Hubungan Penguasaan Unsur-Unsur Kalimat dengan Penyusunan Kalimat Tunggal Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X

Penulis

  • Siti Yuliana Universitas dr. Soebandi
  • Setyorini Dwi Agustini Universitas dr. Soebandi
  • Hamliyah Universitas dr. Soebandi

DOI:

https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.2455

Kata Kunci:

kalimat, unsur-unsur kalimat, kalimat tunggal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan unsur-unsur kalimat, kemampuan menyusun kalimat Tunggal bahasa Indonesia, dan mendeskripsikan hubungan penguasaan unsur-unsur kalimat dengan kemampuan menyusun kalimat tunggal bahasa Indonesia pada siswa kelas X MA Al Misri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif melalui pendekatan korelasional. Dalam penelitian ini digunakan empat tahap penelitian, yaitu: 1) penentuan populasi dan sampel, 2) teknik pengumpulan data, 3) instrumen penelitian, dan 4) teknik analisis data. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa penguasaan unsur-unsur kalimat siswa kelas X MA Al-Misri dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 72.55. Kemampuan menulis menyusun kalimat tunggal bahasa Indonesia siswa kelas X MA Al-Misri dalam kategori baik dengan  nilai rata-rata 71.63.  Diperoleh r hitung 0,953 lebih besar (>) r tabel dengan taraf signifikansi 5%, yaitu 0.423. Berdasarkan hasil interpretasi terhadap tabel pedoman interpretasi r hitung 0,953 termasuk dalam katagori kuat. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung 17.68 lebih besar (>) t tabel 2. 085. Taraf signifikansi 5% uji dua pihak dan dk= n-2= 20. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan unsur-unsur kalimat  dengan kemampuan menyusun kalimat tunggal bahasa Indonesia siswa kelas MA Al Misri, Curahmalang, Rambipuji Jember.

Referensi

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Astuti, W. Y., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2, Nomor (2), 250 – 262.

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2723/2273

Munirah. 2019. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Simarmata, J. 2019. Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara

Tarigan. 2021. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hasbi, A. Z. E, Damayanti, R., Hermina, D., & Mizani, H. (2023). Penelitian Korelasional (Metodologi Penelitian Pendidikan). Jurnal Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, Volume 2, Nomor (6), 784-808.

https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2025

Cara Mengutip

Yuliana, S., Agustini, S. D., & Hamliyah. (2025). Hubungan Penguasaan Unsur-Unsur Kalimat dengan Penyusunan Kalimat Tunggal Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X . BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.2455