Teknik Simak Catat bagi Pemelajar BIPA dalam Kemampuan Menulis Kosakata: Studi Riset oleh Pemelajar Islamwittaya School

Penulis

  • Adinda Ramadhani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mutia Febriyana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.2927

Kata Kunci:

Kata kunci: Teknik Simak Catat; BIPA; Kosakata; Kemampuan Menulis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kosakata pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) melalui teknik Simak-Catat di kelas Matthayom 5 Islamwittaya School. Subjek penelitian adalah pemelajar kelas Matthayom 5 di Islamwittaya School yang terdiri dari 22 pemelajar. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, dengan setiap siklus mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan menulis kosakata, dokumentasi, dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis kosakata pemelajar BIPA telah meningkat secara signifikan. Pada tahap pratindakan, nilai rata-rata kelas adalah 64 (kategori kurang). Pada siklus I, setelah penerapan teknik simak catat, nilai rata-rata meningkat menjadi 79 (kategori cukup). Perbaikan pada siklus II dengan memperhatikan alokasi waktu dan penggunaan media kertas bergambar benda-benda sekitar kelas menghasilkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 90 (kategori baik). Peningkatan signifikan terlihat dari persentae pemelajar yang mendapat nilai sangat baik, dari tidak ada pada pratindakan, meningkat menjadi 14% pada siklus I, dan mencapai 45% pada siklus II. Pada hasil observasi aktivitas guru juga menunjukkan peningkatan dari 79% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, sementara hasil observasi aktivitas pemelajar meningkat dari 62% menjadi 88%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik simak catat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis kosakata pemelajar BIPA, dengan mendorong pemelajar untuk aktif mencatat dan mengolah informasi linguistik secara sistematis dan kontekstual.

Referensi

Adelia Fahreza, S., & Syamsuyurnita. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Muslim Suksa School Thailand dalam Program BIPA KKN Internasional UMSU. JRRP; Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4309–4315.

Ali Sidiqin, M., Beru Ginting, S. U., & Kemal, I. (2022). Kosa Kata Bahasa Indonesia Pada Pengguna Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 32–45. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i2.1868

Amalia, N., & Arifin, M. (2021). Desain Bahan Ajar Keterampilan Menyimak Bipa “Aku Suka Indonesia.” Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(2), 265–271. https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4677

Artha, D. J. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penguasaan Keterampilan Korespondesi Pada Mahasiswa Matakuliah English For Secretary Program Studi Bahasa Inggris Umsu. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 1–6. http://journal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/1882%0Ahttp://journal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/viewFile/1882/1931

Banggo, Y. M. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 74. https://doi.org/10.30659/jpbi.11.1.74-78

Hakim, N., Razak, A., Majors, A. E., Language, I., & Program, L. S. (n.d.). Ability Write the Text of Explanation of Student of Class of Vii Smp Country 25 Pekanbaru. 1, 1–14.

Kurniati, N. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 195. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5295

Maharany, E. (2017). Karakteristik Kosakata Bahasa Tulis Pemelajar BIPA Thailand. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 41–47.

Munirah, M., & Hardian, H. (2016). Pengaruh Kemampuan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 78. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i1.3064

Rahman, A., Nuramali, S. F., & Zakiyatussolihah, R. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas 9J SMPN 9 Tasikmalaya. 2.

Sambas, C. M., Napitupulu, M. F., & Syaputra, E. (2022). Bahasa Indonesia Penutur Asing Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 726–732. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2388

Sunariati, R., Ismawati, E., & Riyadi, I. (2019). Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 309–329.

Suriani, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Dengan Model Pembelajaran Think Talk Write Kelas V Sd Negeri 118273 Mampang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 223–235. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i2.6587

Suyitno, I. (2015). Norma Pedagogis Dan Analisis Kebutuhan Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa). Diksi, 15(1), 111–119. https://doi.org/10.21831/diksi.v15i1.6561

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2025

Cara Mengutip

Ramadhani, A., & Febriyana, M. (2025). Teknik Simak Catat bagi Pemelajar BIPA dalam Kemampuan Menulis Kosakata: Studi Riset oleh Pemelajar Islamwittaya School. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 9–20. https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.2927