Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Jember
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.14Kata Kunci:
pengembangan buku, cerita anak, kearifan lokal jemberAbstrak
Pelaksanaan pembelajaran apresiasi cerita anak untuk siswa sekolah dasar kelas IV mengalami hambatan. Hambatan tersebut antara lain: (1) media guru pada pembelajaran teks cerita anak kurang menarik minat siswa, sebab kurangnya ilustrasi yang digunakan pada buku cerita anak, (2) bahasa yang ditulis dalam buku cerita anak terlalu panjang sehingga anak-anak kurang tertarik, (3) anak kurang mengenal dan kurang peduli untuk memahami cerita anak yang bermuatan kearifan lokal, dan (4) minimnya buku cerita anak berbasis kearifan lokal yang terdapat di daerahnya sendiri. Untuk mengatasi kenyataan itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku cerita anak yang menarik bagi siswa sekolah dasar kelas IV di Jember. Adapun metode Borg dan Gall adalah metode yang cocok untuk digunakan pada penelitian ini. Dipilihnya metode pengembangan tersebut adalah untuk menghasilkan produk yang dapat dipakai untuk memecahkan permasalahan yang aktual dalam kegiatan pembelajaran. Produk yang dikembangakan dalam penelitian ini divalidasi oleh guru sebagai ahli cerita anak, ahli dalam pembelajaran apresiasi prosa, dan ahli pada desain bahan ajar, serta siswa SD kelas IV selaku pembaca. Aspek yang divalidasi berupa: (a) penampilan, bahan, dan kualitas cetak, (b) bahasa, (c) buku berilustrasi, dan (d) buku pengayaan fiksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini mencapai skor dengan tingkat persentase 85%—100%. Artinya, produk yang dihasilkan tergolong layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.
Referensi
Borg, W. R., & Gall. M.D. (1983). Educational Research an Introduction. New York and London, Longman Inc.
Dewayani, S. (2018). Panduan Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran. http://repositori.kemdikbud.go.id/10407/1/Panduan%20Pemilihan%20Buku%20Nonteks%20Pelajaran.pdf
Santosa., E, & Wibisono, D. (2004). Cerita Rakyat dari Jember. Jakarta: PT Grasindo.
Fajirini.,,U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. http//peranan-kearifan lokal.pdf
Kumaro, T.D. dkk. (2013). Perancangan Buku Kumpulan Cerita Bergambar Rakyat Kalimantan Timur sebagai Media Penyampaian Pesan Moral, (Surabaya: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, 2013),h.4.
Nor, H. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember Pada Siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember. Skripsi. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100128
Nurgiyantoro. B. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Oktarina, R., & Ribuwati. (2018). Penerapan Pendidikan Berbasis Kearifan lokal di SD Negeri 8 Rambutan Kabupaten Banyuasin Menuju Global Citizen.
Setiawan, H.K, dkk. (2013). Promosi Seni Budaya dan Kearifan Lokal Wilayah Kabupaten Jember melalui Televisi Lokal. Literasi. Indonesian Journal Humanities. Vol. 3 (1): 1-11.
Trimansyah, B. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia. Retrieved from https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/Pedoman%20Penulisan%20Cerita%20Anak_Sunting%20Kit_tambah%20kata%20pengantar_atakrama.pdf
Widyanti, T. (2015). Penerapan Nilai-nilai Kearifan Lokaldalam Budaya Masyarakat Kampung Adat Cirendeu sebagai Sumber Pembelajaran IPS. JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 24, No. 2, Edisi Desember 2015
Wijaya, J.N. 2017. Perancangan Mural Cerita Rakyat Jember sebagai Media Pelestarian Budaya. Thesis. https://repository.its.ac.id/47929/
Yusi, I, dkk. (2014). Perancangan Cerita Bergambar Pentingnya Pengambilan Keputusan yang Bijak. Jurnal Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra, 2014), h.5.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.