Terpaan Informasi Media Sosial Terhadap Tingkat Kepercayaan Pemilih Pemula Pilkada Kabupaten Jember 2024
DOI:
https://doi.org/10.32528/mediakom.v8i02.3783Keywords:
Terpaan Media sosial, Pemilih Pemula, pilkada, pilkada kabupaten jember 2024Abstract
ABSTRAK: Media sosial memberikan ruang bagi masyarakat, khususnya calon pemilih pemula (Gen Z) untuk terpapar berbagai informasi. Pada konteks politik, khususnya menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Jember, pemilih pemula yang terpapar informasi di media sosial, akan lebih mudah mengenali visi-misi, program kerja, dan karakter para pasangan calon (Paslon). Informasi yang disebarkan berulang-ulang melalui platform media sosial, seperti TikTok, Instagram, Facebook, maupun X, dapat meningkatkan brand awareness terhadap Paslon tertentu dan kemungkinan menolak Paslon yang lain. Karena itu, pertanyaan pada rumusan masalah dan tujuan pada penelitian ini, adalah terkait terpaan informasi media sosial mampu memengaruhi tingkat kepercayaan pemilih pemula terhadap para pasangan calon bupati pada Pilkada 2024 di Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yakni jenis penulisan yang menggambarkan atau mendeskripsikan objek, orang, tempat atau kejadian secara rinci dan detail. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menentukan sumber data dari kalangan pemilih pemula (Gen Z), berusia 18-22 tahun dan tinggal di Kabupaten Jember atau mempunyai hak pilih dan tercatat di KPU Jember. Hasil penelitian ini akan menggambarkan seberapa besar pengaruh terpaan media sosial terhadap tingkat kepercayaan pemilih pemula terhadap pasangan calon bupati yang mereka pilih pada pelaksaan Pilkada Kabupaten Jember, 27 November 2024 lalu.
References
Nurudin (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta. Rajawali Pers/PT. RajaGrafindo Persada.
Nisangi, S., & Solihah, R. (2024). Peran Media Sosial Sebagai Salah Satu Kekuatan Kampanye Politik Pada Pemilihan Presiden 2024. Jurnal Ilmiah Muqoddimah:Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 8,181.
Mardini Putri, Indah dan Bunga Astini. (2024). Pengaruh Terpaan Informasi Media Sosial Terhadap Tingkat Kepercayaan Publik Pada Pemilihan Umum 2024. Garut. Jurnal Komunikasi Universitas Garut. Vol.10 No.2
McQuail, Denis (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Putra, Dedi Kurnia Syah. (2012). Media dan Politik : Menemukan Relasi Antara Dimensi Simbiosis-Mutualisme Media dan Politik. Yogyakarta : Graha Ilmu
Sudarman, Paryati. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Suhaeri, & Aditya, K. (2023). Polarisasi Opini Di Media Sosial Menjelang Pemilu Tahun 2024 Di Indonesia. Jurnal Kebangsaan RI, 1/1
Suyono (2020). Jurnalisme Partisipatif. Tantangan Jurnalis di Era New Media. Jember. LPPM UM Jember.
Suyono (2020). Peran Media Sosial Dalam Transformasi Budaya Pandhalungan. Surabaya. Jurnal Representamen. Fisip, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag). Vol. 6 No.2
Suyono (2021). Analisis Penyebaran Kampanye Hitam (Black Campaign) Pilkada Jember Melalui Media Sosial Facebook. Surabaya. CALATHU: Jurnal Ilmu Komunikasi, Universitas Ciputra. Vol.3, No.2
Sugeng Cahyono, Anang (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Tulungagung. Publiciana. Vol. 9 No.1
UU No. 40/1999 tentang Pers KPU Jember
https://dewanpers.or.id/assets/ebook/buletin/2008280254_e-Bulletin_ETIKA_JULI_OK.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suyono, AKBAR MAULANA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.