Peran Media Sosial WhatsApp Dalam Konsultasi Pasien Tuberkulosis Dengan Pendamping Di Sekawan's TB Jember
Keywords:
Media Sosial, Communication MediaAbstract
Media sosial WhatsApp merupakan salah satu bentuk media baru yang berkembang saat ini. Media tersebut dimanfaatkan oleh individu maupun lembaga karena keefisienannya. Seperti lembaga kesehatan Sekawan’s TB Jember yang memanfaatkan WhatsApp sebagai alat konsultasi pasien TB, karena jarak geografis pasien dengan pendamping yang jauh dan sulit untuk ditempuh secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial WhatsApp diperankan sebagai alat komunikasi antara pendamping dan pasien TB, dengan harapan perubahan perilaku guna kesembuhan pasien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi Informan penelitian ini bersifat kelompok, yaitu empat pendampingan di mana setiap pendamping dua pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp menjadi media utama dalam pendampingan dan konsultasi pasien TB dengan pendamping. WhatsApp memiliki fitur dan fungsi yang efektif dan fleksibel untuk komunikasi, sehingga berpeluang besar dalam mencapai kesembuhan dan kepatuhan pasien TB. Dapat disimpulkan, bahwa media sosial berperan penting dalam menunjang keberhasilan proses pendampingan pasien TB. Komunikasi digital yang efisien dan adaptif dapat memperkuat kedekatan emosional untuk motivasi pasien dalam masa pengobatan.
References
Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Genealogi Stigma Sosial Terhadap Pasien Covid 19. Pandemik COVID-19: Antara Persoalan Dan Refleksi Di Indonesia, 93–105. https://doi.org/10.31219/osf.io/ep7jf
Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 94. https://doi.org/10.22373/jp.v4i2.11080
Aziz, F. (2024). Yabhysa dan Dinkes Ungkap Tingginya Angka Pasien Positif Terpapar TBC di Jember. Memorandum.Co.Id. https://memorandum.disway.id/read/105121/yabhysa-dan-dinkes-ungkap-tingginya-angka-pasien-positif-terpapar-tbc-di-jember
Dwi Setiawn Chaniago, Anisa Puspa Rani, S. (2019). Peran Lembaga Kemasyarakatan Dlam Perlindungan Hutan. Resiprokal, 1(1), 14–30.
Fadli, Muhammad Rijal, U. N. Y. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Hamidah, S., Keperawatan, J., & Tarakan, U. B. (2022). Pengaruh Metode Konseling Melalui Media Whatsapp Pada Pasien Tb Terhadap Tingkat.
Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis:
Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121
Isnawati, I., & Ririanty, M. (2023). Peran Peer Educator Sekawan’s dalam Pendampingan Kepatuhan Minum Obat Pasien TBC RO di Wilayah Jember. Health Promotion and Community Engagement Journal, 1(2), 26–34. https://doi.org/10.70041/hpcej.v1i2.39
Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa (D. Opi P (ed.); 6th, buku 1 ed.). Salemba Humanika.
Onitsuka, K., Hidayat, A. R. R. T., & Huang, W. (2018). Challenges for the next level of digital divide in rural Indonesian communities. Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries, 84(2), 1–25. https://doi.org/10.1002/isd2.12021
Puspasari, S. F. A. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Sistem Pernapasan. Pustaka Baru Press.
Rozgonjuk, D., Sindermann, C., Elhai, J. D., Christensen, A. P., & Montag, C. (2020). Associations between symptoms of problematic smartphone, Facebook, WhatsApp, and Instagram use: An item-level exploratory graph analysis perspective. Journal of Behavioral Addictions, 9(3), 686–697. https://doi.org/10.1556/2006.2020.00036
Yulianti, A., Lubis, A., Oktaviani, A., Akbar, D., Novianti, I., & Hartono, T. (2023). Pengelolaan Informasi Di Media Sosial Instagram Sebagai Media Publikasi Humas Suska Tv. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 5(3), 228–233.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvie Ayu Masruroh, Kukuh Pribadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.