TINDAK PERSUASIF DALAM PROMOSI DIGITAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU: UPAYA MENARIK MINAT CALON MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Authors

  • Putra Kurniawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kukuh Pribadi Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/mediakom.v8i02.3248

Keywords:

Persuasif, ; promosi digital, media sosial, video instagram, penerimaan mahasiswa baru

Abstract

Komunikasi persuasif  melalui media internet banyak menjadi pilihan masyarakat dan lembaga sebagai sarana menawarkan produk, jasa, dan program, sebagaimana yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember). Sebagai lembaga perguruan tinggi swasta, Unmuh Jember berkepentingan untuk menyosialisasikan dan memromosikan program pendidikannya kepada masyarakat, khususnya lulusan sekolah menengah atas (SMA). Hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan simpati calon mahasiswa yang diharapkan akan memilih Unmuh Jember  sebagai kampus pilihannya. Dalam rangka muwujudkan harapan tersebut, Unmuh Jember memanfaatkan media online , seperti instagram dengan konten yang bersifat promotif.

Dari fenomena tersebut maka penelitian ini mencoba melihat bagaimana pendekatan strategis perihal tindakan persuasif yang dilakukan oleh Lembaga kampus Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jember. Harapannya, penelitian ini dapat membantu kebijakan perihat strategi persuasi dalam rangka promosi kampus.

Kata Kunci : Persuasif; promosi digital; media sosial; video Instagram

References

Austin, J. L. (1955). How to Do Things with Words. United State: Oxford University.

Chabot, Nicholas. 2019. The Truth About Micro-Influencers, dalam https://www.businessoffashion.com/articles/opinion/op-ed-the-truth-about-microinfluencers

Ciccia, A.H. Pragmatic Communication. Encycl. Clin. Neuropsychol. 2018, 2764–2767.8

Busetto, L., Wick, W. & Gumbinger, C. How to use and assess qualitative research methods. 2020. Neurol. Res. Pract. 2, 14 . https://doi.org/10.1186/s42466-020-00059-z Chaves, Laura. 2024. The State of Video. https://vidico.co.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

GetCraft. 2018. Indonesia Native Advertising and Influencer Marketing Report 2018, dalam http://www.ida.or.id/jooglo/uploads/images/source/GetCRAFT%20- %20Indonesia%20Native%20Advertising%20%20Influencer%20Marketing%20Report% 202018.pdf

Harawati, Indri Novi & Wijana, I Dewa Putu. 2019. Tindak Tutur Persuasif dalam Iklan Program Televisi Indonesia

(Tesis). Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Laksana, Muhibudin W. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia

Murray, L., & Chapey, R. (2001). Assessment of language disorders in adults. In R. Chapey (Ed.). Language intervention strategies in aphasia and related neurogenic communication disorders (4th ed.) (pp. 55–126). Philadelphia: Lippincott, Williams & Wilkins.

Soedjarwo, Gabriella Novianty & Saskara, Gabriella Inggita. 2924. Tindakan Persuasif dalam Konten YouTube AsianGuyStream. Journal of Pragmatics Research–Vol 6, No 2(2024), pp. 241-261DOI: https://dx.doi.org/10.18326/jopr.v6i2.241-261e-ISSN:

Tenny, Steven; Brannan, Janelle M. ; & Brannan, Grace D. 2022. Qualitative Study. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470395/

Turkstra, Lyn; Clark, Allison N Allison, & Burgess, Sloane. 2017. Pragmatic communication abilities in children and adults: implications for rehabilitation professionals. Disability and Rehabilitation In press(18). DOI: 10.1080/09638288.2016.1212113

Downloads

Published

2025-09-25