Peningkatan Keterampilan Mahasiswa Menulis Cerita Pendek menggunakan Pendekatan Proses dan Implementasinya

Penulis

  • Turahmat Universitas Islam Sultan Agung
  • Andi Maulana Universitas Islam Sultan Agung
  • Evi Chamalah Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.2924

Kata Kunci:

pendekatan proses, pengajaran menulis, cerita pendek

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai penerapan pendekatan proses dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada mahasiswa PBSI FKIP Unissula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peristiwa pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan pendekatan proses. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, analisis data, dan penulisan laporan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan penelusuran dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar catatan lapangan dan dokumentasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Analisis data penelitian ini diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan proses dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Peningkatan ini terlihat baik dari proses maupun produknya. Pembelajaran menulis dengan mengikuti langkah-langkah dalam pendekatan proses dapat membantu dosen memberikan variasi dan rangsangan dalam tugas menulis cerpen yang diberikan. Dalam proses peningkatannya terlihat dari proses pembelajaran dengan pendekatan proses menulis kreatif pada aktivitas siswa dan situasi kelas dalam pembelajaran menulis kreatif puisi, sedangkan dari segi produk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen.

Referensi

Aminuddin. 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: YA3.

Avivi, A. A., Pramadhitta, A. D., Rahayu, F. F., Saptariana, M., & Salamah, A. U. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Project Based Learning pada Mahasiswa Sekolah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X pada Materi Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 251-258.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar mahasiswa kelas ix smpit khairunnas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 6(2), 70-74.

Caraka, C.L. 2002. Teknik Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun, 5(6), 1677-1693.

Miles, Matthew B. dan Michael A. Hubberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Nasarudin, N., Nurjannah, N., Alfian, M. I., & Izomi, M. S. (2023). Urgensi Konsep Diferensiasi Carol Ann Tomlinson dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1499-1515.

Natia, I.K. 1994. Bimbingan Mengarang. Surabaya: Arkola.

Nurchasanah dan Widodo. 1993.Keterampilan Menulis dan Pengajarannya. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BFFE-Yogyakarta.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Sarnoto, A. Z. (2024). Model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Journal on Education, 6(3), 15928-15939.

Sayuti, Suminto A. 2009. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sumardjo, Jacob. 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tompkins, Gail E.and Kenneth Hoskisson. 1995. Language Arts: Content and Teaching Strategies. Englewood Cliffis, New Jersy: Prentice-Hall, Inc.

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 241-250.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2025

Cara Mengutip

Turahmat, Maulana, A., & Chamalah, E. (2025). Peningkatan Keterampilan Mahasiswa Menulis Cerita Pendek menggunakan Pendekatan Proses dan Implementasinya. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 53–69. https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.2924