KESEIMBANGAN KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.32528/mediakom.v8i01.2249Keywords:
Interpersonal Communication, pelestarian seni tradisional, Teori keseimbangan Heider., jimpitan;ronda malam;komunikasi tradisional;era digital;kearifan local, Pengembangan bakat anakAbstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya peran orang tua dalam melestarikan seni tradisional di Desa Yosowilangun Kidul, Lumajang, Jawa Timur. Komunikasi antara orang tua dan anak memainkan peran penting dalam mempengaruhi partisipasi anak dalam seni tradisional, mencerminkan kesadaran akan pentingnya mempertahankan budaya lokal sebagai bagian dari identitas dan warisan budaya. Dengan menggunakan teori keseimbangan Heider, penelitian ini menganalisis interaksi orang tua dan anak dalam konteks pelestarian seni tradisional, menyoroti pentingnya keseimbangan dalam komunikasi untuk mengoptimalkan perkembangan bakat anak. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi komunikasi orang tua dan anak serta dampaknya pada perkembangan bakat anak di Sanggar Taruna Budaya Yosowilangun Kidul. Metode deskriptif digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan orang tua memberikan dukungan mental, materi, dan spiritual, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan holistik anak-anak di sanggar tersebut. Keterlibatan aktif orang tua menciptakan lingkungan yang memotivasi dan mendukung anak-anak untuk berkembang dalam seni tradisional dan karawitan. Kesimpulannya, peran orang tua sangat penting dalam membentuk lingkungan yang mendukung perkembangan bakat seni anak.
References
Ambika Laras, R. (2019). Peran sanggar seni dalam membentuk perkembangan emosi dan kreativitas anak. Universitas Negeri Yogyakarta.
Anatora Kristianno, S. (2022, Oktober 5). Karawitan: Harmoni yang terancam hilang. Kumparan.https://kumparan.com/samuel-anatora-kristianno/karawitan-harmoni-yang-terancam-hilang-241kwTaAWaN
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2024). Statistik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada anak usia dini di Jawa Timur 2024. BPS Jatim.
Beritajatim.com. (2024). 3.557 anak usia dini di Jatim sudah mengakses internet, begini cara cegah kecanduan gadget. https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/3-557-anak-usia-dini-di-jatim-sudah-mengakses-internet-begini-cara-cegah-kecanduan-gadget
Binus Public Relations. (2024). Budaya lokal dalam arus globalisasi: Tantangan dan strategi pelestarian. BINUS University Publication.
Cakdurasim.com. (2022, Mei 21). Perkembangan seni karawitan saat ini. https://cakdurasim.com/artikel/perkembangan-seni-karawitan-saat-ini
Heider, F. (1958). The psychology of interpersonal relations. New York: Wiley.
Indonesia.go.id. (2024). Komitmen pemerintah melindungi anak di ruang digital. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/9037/komitmen-pemerintah-melindungi-anak-di-ruang-digital?lang=1
Infopublik.id. (2024, Agustus 23). Kemendikbudristek rekomendasikan 272 warisan budaya takbenda Indonesia 2024. https://www.infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/864115/kemendikbudristek-rekomendasikan-272-warisan-budaya-takbenda-indonesia-2024
Juariyah, S., & Tyanta, M. A. (2021). Parent-child communication in understanding learning messages through online media in the pandemic era. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(2), 123–138. https://doi.org/10.24198/jkk.v9i2.33745
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). (2023). Data Warisan Budaya Takbenda Indonesia. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id
Natsir, M. (2021). Pelestarian budaya takbenda dan peran masyarakat lokal. Wawancara dalam dokumentasi Kementerian Kebudayaan.
Ngurah, A. P. (2022). Penerapan strategi komunikasi interpersonal oleh Sanggar Seni Saba Sari di Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar dalam menghadapi tantangan era pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Bali, 4(1), 1–12. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/komunikasi-bali
Permata Sari, Q. I. (2024). Hybridisasi budaya di kalangan generasi muda Indonesia: Studi pada siswa sekolah menengah atas di Jawa. Jurnal Sosial dan Budaya, 12(1), 45–60.
Rofi’ul Fajar, M. (2021). Manajemen organisasi seni pertunjukan Sanggar Baladewa Surabaya dalam mengatasi hambatan. Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Windasari Istiqomah, Juariyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.