MEMBANGUN KEPERCAYAAN CALON ORANG TUA MELALUI PROMOSI SEKOLAH BERKELANJUTAN: SEBUAH PENDEKATAN TERPADU

Authors

  • Ari Susanti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Sudahri Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/mediakom.v8i02.3244

Keywords:

citra, persepsi orang tua, promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi promosi yang efektif dalam membangun kepercayaan calon orang tua terhadap kualitas pendidikan yang diberikan oleh SD Aisyiyah Cindogo. Dalam upaya menarik minat calon siswa baru, promosi yang berkelanjutan dan terintegrasi dianggap sebagai faktor kunci yang mempengaruhi keputusan orang tua. Kepercayaan orang tua tidak hanya terbentuk dari informasi yang disampaikan, tetapi juga melalui pengalaman dan keterlibatan mereka dalam proses pendidikan anak. Penelitian ini menyarankan agar SD Aisyiyah Cindogo mengembangkan strategi promosi yang mencakup nilai-nilai pendidikan yang lebih holistik, seperti pengembangan karakter, soft skills, dan kualitas fasilitas. Selain itu, pentingnya pemanfaatan teknologi dan media sosial serta keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah juga menjadi elemen yang krusial dalam mempererat hubungan antara sekolah dan orang tua. Melalui pendekatan promosi yang adaptif dan inklusif, diharapkan kepercayaan orang tua terhadap sekolah dapat meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah peminat calon siswa baru dan memperkuat citra positif sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas dan peduli terhadap perkembangan anak secara menyeluruh.

References

Apriliya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram dalam Meningkatkan Kepercayaan Coastumer di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–23. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/01/Jurnal Cetak (01-20-17-06-48-55).pdf

Endhita Malodo, R., & Dyah Kusumastuti, R. (2022). Pengaruh Konten Instagram @actforhumanity Terhadap Keputusan Berdonasi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Survei Pada Followers Akun Instagram @actforhumanity). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 110–128.

Fauzi, A., BR, R., & Baharun, H. (2018). Analysis Study of Parental Choice of Education in The Millenial Era. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 311–330.

Feraco, T., Resnati, D., Fregonese, D., Spoto, A., & Meneghetti, C. (2022). Soft Skills and Extracurricular Activities Sustain Motivation and Self-Regulated Learning at School. The Journal of Experimental Education, 90(3), 550–569. https://doi.org/10.1080/00220973.2021.1873090

Hao, X., Ma, C., Wu, M., Yang, L., & Liu, Y. (2025). Promoting Parental Loyalty Through Social Responsibility: The Role of Brand Trust and Perceived Value in Chinese Kindergartens. Behavioral Sciences, 15(2), 115. https://doi.org/10.3390/bs15020115

Khasanah, N. N., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2021). Analisis Faktor Orang Tua Menyekolahkan Anak pada Sekolah Dasar Berbasis Islam di Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 495–502. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p495-502

Lestari, D. P., & Fauxi, A. M. (2021). Muhammadiyah’s Contribution to Education in Indonesia and Its Influence on People’s Social Life. Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 833–836. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.144

Mardiana, D., Umiarso, U., & Thoifah, I. (2022). The Struggle for Religious Ideologies in the Educational Institutions of Muhammadiyah and Nahdlatul Ulama: A Phenomenological Study in East Java. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 26(2), 165–177. http://dx.doi.org/10.29300/madania.v26i2.3772

Mas’ud, M., & Prayogo, M. S. (2020). Reorientasi Masyarakat Bondowoso dalam Memilih Lembaga Pendidikan Islam. FENOMENA: Journal of the Social Sciences, 19(1), 25–35. https://doi.org/10.35719/fenomena.v19i1.30

Muhsi, A., Asmika, H., & Nurzannah, N. (2025). Muhammadiyah Dan Pelayanan Sosial di Bidang Kesehatan Dan Sosial Kemasyarakatan. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(1), 227–234. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.744

Nafisah, N. (2022). Analisis Perbedaan Pemikiran Pendidikan Islam Muhammadiyah dengan Nahdlatul Ulama. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 139–148. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i2.3586

Prastowo, S. L., & Rahmadi, R. (2022). Apakah brand awareness mampu memoderasi promosi, kualitas produk dan inovasi terhadap keputusan pembelian? Jurn Al Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 153–168. /https://doi.org/10.33603/jibm.v6i2.7798

Puspita, I. M. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Strategi Pemasaran dalam Membangun Citra Produk Baru. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.24

Regidor, A. R., Vesmanos, A. T., & Deguito, P. O. (2024). The Impact of Supportive Learning Environment on Student Learning Motivation of Senior High School Students. Asian Journal of Education and Social Studies, 50(7), 558–571. https://doi.org/10.9734/ajess/2024/v50i71487

Rina, N., & Yuriadi, R. W. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Brand Image Brownies Amanda sebagai Kue Kue Oleh-Oleh Bandung. Lingkar Studi Komunikasi, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.25124/liski.v5i1.1820

Ummah, A. H. (2022). Dakwah dan Komunikasi Persuasif Tuan Guru di Lombok dalam Penyampaian Pesan Vaksinasi Covid-19. Jurnal Dakwah, 23(1), 77–97. https://doi.org/10.14421/jd.23.1.22.3

Zahra, A. C. A., Nurofik, J. M., & Sa’id, M. (2020). Family Relationship in the Era of Disruption: Communication Strategy of Parents-Millennial Children. Proceedings of the International Conference on Psychological Studies (ICPSYCHE 2020), 250–257. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.036

Downloads

Published

2025-09-25