PERAN DAN STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH DI MI MIFTAHUL ULUM PURWOASRI
DOI:
https://doi.org/10.32528/mediakom.v7i02.3587Keywords:
strategy, public relations, schoolAbstract
Abstract
MI Miftahul Ulum Purwoasri has successfully implemented effective strategies to attract public attention, reflected in the annual increase in the number of new student registrations. Therefore, this research aims to determine the role and strategies of public relations in enhancing the school's image at MI Miftahul Ulum Purwoasri. The research questions explored are how the school's public relations carries out its role and what strategies are used to build a positive image in the eyes of the community. Researchers used a purposive sampling technique by selecting informants from the school's public relations department. The research findings indicate that the public relations department of MI Miftahul Ulum Purwoasri employs several strategies to gain attention from the surrounding community and increase the number of registrants each year. The main public relations strategies include a persuasive approach, digital publication, community collaboration, and distinctive religious and extracurricular activities. Consequently, the public relations department of MI Miftahul Ulum Purwoasri has successfully carried out its task of building a good and positive school image in the eyes of the community.
Keyword: strategy, public relations, school
Abstrak
MI Miftahul Ulum Purwoasri berhasil menerapkan strategi yang efektif dalam menarik perhatian masyarakat, yang tercermin dari peningkatan jumlah pendaftar setiap tahunnya. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di MI Miftahul Ulum Purwoasri. Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana humas sekolah menjalankan perannya serta strategi apa saja yang digunakan untuk membentuk citra positif di mata masyarakat. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih informan dari pihak humas sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas MI Miftahul Ulum Purwoasri ini memiliki beberapa strategi untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar, dan meningkatkan jumlah pendaftar setiap tahunnya. Adapun strategi Humas menggunakan pendekatan persuasif, publikasi digital, kerja sama masyarakat, hingga kegiatan khas keagamaan dan ekstrakulikuler sebagai strategi utamanya. Dengan begitu, humas dari sekolah MI Miftahul Ulum Purwoasri ini berhasil dalam melakukan tugasnya untuk membangun citra sekolah yang baik dan positif di mata masyarakat.
Kata kunci: Strategi, Humas, Sekolah
References
Agustine, N. S., & Oktarina, N. (2017). Strategi Humas Dalam Upaya Menjaga Dan Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Kasus Di Smk Antonius Semarang). Universitas Negeri Semarang.
Al Givari, A. M. (2020). Strategi Humas dalam Membangun Citra Madrasah Menjadi Mdarasah Unggulan di Kota Malang. Fondatia, 4(2), 234-244.
Elyus, DS, & Sholeh, M (2021). Strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di era pandemi covid 19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, ejournal.unesa.ac.id, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38836/34197
Kurnia, IH, Santoso, D, & ... (2013). Strategi humas dalam meningkatkan reputasi sekolah (studi kasus di sma negeri 1 Surakarta). JUPE-Jurnal Pendidikan …, jurnal.fkip.uns.ac.id, https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2380
Munif, Khanif (2017) Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah dalam Menarik Minat Masyarakat di Bank Syariah Bukopin Cabang Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nasution, Zulkarnain,2010. Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan. Malang: UMM Press.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Suryosubroto. 2010. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Luna Syifa, Hery B. Cahyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.