Literasi Digital dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v9i2.2856Keywords:
literasi digital, karya tulis ilmiahAbstract
Artikel ini mengeksplorasi peran penting literasi digital dan kecerdasan buatan (AI) dalam penulisan karya ilmiah di kalangan mahasiswa, khususnya di era Society 5.0. Meskipun AI menawarkan alat bantu yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas penulisan, seperti DeepL, Humata, dan ChatGPT, penggunaannya juga menimbulkan risiko plagiarisme dan pelanggaran etika. Artikel ini menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang materi penelitian dan penggunaan AI secara etis, termasuk memanfaatkan AI hanya untuk draf awal, memparafrase dan mengedit output, serta mencantumkan sumber referensi yang kredibel. Selain itu, artikel ini menyoroti pentingnya keterampilan seperti human focus skill dan sistem thinking untuk menghadapi tantangan kompleks di dunia modern. Pengembangan keterampilan ini di institusi pendidikan dianggap krusial untuk mempersiapkan lulusan menghadapi dunia kerja dan masyarakat.
References
Arnolus Juantri E. Oktavianus, Lamhot Naibaho and Djoys Anneke Rantung (2023) ‘Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi’, Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 05(2), pp. 473–476.
Kurniawan, E.A. (2024) ‘Analisis Motif Dan Dampak Penggunaan Chat GPT Sebagai Sumber Belajar Di Era Digital Pada Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta’.
Rusli, C.A. et al. (2024) ‘PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI PERPLEXSITY BERBASIS AI TERHADAP PEMBELAJARAN’, 9.
Salam, R. et al. (2017) ‘Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi’, Jurnal Office, 3(1), p. 61. Available at: https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3463.
Setiawan, A. and Luthfiyani, U.K. (2023) ‘Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis’, JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), pp. 49–58. Available at: https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680.
Utomo, A.P.Y., Fahmy, H.Z. and Indramayu, A. (2019) ‘Kesalahan Bahasa pada Manuskrip Artikel Mahasiswa di Jurnal Sastra Indones’, Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), pp. 234–241. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/36028.
Widiyatmoko, A., Indriyanti, D.R. and Darmawan, M.S. (2023) ‘Penguatan Pemahaman Penulisan Artikel Ilmiah untuk Mahasiswa Magister Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang’, 3(2), pp. 73–79.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.